Home » Uncategorized » Tayangan Iklan Dalam Sebuah Program Acara TV

Tayangan Iklan Dalam Sebuah Program Acara TV


Dalam sebuah program acara TV, terdapat 2 pesan yang berbeda yang disampaikan yaitu pesan informasi/hiburan dan pesan promosi yang diiklankan pada acara tersebut.
TV

TV

Peter Collet, psikolog Inggris dari Oxford, telah melakukan penelitian tentang bagaimana orang menyaksikan TV. Dengan menggunakan kamera video untuk menjelaskan perilaku pemirsa dari 20 keluarga sebagai percontoh, Collet menyimpulkan bahwa selama menyaksikan TV orang melakukan apa saja sambil tetap menonton TV.
Iklan TV

Iklan TV

Studi ini menemukan bahwa sebagian besar hanya menyerap 10% dari keseluruhan iklan yang disiarkan dan hanya sebagian kecil menyerap 90% dari seluruh siaran komersial yang ditayangkan TV. Mengapa demikian? Menurut Colett hal itu bisa terjadi karena:

  1. Sifat iklan itu sendiri yang mencerminkan sifat produk yang diiklankan.
  2. Sifat khalayak pemirsa itu sendiri. Sebagian dari khalayak sama sekali tidak mau disuguhi iklan, sedangkan yang lainnya memang commercial consumers.
  3. Positioning iklan tersebut di dalam keseluruhan program siaran TV, saat-saat penyiaran, dan acara yang disela.
  4. Perhatian pemirsa acap kali sangat ditentukan oleh kehadiran orang lain di dalam ruang tempat menonton. Semakin banyak orang yang berada di situ, semakin kecil perhatian pemirsa terhadap iklan.
  5. Pemuatan iklan. Jika iklan disela di antara adegan-adegan yang menarik dari suatu program yang disukai banyak orang, makin banyak waktu yang dihabiskan pemirsa untuk melihat iklan tersebut.
Sumber: Listia Natadjaja, Universittas Kristen Petra

Leave a comment

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 1,210,749 hits

On The Spot

No Instagram images were found.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,189 other subscribers