Home » Uncategorized » Strategi Kreatif Untuk Pemasaran

Strategi Kreatif Untuk Pemasaran

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Strategi kreatif merupakan langkah yang dilakukan ‘periklanan’ dalam rangka mencapai tujuan periklanan, meliputi:

  1. Penetapan target market/audience.
  2. Perencanaan media.
  3. Perencanaan pesan kreatif.
  4. Kebijakan eksekusi gaya dan daya tarik iklan.
Strategi kreatif bertujuan untuk menciptakan iklan sebagai senjata pemasaran yang efektif (branding, promosi, positioning). Strategi kreatif dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut :
  1. What : apa tujuannya?
  2. Who : siapa khalayak yang akan dijangkau?
  3. When : kapan iklan dipasang?
  4. Where : dimana iklan dipasang?
  5. Why : mengapa harus demikian?
  6. How : bagaimana bentuk iklannya?

Kreatif pada dasarnya adalah kemampuan melihat sesuatu yang biasa dengan cara yang tidak biasa disertai dengan imajinasi dan pemikiran ilmiah, dalam rangka mencari atau menciptakan gagasan baru yang mampu menelurkan hasil yang berbeda dengan yang sudah ada (bisa dipraktikan dan digunakan).

Strategi Kreatif

Strategi Kreatif

Kreatif jika:
– Unik dan beda / Unique & Different.
– Diingat / Recognized.
– Asli / Original.
– Punya efek / Impactfull.
– Mengejutkan / Shocking.
– Sifat kebaruan / Novelty.
Siapa yang menyiapkan strategi kreatif dalam sebuah agency?
Secara Makro:

  1. Account Executive (AE).
  2. Bidang Media Planner.
  3. Bidang Creative.

Secara Mikro:

  1. Creative Director .
  2. Art Director .
  3. Copywriter.
Salah satu contoh iklan

Salah satu contoh iklan

Proses kreatif meliputi:
  1. Brief Klien –>
    Disini pihak agency menerima brief dari klien berupa segala macam informasi baik internal maupun eksternal yang berkaitan dengan produk/ jasa yang akan diiklankan.
  2. Internal Brief –>
    Review internal dalam Agency untuk mendeskripsikan kembali keinginan-keinginan klien dalam iklannya dan penyatuan visi antar departemen (Media, AE, Creative).
  3. Brainstorming –>
    Mendiskusikan Brief klien dan menemukan BIG IDEA. Biasanya dari sini adalah akar dalam menentukan Strategi Kreatif yang dipakai (Moodboard).
  4. Persiapan Usulan Strategi –>
    Setelah BIG IDEA disepakati, semua departemen menyiapkan usulan-usulan penempatan media, visualisasi dan copy, serta strategi umum.
  5. Internal Review –>
    Sebelum diajukan ke klien, usulan-usulan yang sudah disiapkan dimatangkan internal untuk dikomentari dan didiskusikan oleh semua departemen (AE, Media, Creative).
  6. Presentasi kepada Klien –>
    Usulan yang sudah disepakati, dipresentasikan ke klien dalam bentuk proposal Strategi Kampanye. Dimungkinkan adanya revisi usulan dari masukan klien dan baru melangkah ketahap berikutnya jika usulan sudah disetujui.
  7. Produksi –>
    Proposal Strategi Kampanye yang sudah disetujui direalisasikan dalambentuk produksi (shooting, recording, printing).
  8. Evaluasi –>
    Dilakukan untuk menilik kembali segala sesuatu apakah sudah sesuai dengan rencana dan strategi atau belum. Evaluasi juga dilakukan selama dan setelah pelaksanaan placement (penempatan media) dan dilanjutkan dengan evaluasi efektivitas iklan.

Dari berbagai sumber.


3 Comments

  1. setuju banget ama strategi kreaatifnya

    Like

  2. Zarra amanda says:

    Artikel ini sangat membantu pembaca untuk mengetahui apa apa saja strategi kreatif untuk pemasaran. Karna dari banyaknya bahasan bahasan dari berbagai narasumber! Tata bahasanya pun sangat baik dan mudah diingat.

    Like

  3. saya setuju dengan articelnya, kita harus memikirkan strategi kreatif untung pemasan, agar terlihat berbeda dan iklan pun sampe pada target pemasarannya.. setiap orang yang berkendara pasti seperkian detik meliah keiklan2 yang ada dipingir jalan, jadi iklan yang kita buat harus lah menanrik dah mudah untuk diingat

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: