Home » Uncategorized » Jualan di Marketplace Atau Punya Web Sendiri?

Jualan di Marketplace Atau Punya Web Sendiri?

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Definisi e-Marketplace secara bahasa berarti “pasar” di Internet. Sebagaimana pasar pada umumnya , pasar yang satu ini juga merupakan tempat jual beli barang sehingga di wilayah ini merupakan satu wilayah sebagai tempat bertemunya antara seller dan buyer. Dengan adanya pasar global yang tak terbatas, mendorong para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi untuk memanfaatkan media online sebagai lahan bisnis.

ECommerce_Feature

Saat ini masyarakat tampaknya juga cukup nyaman berbelanja dengan hunting apa apa yang mereka butuhkan melalui pasar online ini. Bahkan ketika penulis mencoba masuk ke dalam ruang salah satu e-Marketplace terkenal ada rasa nyaman dan santai ketika mengamati produk yang ditawarkan.

Tapi penulis dapat informasi dari rekan UKM kalau e-marketplace itu tujuannya mengambil data. Setelah dapat datanya, e-marketplace tersebut justru membuat produk replika dari produk-produk “best seller” lalu memberikan merk/brand yang berbeda dan menetapkan harga yang lebih murah. Coba lihat keluhan ini.

Pengguna Marketplace

Pengguna e-Marketplace

Dan karena para e-marketplace ini sudah punya basis data pelanggan beserta kebiasaannya, akhirnya mereka mempromosikan produk mereka sendiri. Walhasil, produk dan merk asli menjadi kurang laku akibat pembeli mereka diambil oleh produk replika milik si e-marketplace.

Beberapa rekan yang paham masalah ini mengatakan bahwa hal seperti itu sudah lumrah, karena mereka (para e-marketplace) yang punya platform dan user menggunakannya dengan gratis. Di toko konvensional juga hal ini terjadi.

Bahkan di toko FMCG disekitar kita. Hal ini sama dengan menggunakan social media seperti FB, Twitter, LinkedIn, dll. Datanya juga digunakan untuk mempromosikan sesuatu, bahkan katanya bisa “Dibeli” untuk melakukan suatu analisis. Terus apakah karena hal itu kita harus berhenti menggunakan social media?

Semua kembali lagi ke kualitas, kualitas yang lebih baik pasti consumer lebih suka. Nah, pertanyaannya jika ternyata kualitasnya sama tapi harga produk buatan e-Marketplace lebih murah, bagaimana?

Jika produk kita tidak mau ditiru, kita harus punya hak paten untuk produk tersebut.

Nah, selain kita berjualan di e-marketplace terkenal, kita juga harus mulai membangun platform sendiri agar kelak saat usaha kita sudah mulai besar skalanya, kita bisa mandiri, tidak bergantung dari e-marketplace. Investasikan modal untuk membangun toko online sendiri. Jangan terlena dengan hasil yang diraih saat ini melalui e-Marketplace terkenal. Tak tertutup kemungkinan ada banyak pelaku UKM yang menjadi korban dari kebijakan e-marketplace terkenal.

Era saat ini, “data” yang mengendalikan proses bisnis. Lihatlah bagaimana investor luar negeri berani memberikan dana besar untuk “StartUp” lokal. Aliran data mereka memberikan informasi bagaimana perilaku konsumen Indonesia dalam ketertarikannya membeli barang dan menghabiskan uang. Memahami perilaku konsumen akan berdampak mampu menyediakan barang dengan tepat. Disinilah produsen yang jeli pasti melirik. UKM harus siap menghadapi persaingan usaha di ranah toko online, dengan resiko terbesarnya adalah bangkrut.

Apakah negara kita sudah menghargai keberadaan arti “Data” dengan benar? Dan sudah melakukan tindakan untuk mengantisipasi? Atau memang berusaha sendiri menghadapi persaingan global?

 

Dari berbagai sumber.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: