Home » Uncategorized » Tahap Pengembangan Sistim Multimedia “ZEPRET”

Tahap Pengembangan Sistim Multimedia “ZEPRET”

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Pengembangan sistim multimedia menurut Suyanto ada 11 tahap, mulai dari menganalisa masalah sampai mengetes sistim multimedia. Berikut ada contoh kasus sebuah startup yang bergerak dalam bidang pendidikan fotografi ingin dibuatkan sebuah sistim multimedia untuk memperkenalkan brand (misalnya) “Zepret” yang diusungnya. Artikel ini membatasi sampai 9 tahap pengembangan saja.

Siswa SMAN 13 Depok

Siswa SMAN 13 Depok

“Zepret” ingin menyediakan pelatihan fotografi kepada siswa SMU yang berusia 16-18 tahun yang berasal dari level ekonomi menengah keatas. Target audiens usia ini sangat melek teknologi & cenderung gadget freak. Mereka suka selfie & punya keingintahuan yang tinggi.

Bagaimana tahap pengembangan sistim multimedia untuk keperluan promosi startup “Zepret” ini? Berikut penjelasannya.

  1. Mendefinisikan Masalah

Masalah yang di hadapi oleh brand Zepret adalah sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang pelatihan tentang Photografi atau Videografi yang sudah lebih handal dan professional serta memiliki banyak portfolio yang menjamin, sedangkan brand baru seperti Zepret harus punya instruktur atau guru foto dan videografi yang lebih professional atau sudah memiliki pengalaman yang lebih. Ini agar target audiens yang ingin mengikuti pendidikan tidak kecewa dengan hasil yang mereka dapat.

2. Studi Kelayakan

Cara melakukan studi kelayakan untuk brand Zepret ini adalah, menentukan kendala apa saja yang akan di hadapi Zepret jika memulai perusahaan tersebut dan bagaimana cara menghadapi saingan yang sudah ada atau dengan memberikan inovasi baru yang berbeda dari tempat pelatihan lainnya. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tarkait dengan brand Zepret serta menentukan budget yang diperlukan untuk membangun perusahaan tersebut serta menentukan cara bagaimana agar audiens ingin mengikuti pelatihan pada brand Zepret ini dan apa yang membuat Zepret beda dari pelatihan lainnya.

3. Analisa Kebutuhan Sistem

Kebutuhan multimedia yang digunakan untuk mempromosikan produk/jasa Zepret adalah dengan cara online maupun offline, yaitu dengan membuat website dan mengupload beberapa portfolio yang pernah dibuat oleh Zepret karena audiens sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi atau gadget freak, serta memasang atau membuat poster dan brosur yang digunakan untuk promosi ke berbagai online forum dan tempat yang biasa di datangi banyakanak-anak muda pecinta fotografi.

4. Merancang Konsep

Konsep dari brand Zepret ini adalah mengusung konsep pelatihan yang modern serta melakukan study outing di berbagai tempat yang bekerjasama dengan brand Zepret setiap beberapa kali pertemuan, agar siswa-siswa pelatihan tidak bosan dengan suasana kelas, karena fotografi atau videografi itu harus dilakukan di luar ruangan agar mempermudah audiens belajar dengan cepat serta melatih kemampuan yang telah meraka pelajari selama mengikuti pelatihan.

5. Merancang Isi/Konten

Konten yang diperlukan untuk meyakinkan calon konsumen pada Zepret adalah konten foto yang berhubungan dengan fotografi seperti berbagai foto tentang pemandangan yang menggunakan beberapa angle fotografi serta konten video yang berisi berbagai cara pengambilan gambar dan teknik dalam video dan photografi.

6. Merancang Naskah

Naskah multimedia pada Zepret berisi profile mengenai terbentuknya Zepret dan pengalaman apa saja yang telah Zepret lakukan, serta menambahkan tagline atau headline yang menarik dan mudah diingat oleh audiens, agar audiens atau calon konsumen selalu ingat dengan Zepret. Contoh tagline bisa menggunakan kalimat ini, “Zepret Your Imagination”.

7. Merancang Grafik

Konsep grafis pada Zepret akan menggunakan perpaduan warna biru serta grey karena mengusung konsep yang modern dan mengandalkan teknologi maka dari itu diberi warna biru serta sedikit warna abu-abu/grey agar terlihat modern. Menggunakan font Century Gothic karena font ini sangat fleksibel serta memiliki kesan yang menggambarkan teknologi. Menggunakan illustrasi kamera dan video agar menggambarkan bahwa brand ini bergerak dalam bidang video dan photografi.

8. Memproduksi Sistem

Software yang digunakan untuk kepentingan media website dan promosi oleh Zepret adalah: Adobe Photoshop, Adobe Premier, CorelDraw/Adobe Illustrator serta Adobe After Effect.

9. Mengetes Sistem

Zepret akan melakukan test system pada kantor atau tempat pelatihannya, karena disana sudah tersedia peralatan dan kebutuhan yang diperlukanuntukmelakukan Test Sistem tersebut. Jika memungkinkan Zepret akan melakukan Test Sitem di setiap sekolah SMU yang bergerak di bidang IT maupun non IT.

Sumber: Yodi Wahyu Pratama, STTI I-Tech.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: