Home » Uncategorized » Tips Merancang Slogan Yang Baik

Tips Merancang Slogan Yang Baik

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Slogan adalah perkataan / kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan. Kata “Slogan” diambil dari istilah dalam bahasa Gaelik,sluagh-ghairm, yang berarti “teriakan bertempur”.

Contoh slogan

Contoh slogan

Apa fungsi Slogan?

  • Untuk pendidikan masyarakat.
  • Sebagai propaganda untuk mempopulerkan jati diri sebuah instansi ke dalam masyarakat agar lebih dikenal.
  • Untuk mempengaruhi para pembaca.
  • Sebagai motto untuk mengekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat.
  • Untuk memacu semangat suatu kelompok atau cita-cita suatu lembaga/ organisasi.
  • Untuk iklan komersial.

Contoh slogan

Contoh slogan

Oleh karena itu, kekuatan kata pada slogan harus benar-benar diperhatikan. Walau hanya beberapa kata pada slogan, makna diungkapkan amat luas dan dalam. Slogan banyak digunakan dalam dunia periklanan dandunia kampanye seperti “Kampanye Anti narkoba”, “Anti korupsi“ dan “Pemilu”. Selain itu, juga dipakai pada konteks politik,komersial, agama, dan sebagainya.

Contoh slogan :

  • “KENTUCKY FRIED CHICKEN, Jagonya Ayam..!!”
  • “GARUDA INDONESIA, Lebih Kuat Dalam Tinggi, Berjaya”
  • “Apapun, Makanannya… Minumnya TEH BOTOL SOSRO”
  • “TELKOM SPEEDY, Speed that you can trust”
  • “Asal YAMAHA Yang Lain Makin Ketinggalan”
  • “SANYO, Rajanya Pompa Air”
  • “APPLE, Think different”
  • “GUDANG GARAM INTERNATIONAL, Pria Punya Selera”

Bagaimana cara membuat slogan?

  1. Menentukan fungsi slogan yang akan dibuat terlebih dahulu. Contohnya : slogan dapat berfungsi untuk pendidikan masyarakat, memacu semangat, cita-cita, iklan komersial, atau propaganda politik.
  2. Mengetahui dengan pasti siapa yang menjadi tujuan utama slogan. Apakah remaja, anak-anak, atau orang dewasa.
  3. Setelah itu, kita dapat membuat slogan dengan kriteria seperti susunan kata-kata yang merupakan hal baru, tidak biasa, unik atau dapat menggunakan permainan bunyi dalam kata atau rima.
  4. Akhirnya, slogan yang kita buat bisa langsung dipakai.

Contoh slogan tersebut, seperti :

  • Terdengar menarik dan berirama : Thomas Cook, “Don’t just book it, Thomas Cook it.
  • Menekankan keunggulan : Mercedes Benz, “Engineered like no other car in the world.
  • Menekankan komitmen perusahaan : Avis, “We’re number two, so we try harder.
  • Merefleksikan kepribadian produk secara jujur : Visa, “It’s everywhere you want to be.
  • Membuat sesingkat dan sesederhana mungkin : Apple, “Think different.

Ada 10 faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya sebuah slogan memasarkan produk atau jasa yang diwakilinya.

  1. Berkesan
    Pastikan konsumen dapat mengingat dan membacanya.
  2. Singkat dan Sederhana
    Sebaiknya dibuat tidak lebih dari 10 suku kata.
  3. Definitif
    Bisa menggambarkan usaha anda dan jenis produk yang dipasarkan.
  4. Berbeda
    Menjelaskan manfaat bagi pelanggan yang membedakan kita dari pesaing yang lainnya.
  5. Positif
    Membangkitkan perasaan dan kesan yang baik.
  6. Orisinil
    Tidak meniru atau klise.
  7. Spesifik
    Bukan omong kosong atau janji-janji palsu.
  8. Provokatif
    Membuat orang berpikir, tersenyum atau belajar hal baru tentang bisnis kita.
  9. Persuasif
    Bisa menyampaikan “ide besar” yang ingin kita sampaikan ke konsumen.
  10. Terpercaya
    Mencerminkan karakter, janji dan kepribadian bisnis Anda tatkala pelanggan melakukan transaksi.

Bagaimana caranya agar Slogan mudah diingat? Slogan harus berupa hal yang baru, unik, atau berupa gagasan besar. Slogan juga harus mengikuti jaman (tidak boleh ketinggalan jaman). Lebih banyak gunakan permainan bunyi dalam kata, penggabungan kata, dan musikalitas pengucapan slogan seperti sebuah ungkapan yang dinyanyikan. Ungkapan slogan bisa dibuat dalam bentuk satu kata / gabungan kata / kalimat pendek. Terkadang banyak daerah yang membuat slogan yang diakronimkan.

Sumber: Lucyous Maji, praktisi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: