Home » Uncategorized » Apa Itu Infografis, Infografik Dan Motion Graphic?

Apa Itu Infografis, Infografik Dan Motion Graphic?

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Infografis dan Infografik

Graphic diterjemahkan menjadi grafis, seni visual yang berkaitan dengan gambar,huruf, hingga dekoratif. Sedangkan infografik mengacu pada bentuk diagram yang menunjukan relasi beberapa data antara perbandingan dan jumlah, hitungan serta ukuran tertentu.

Infografik

Infografik


Definisi Infographic

Kata infographic pada bahasa Inggris berasal dari penggabungan dari 2 kata, yaitu information + graphic. Infographic/Infografis adalah teknik menyajikan informasi secara visual/grafis, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Infographic

Infographic

Contoh lain :

Infographic Cadillac One

Infographic Cadillac One

 

Apa itu Motion Graphic?

Motion graphic merupakan bentuk pengembangan dari desain grafis. Konteksnya adalah infografis yang didisain bergerak seperti yang ada pada media audio visual berupa film, video & animasi komputer.

Apa saja yang termasuk dalam motion graphic?

Text ataupun tipografi dan grafis termasuk dalam motion grafis yang bisa dilihat dalam titles untuk film, opening program televisi, bumper dan elemen-elemen grafis yang muncul di layar kaca.

Kemudian web-based animation, channel id berupa logo 3 dimensi yang merupakan identitas sebuah stasiun televisi. Juga bagian-bagian di dalam iklan televisi.

Motion Graphic

Motion Graphic

Motion Grafik

Motion Grafik

Di industri televisi, karya motion design muncul di media elektronik dengan porsi yang cukup besar. Program umumnya berdurasi 24 menit, dengan slot commercial break 6 menit.

Aplikasi motion graphic design, berorientasi pada obyek. Medianya berupa still images dengan format pixel atau vector, data video dan audio. Di dalam aplikasinya, kita dapat membuat komposisi dengan timeline, resolusi, hitungan jumlah frame per detik dan ukuran layar.

Motion Graphic Animation

adalah tipe animasi yang menampilkan tulisan dan grafik, misalnya penggunaan running teks dalam iklan atau logo corporate di station ID atau company profile. Di Indonesia lebih dikenal sebagai “bumper” dan keberadaannya dipopulerkan dengan munculnya MTV di Indonesia.

Motion graphic MTV

Motion graphic MTV

Secara umum, animasi berarti menghidupkan urutan still image atau teknik memfilmkan susunan gambar atau model untuk menciptakan rangkaian gerak ilusi. Jadi animasi itu dibentuk dari model-model yang dibuat secara grafis yang kemudian digerakan. Istilah lain untuk animasi adalah motion graphic (gambar gerak).

Snap Shoot Motion Graphic

Snap Shoot Motion Graphic

Berdasarkan penerapan dimensinya, animasi terbagi menjadi 2, yaitu 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Animasi 2D menggunakan 2 sudut pandang yang mewakili lebar – gerakan kiri kanan dan tinggi – gerakan atas bawah. Sedangkan animasi 3 dimensi menggunakan 3 sudut pandang yang mewakili 2 sudut pandang dalam animasi 2D ditambah gerakan maju mundur dimana objeknya lebih berisi (padat). 3 sudut pandang pada objek ini akan membuat gerakan lebih realistis karena dapat disertai dengan efek-efek realistis lainnya seperti bayangan tubuh manusia.

 

Dari berbagai sumber.

 


10 Comments

  1. fikri averiro says:

    ada buku tentang itu semua gasii ? kalo ada kasih tahu yaa ? terima kasih

    Like

  2. Di era perkembangan industri kreatif yang sekarang sangat berkembang saat ini terutama industri audio visual dan design, unsur motion graphic dan info graphic tidak dapat dilepaskan dari kedua industri tersebut,
    namun bagi saya perbedaan antara motion graphic dan info graphic tidak hanya terlepas kepada tujuan nya dan arah kedua unsur tersebut mau kemana, tapi lebih ke konten apa yang ingin disajikan dan dikuatkan dalam suatu hal, misalnya infographic mungkin saja digunakan juga dalam suatu konten yang terdapat pada tvc/compro(company profile) dalam hal riset data dll dalam suatu konten tersebut, dan infographic tersebut di tampilkan kedalam motion graphic misal saat infographic menampilkan tentang kontent yang membicarakan suatu riset, maka motionnya pun bisa berbentuk diagram atau neraca yang bergerak dan tidak statis.
    dengan begitu konten yang ditampilkan motion dan infographic bisa dimengerti oleh khalayak umum.
    Septiyanto

    Like

  3. saya mau tanya, apakah motion graphic ini termasuk dalam sebuah media yang setara dengan film, video, webdesign dll atau hanya sebuah teknik desain ?

    Like

    • iMultimedia says:

      Hi Lailatul Fauzha, motion graphic ini pada dasarnya adalah gambar yg digerakkan. Diperlukan seni & teknik yg sesuai agar pergerakan gambar tersebut bisa menyampaikan suatu pesan kepada viewers. Motion graphic banyak dipakai di film/video clip, TVC atau bumper, dll. Sebagai intro animasi web juga bisa. Terpenting harus menyampaikan pesan/arti kepada viewers.🙂

      Like

  4. apakah motion graphic ini termasuk dalam sebuah media yang setara dengan film, video, webdesign dll atau hanya sebuah teknik desain ?

    Like

  5. donny priyatna says:

    saya demen sama infographic tapi kalau menurut saya motiongraphic lebih menarik mata seseorang jadi orang pasti lebih suka motiongraphic tapi infonya enggak bisa detail, makanya kadang saya juga lebih suka infographic biasa udah gitu, kadang pengerjaanya sama-sama lama tapi saya suka 2-2nya🙂

    Like

  6. kalau saya lihat, orang2 kekinian lebih tertarik melihat motion graphic dari pada infografik. karena memang lebih menarik melihat sesuatu yang bergerak dan lebih interaktif maka dari itu porsi penayangan motion design/graphic cukup besar di media tv apalagi dengan suguhan audio visual yang baik dan matang tanpa melupakan konten dan tujuan pembuatan mograph dapat membuat motion graphic lebih mengundang perhatian.

    Ahmad Fauzy
    @fzfauzy

    Like

  7. Dreanu Adam says:

    Dreanu Adam Andrian
    @dreanuadam

    Infografis, Infografik Dan Motion Graphic itu masing-masing berbeda dan masing-masing mempunyai kegunaan yang berbeda. infografis berbentuk 2D dan motion graphic bisa berbentuk 2D ataupun 3D. Di era sekarang perkembangan Infografis, Infografik Dan Motion Graphic sangat bagus, selain menarik dan interaktif juga lebih mudah dipahami oleh masyarakat yang melihat. Banyak sekali media masa yang memanfaatkan Infografik Dan Motion Graphic, contoh di media cekat lebih sering menggunakan infografik yang menarik ketimbang hanya kurva dan tulisan. Begitu pula motion graph, sesuai kemajuan teknologi terlebih di televisi banyak sekali yang memanfatkan motion graph untuk iklan, film dan sebagainya, karna menarik untuk dilihat karna menggabungkan animasi serta grafis yang menarik, juga musik yang mendukung menjadi sebuah kesatuan yang membuat masyarakan yang melihat tidak bosan dan tertarik dengan iklan tersebut.

    Like

  8. Menurut saya motion graphic mempunyai seni tersenderi, dimana berupa grapik di gabung dengan animasi gerakan yang sangat baik.
    Kita bisa lihat sekarang, penggunaannya bisa di pakai dimana-mana.
    Seperti iklan di televisi banyak sekali yang menggunakan motion ini.
    Selain bagus dan interaktif, ini juga sangat baik sebagai sarana iklan yang lebih bagus lagi.
    By : Yan Baktra Kharmytan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: