Home » Uncategorized » Iklan TV Yang Ditegur Komisi Penyiaran Indonesia

Iklan TV Yang Ditegur Komisi Penyiaran Indonesia

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Iklan adalah sarana komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk. Karena manfaat iklan yang dapat mencakup masyarakat luas, membuat iklan semakin diminati oleh perusahaan untuk memasarkan produk barang dan atau jasa. Ini bisa dibuktikan saat kita menonton TV, sinetron misalnya dimana durasi iklan lebih panjang dibanding program acara yang ditayangkan. Berkembangnya iklan tidak diiringi dengan kemajuan konten (isi) iklan yang disuguhkan apalagi ditambah dengan penduduk masyarakat Indonesia yang kebanyakan kurang mempunyai pendidikan yang cukup sehingga mudah terpengaruh oleh isi tayangan iklan. Salah satu contoh, sekitar 2-3 tahun lalu Perusahaan Garuda Food selaku produsen makanan ringan mempromosikan Gery Chocolatos.

Gery Chocolatos

Gery Chocolatos



Gery Chocolatos merupakan sebuah makanan wafer stick dengan rasa coklat, Gery Chocolatos di produksi oleh PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA, sedangkan komposisi dari Gery Chocolatos adalah gula, terigu, lemak nabati, coklat bubuk, susu bubuk, lesitin kedelai, pewarna alami karamel, garam, perisa vanila. Kita bisa membeli Gery Chocolatos di toko-toko terdekat atau warung-warung terdekat.

Iklan TV Gery Chocolatos ini bersifat komersil sehingga termasuk tipe iklan yang menjual barang/jasa. Tujuan dari iklan ini tidak lain mempromosikan makanan ringan Gery Chocolatos sehingga semakin banyak orang yang membeli produk ini. Produk yang dijadikan komoditas dalam ini diperuntungkan bagi segala usia dan penggunaan tokoh yang notabene masih remaja. Dalam iklan TV tersebut, Yuki Kato berperan sebagai seorang kakak yang beradegan sedang membuka lemari es dan memergoki adiknya menikmati Gery Chocolatos. Yuki pun bertanya, “Ngapain kamu de?” Adiknya menjawab, “Makan chocolates, kak. Katanya kalau masuk dalam kulkas lebih enak.”

Iklan TV ini pada saat tayang menuai kritikan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dalam Surat bernomor 333/K/KPI/05/12, KPI Pusat menghimbau bahwa siaran yang melibatkan anak-anak wajib mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika yang mengatur hal tersebut. KPI Pusat juga mengimbau seluruh lembaga penyiaran yang masih dan/atau akan menayangkan iklan tersebut untuk segera melakukan perbaikan dengan cara melakukan editing pada adegan yang dimaksud . Iklan TV Gery Chocolatos yang dicekal ini juga sudah beredar luas di jejaring sosial media. bisa dilihat videonya di Youtube.

Walaupun demikian iklan TV Gery Chocolatos menurut penulis sudah baik dari segi pemasangan iklan dan pemilihan pemeran yang tepat di iklan tersebut. Hanya Cara penyampaian pesan kepada pasar yang tidak cocok untuk di perlihatkan kepada anak-anak karena akan mengakibatkan hal yang fatal apabila di praktekkan secara langsung oleh anak-anak yang belum bisa mencerna dengan baik maksud dari iklan TV Gery Chocolatos sebenarnya.


26 Comments

  1. Maulida Akmala @lalapuh says:

    menurut saya iklan ini memang pantas ditegur komisi penyiaran indonesia karena informasi pd iklan nya kurang dapat dipahami oleh anak2 padahal iklan ini ditarget kan untuk anak2,dan takutnya anak2 mempraktekkan hal yg seperti di iklan ini.

    Like

  2. risqia @qiia_teteh says:

    sebernarnya boleh” saja ditayang kan kalo bisa si kakaknya memberitahu bukan gitu maksudnya ,,,, tapi chocolatosnya yg dimasukin kedalem kulkas….jgn lngsung ditutup kulkas ,,,, jgn didiem begitu …, dan kalo bisa adegan yg tidak patut dicontoh diberitahu ”jgn ditiru adegan ini”…..

    Like

  3. sebaiknya jika kita membuat sesuatu dipikirkan lebih matang lagi +- nya.
    iklan ini memang kurang baik karena lebih mementingkan produknya dan menampilkan sesuatu yang kurang baik terhadap anak”. karena tv adalah suatu asupan bagi manusia baik dewasa maupun anak” maka kita seorang orang yang berkecimpung di dunia kreatif harus memberi contoh yang baik.
    sangat dibutuhkan peran orang tua dalam membimbing anaknya terutama yang dibawah umur.

    Ria Fakhriyyah
    @riaconey

    Like

  4. Yayah Siti Rohayah ( @yayyahh ) says:

    Menurut saya iklan ini sudah bagus dan boleh saja untuk ditayangkan, hanya saja cara penyampaian iklan ini yang terlalu berlebihan. Dengan adanya adegan anak kecil yang masuk kedalam kulkas Dan makan gery chocolatos yang maksudnya kalau gery chocolatos lebih enak kalau dimakan dingin atau dimasukan kedalam kulkas…
    Knapa harus anak kecilnya yang masuk dalam kulkas, kan bisa saja kalau yang dikulkas hanya gery chocolatosnya saja…
    Kalau adegan ini ditiru anak kecil bahaya juga.
    Terimakasih…
    Yayah Siti Rohayah

    Like

  5. auliaulfah says:

    Aulia Ulfah @oweaulia

    saya juga kurang setuju jika maksud penyampaian “kalau wafer ini lebih enak dimasukkin ke dalam kulkas” dengan tokoh seorang anak kecil dan lebih terkena efek kehidupan sehari. seperti diketahui wafer ini memang bertujuan untuk dimakan cemilan dan makanan ringan sangatlah berdampak egati bagi anak anak yang tidak tau dan langsung mncoba .Akan timbul dampak kekerasan dalam publikasi ya seperti seorang anak secara lugu nya akan mengikuti gaya di iklan tersebut. apalagi si anak itu membuat keadaan yang tenang biasa saja tanpa dampak yang membahayakan.

    sedikit solusi untuk iklan ini agar pesan tetep tersampaikan untuk konsumen . seorang anak kecil yang masuk ke dalam kulkas ini digantikan karakternya menjadi karakter kartun seperti pinguin, beruang kutub atau hewan lainnya yang bisa tinggal di dalam cuaca dingin. jadi pesan jika wafer ini lebih enak dimakan dalam keadaan dingin dapat disituasikan seperti itu. hanya penggantian karakter saja dan lebih lucu.karena tujuan konsumen wafer ini adalah anak remaja dan anak anak yang masih membutuhkan ide ide fresh dan inovasi terbaru.

    sedikit komentar saya mohon maaf jika ada kesalahn

    terimakasih

    Like

  6. Menurut saya ide iklan ini bagus, dibawahnya juga sudah ada tulisan “adegan ini jangan ditiru” seharusnya masyarakat bisa memahami pesan yang ingin disampaikan oleh iklan ini

    Like

  7. Dita Dwi Andini says:

    ( Dita Dwi Andini @dittaandin )
    saya kurang setuju dengan iklan ini,karna anak-anak lebih sering mempraktekan apa yang mereka lihat,apabila anak-anak melihat iklan ini bisa saja anak tersebut akan mempraktekan masuk ke dalam kulkas,dan peran kaka yang melihat adiknya masuk kedalam kulkas dan malah menutupnya juga tidak memberikan contoh yang baik,seakan akan masuk kedalam kulkas itu diperbolehkan. tim pembuat iklan harus lebih memperhatikan bahwa iklan untuk anak-anak itu lebih sensitif,karna tidak semua orangtua bisa mengawasi anak-anaknya dalam melihat tayangan televisi.

    Like

  8. M Qobala Ihromi says:

    Menurut saya dari segi content iklan, iklan gerry chocolatos tersebut masih baik tidak mengandung unsur – unsur yang tidak sesuai dengan masyarakat indonesia. Tetapi adegan anak kecil yang masuk kulkas itu menurut saya masih dalam batas yang wajar, dan bisa saja tujuan sang pembuat iklan hanya untuk hiburan semata dan menyelipkan pesan bahwa gerry chocolatos enak dimakan kalau telah di masukkan kulkas.

    M.Qobala Ihromi
    @bangromm

    Like

  9. Farrah Arifianne says:

    Menurut saya iklan gery chocolatos memang tidak baik di lihat oleh anak-anak di bawah umur contohnya seperti adegan masuk dalam kulkas karena anak-anak yang di bawah umur akan meniru hal seperti itu. Sebaiknya anak-anak di bawah umur jika ingin melihat iklan Gery Chocolatos harus dengan bimbingan orang dewasa . Dan jika bisa seharusnya iklan Gery Chocolatos di perbaharui lagi . Dengan iklan yang positif , baik di lihat masyarakat terutama untuk anak-anak yang masih di bawah umur.

    Like

  10. Alfiyah Dhiyaty says:

    Alfiyah Dhiyaty
    @AD_fea

    Zaman sekarang sudah kurang memperhatikan etika publikasi. Yang terpenting adalah produk ditayangkan dan diketahui oleh masyarakat tanpa melihat isi peran yang dilihatkan dan itu sangat berpengaruh pada etika atau pemikiran khususnya anak-anak yang kurang dapat dicerna atau dipahami. Iklan harus dikemas dengan baik sesuai dengan produknya. Iklan Gery Chocolatos ini sudah cukup baik maksudnya, produknya ini lebih enak kalau dingin, harusnya dibuat saja langsung produknya yang ke kulkas bukan tokohnya itu lebih baik lagi untuk tidak menjadi contoh perilaku. Kalau sudah seperti itu dan tersebar dimasyarkat beri perhatian dan penjelasan.

    Like

  11. menurut saya iklanya bagus dan penyampaianya juga oke. namun karna iklan ini di tujukan kepada anak-anak seharusnya lebih memperhatikan isinya dimana hal-hal yang tidak patut di contoh oleh anak-anak akan dapat di tiru dalam iklan ini sehingga tidak terjadi masalah dan perbedaan pendapat pada banyak orang. terlebih pula kalau anda orang tuanya pasti juga tidak akan melakukan atau membiarkan hal dalam iklan tersebut terjadi pada anak anda.

    Muhammad Bahrul ulum
    @bahrulofficial

    Like

  12. Aglis Raushanfikri

    Saya rasa Iklan di televis terkadang memang sedikit menyimpang dari Norma-Norma yang Baik. Saya juga beranggapan Bahwa KPI sudah melakukan langkah yang Baik dalam soal mengkritis tayangan televisi di Indonesia. Memang tayangan yang memerankan seorang anak di bawah umur harus lebih di perhatikan mengingat adanya adengan yang kurang pantas untuk di contoh.

    Like

  13. saya rasa iklan yang melibatkan anak-anak mesti selalu di Perhatikan. Dan saya juga merasa Komosi Penyiaran indonesia suah mengambil langkah baik dalam mngkritis sebuah siaran televisi. Dari Norma yang terdapat di dalam iklan tersebut memang terdapat nilai yang kurang pantas untuk di perankan oleh anak di bawah umur sebagaimana yang tertera di Artikel tersebut.

    Like

  14. aldhifea says:

    Zaman sekarang kurangnya memperhatikan etika publikasi. Yang terpenting adalah produk ditayangkan dan diketahui oleh masyarakat tanpa melihat isi peran yang dilihatkan dan itu sangat berpengaruh pada etika atau pemikiran khususnya anak-anak yang kurang dapat dicerna atau dipahami. Iklan harus dikemas dengan baik sesuai dengan produknya. Iklan Gery Chocolatos ini sudah cukup baik maksudnya, produknya ini lebih enak kalau dingin, harusnya dibuat saja langsung produknya yang ke kulkas bukan tokohnya itu lebih baik lagi untuk tidak menjadi contoh perilaku. Kalau sudah seperti itu dan tersebar dimasyarkat beri perhatian dan penjelasan.

    Like

  15. rizki rian andriani says:

    Menurut saya iklan ini kurang baik untuk di publish atau ditanyangkan di televisi karena pada saat ini anak anak lebih suka meniru adegan yang ada di televisi dan ditakutkan mereka aka menirunya . Seandainya pun iklan ini masih akan ditampilkan lebih baik iklan ini diubah ceritanya sehingga tidak membahayakan . dan disini peran orang tua pun sangat penting karena para orang tua juga harus membimbing, mendampingi atau memberi pengertian dari arti iklan tersebut sehingga anak anak mereka tidak akan mengikuti adegan yang ada di tv yang akan membahayakan mereka sendiri .

    Rizki Rian Andriani (@oyandd)

    Like

  16. Icha Aisyah says:

    Iklan pada media elektronik seharusnya bisa memberikan pesan yang jelas akan apa yang pembuat nya ingin menyampaikannya ke target pasar, dalam hal ini Gery Chocolatos. Sang penulis naskah atau dalam hal ini, sutradara seharusnya sadar bahwa iklan ini akan dilihat oleh khalayak ramai, tak hanya remaja ke atas yang sudah bisa berpikir logis, namun juga anak-anak yang keingintahuannya sangat besar dan sangat menyukai untuk meniru apa yang ia lihat.

    Dalam hal ini, iklan ini sangat bisa berakibat fatal untuk anak-anak yang tak tau apa-apa dan hanya ingin bermain-main seperti apa yang mereka lihat. Terlebih lagi, di dalam iklan ini menampilkan sang adik Zidane yang adalah seorang anak kecil, mereka pastinya akan berpikir “wah, dia aja main di kulkas! ikutan yuk”. Bila ada kejadian yang tak diinginkan pun terjadi, apakah pihak pembuat iklan ini akan bertanggung jawab atas efek dari konten publikasi yang mereka buat?

    Iklan ini bertujuan untuk mengenalkan produk dan membuat penonton untuk menginginkan membeli produk, bukan ‘untuk masuk kulkas’ seperti yang ditayangkan di iklan tersebut.

    Saya rasa keputusan KPI dalam hal ini sudah baik untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan dari efek iklan tersebut. Semoga kedepannya nanti, dunia periklanan akan bisa lebih kreatif lagi tanpa melenceng dari tujuan awal untuk mengenalkan produk dan memberikan informasi dan menimbulkan efek psikologis dan behavioral yang tak diinginkan.

    Siti Aisyah
    @Icha_Klauser

    Like

  17. Septia Ferusita says:

    Saya kurang setuju jika iklan tersebut ditayangkan karena dapat memberikan dampak buruk atau dapat dicontoh anak kecil yang belum dapat memilah isi dari sebuah iklan dan hanya menirunya. Bisa saja anak diusia yang masih dini menirukan adegan yang ada pada iklan tersebut yang kemudian akan merugikan si anak. Untuk semua production lebih bisa memperhatian lagi untuk isi dan cara memvisualisasikan dalam pembuatan sebuah iklan yang melibatkan anak kecil atau iklan yang nantinya ditujukan untuk anak kecil. Mungkin iklan tersebut juga dapat divisualisasikan dengan cara si anak yang makan gery chocolatos dengan duduk di ruang makan disekitar kulkas dengan visualisasi chocolatos terlihat dingin. Dan untuk orang tua sebaiknya mendampingi anaknya ketika menonton televisi sehingga dapat segera memberitahu jika terdapat iklan atau tontonan yang salah atau kurang mendidik. Dan juga dari kecil si anak sudah dikenalkan tentang apa saja yang baik dan buruk untuk dicontoh atau dilakukan.

    @septiaferusita
    Septia Ferusita

    Like

  18. Haris Mahmudi says:

    Memang kurang setuju, masa si zidane dimasukkan di lemari es, kalo ada anak dibawah umur meniru adegan seperti itu gimana?, cara makan chocolatos di lemari es. Meskipun ada penayangan kata di bawah jangan ditiru tetapi kebiasaan anak2 tidak peduli dengan hal seperti itu. Dengan kata lain peran orang tua juga sama pentingnya disini agar buah hati kecilnya tidak melakukan adegan seperti itu.

    @harismahmudi4

    Like

  19. Bahrul Ulum says:

    menurut saya iklanya bagus dan penyampaianya juga oke. namun karna iklan ini di tujukan kepada anak-anak seharusnya lebih memperhatikan isinya dimana hal-hal yang tidak patut di contoh oleh anak-anak akan dapat di tiru dalam iklan ini sehingga tidak terjadi masalah dan perbedaan pendapat pada banyak orang. terlebih pula kalau anda orang tuanya pasti juga tidak akan melakukan atau membiarkan hal dalam iklan tersebut terjadi pada anak anda.

    Muhammad Bahrul ulum
    @bahrulofficial

    Like

  20. Dierera Nabila says:

    menurut saya sah-sah saja jika iklan tersebut dipublikasikan. karna mungkin menurut pendapat dari pihak pembuat iklan, mereka membuat iklan dengan konsep tersebut karena mereka ingin memasarkan produknya dengan cara memperlihatkan kepolosan seorang anak yang belum mengerti banyak hal secara natural. hanya mungkin kembali pada pribadi masing2 cara mereka memahami iklan tersebut berbeda. untuk sebagian orang mungkin itu akan mempengaruhi tindakan anak karna anak memiliki imajinasi dan daya ingat yg tinggi. tetapi di sisi lain, itu merupakan kreatifitas atau cara pembuat iklan agar produknya dapat diingat oleh konsumen dengab mudah. menurut saya harusnya tidak ada yg dipermasalahkan karena tergantung pada pribadi masing-masing untuk memahami maksud dari iklan tersebut tersebut.

    Dierera Nabila
    @belleeya

    Like

  21. Erma Rosdiana says:

    Erma Rosdiana
    @dianaerma

    Seharusnya iklan yang dibuat tujuanya itu mengenan kepada pasar yang dituju. Akan tetapi dengan catatan, harus selalu memerhatikan dampak-dampaknya yang akan terjadi nantinya. Jangan sampai karena dampak tersebut, produk tersebut citranya akan menurun di mata masyarakat. Karena seharusnya sebuah iklan itu dibuat bukan hanya untuk menaikkan penjualan saja demi keuntungan produsen pembuat produk tersebut, tapi juga harus mendrongkrak citra dari produk tersebut agar masyarakat percaya dan akan tetap setia kepada produk tersebut.

    Like

  22. sebenarnya menurut saya iklan ini boleh2 saja ditayangakn akan tetapi dengan tambahan peringatan bahwa adegan dalam iklan tidak boleh ditiru,kemungkinan juga yg meng konsumsi makanan ini sudah bisa membaca dan mengartikan, terlebih lagi jika ada bimbingan dari orang tua, disini kembali lagi peran orang tua yg paling penting untuk mengawasi buah hatinya. #Multimedia

    Like

  23. Saya kurang setuju, tapi tak sepenuhnya….

    Seharusnya, zidane, diberikan pengetahuan lebih dan bimbingan dari orang-tua, mengenai maksud mengkonsumsi produk itu didalam lemari es…tetapi sesuai porsi untuk zidane dalam memahaminya.

    Like

  24. dita says:

    saya kurang setuju jika iklan ini tetap di published. Terlebih anak2 memiliki daya imajinasi yg kuat. Sehingga besarnya peran orang tua dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk selalu mendampingi anak2nya dalam menyaksikan tayangan2 yang ada baik film maupun iklan.
    @ditahernisa

    Like

  25. memang iklan dari salah satu produk makanan ini tidak layak untuk di tayangkan karena menampilkan perilaku yang seharusnya tidak boleh di lakukan oleh serorang kakak terhadap adiknya ,sang adik yang telah di suruh oleh kakaknya masuk ke dalam sebuah lemari Es , ada baiknya tema iklan ini seharusnya dalam memperkenalkan produknya apabila produk makanan ini di konsumsi dalam keadaan dingin ,seharusnya hanya produk makannaynya saja yang seharusnya di taruh kedalam lemari Es ,tidak beserta dengan si adik nya ,, mungkin hanya itu pendapat atau komentar dari saya.
    Terima kasih.

    Like

  26. Sebenarnya saya juga kurang setuju dengan si zidane masuk dalam kulkas, mungkin anak yang belum punya pendidikan cukup akan meniru masuk dalam kulkas. Nah disini lah peran orang tua, yang harus bisa membimbing dan memberitahu pada buah hati, mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak boleh ditiru.
    @el_hajary

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: