Home » Uncategorized » Desainer HUGO BOSS Bicara Perbedaan Karakter Desain di Amerika, Eropa dan Asia

Desainer HUGO BOSS Bicara Perbedaan Karakter Desain di Amerika, Eropa dan Asia

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Patty Yuan adalah salah satu desainer produk keturunan Asia di HUGO BOSS Switzerland. Pemilik toko retail online Tinted Mint ini berbagi pandangannya tentang perbedaan karakter desain di 3 benua. Berikut ini hasil wawancaranya.

Patty Yuan

Patty Yuan

Ketika membandingkan desain di Amerika, Eropa dan Asia, saya pikir ada satu perbedaan yang paling jelas, yaitu estetika. Saya tidak punya pengalaman bekerja di Asia, tetapi ini adalah pengamatan saya berdasarkan apa yang saya lihat sebagai konsumen.

Desain di Amerika lebih konservatif dari pada di Eropa dan Asia. Perusahaan-perusahaan di Amerika, terutama pengecer besar, selalu mencoba untuk menarik massa sehingga desain dirancang untuk tidak menyinggung siapa pun.

Desain Produk Sepatu

Desain Produk Sepatu

Perusahaan-perusahaan di Eropa dan Asia sangat menarik bagi pangsa pasar yang lain sehingga mereka berani dalam desain dan membuat pernyataan dengan bahasa desain mereka. Pasar ini lebih maju menurut saya. Hanya dengan melihat trend di luar negeri, mereka selalu membuat desain yang sesuai. Desain mereka kadang-kadang keren tapi tidak mudah diterima oleh masyarakat di Amerika.

Di Amerika, pencampuran warna dapat merubah warna dari hitam atau perak ke warna burgundi dan itu akan dianggap revolusioner untuk sesaat, sedangkan di Eropa dan Asia, hal itu sudah biasa. Ketika saya melakukan perjalanan ke Paris dan Tokyo, saya melihat begitu banyak hal-hal yang keren dan berpikir, ‘Mengapa tidak kita miliki sebuah vacuum cleaner dengan desain yang keren di Amerika?’ atau ‘Mengapa saya tidak dapat menemukan sepatu dengan desain yang bagus seperti ini ketika kembali ke rumah?’

Jaket Wanita

Jaket Wanita

Saya melihat brand kecil di Amerika menjadi lebih populer karena cerita di balik brand. Di Jepang, cerita dibalik sebuah brand sangat penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Mereka menghargai keaslian, apakah itu sebuah tas wanita atau celana panjang pria. Di Cina, brand akan diterima pasar jika memberi makna menguntungkan dan mewah, dari tas Louis Vuitton terbaru sampai ponsel generasi terkini.

Saya pikir proses desain sangat bervariasi tergantung pada apakah Anda bekerja untuk sebuah perusahaan kecil atau perusahaan besar. Di studio kecil, Anda perlu untuk menjadi seorang desainer yang baik. Di sini, Anda menjalani seluruh proses desain, apa pun pekerjaan Anda dan tim Anda. Pada tingkat perusahaan (korporasi), pekerjaan dan tanggung jawab desainer lebih khusus.

Mahasiswa jurusan desain pasti berpikir ini semua tentang desain dan proses mendesain, tetapi kemampuan komunikasi itu penting juga, apakah itu komunikasi dengan vendor luar negeri atau divisi lain. Satu hal yang saya harus menyesuaikan diri ketika bekerja di Swiss adalah cara saya menyampaikan pendapat. Di Amerika, Aku langsung saja berbicara dan santai.

Camper Lotus

Camper Lotus

Di Eropa, Anda harus berhati-hati ketika menyampaikan pendapat karena dapat menyinggung orang lain. Di Jepang dan Cina, perbedaan antara manajer dan karyawan membuat mereka menggunakan tingkat formalitas yang benar ketika berbicara menyampaikan pendapat.

Saya menyimpulkan, ada 2 hal yang berlaku dimanapun Anda berada, siapa pun bos Anda. Salah satunya adalah tim dimana Anda bekerja. Anda harus menghormati dan bekerja dengan baik. Kedua adalah tidak peduli seberapa baik desain Anda, Anda berada dalam koordinasi dari tim pemasaran/marketing. Hal ini sangat jarang terjadi bahwa perusahaan akan menghargai pendapat desainer diatas pendapat tim pemasaran. Sangat sering terjadi, tim pemasaran hanya melihat keberhasilan produk apa yang saat ini punya nilai jual yang baik dan akan meminimalkan perubahan besar dalam desain.

 

Sumber: Wawancara dengan Patty Yuan ( patty.yuan@gmail.com), Desainer Produk HUGO BOSS Switzerland.


1 Comment

  1. Ican Zur says:

    saya setuju dengan artikel ini, karena karakterisitik setiap orang disetiap belahan benua itu berbeda-beda. tidak hanya dari desainnya, namun juga sifat-sifat dasar yang dimiliki-pun juga berbeda. jadi kita tidak bisa sembarangan mendesain namun juga harus tahu apakah desain ini akan diterima di masyarakat sekitar atau tidak.

    Ihsan Zurlly Ramzy

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: