Home » Uncategorized » Desainer Grafis Perlu Tahu Marketing

Desainer Grafis Perlu Tahu Marketing

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Kira-kira kalimat seperti itulah yang sering kita dengar bila berhadapan dengan klien. Tidak salah memang kalimat seperti itu terlontar dari mulut mereka, tapi satu hal yang perlu di ketahui adalah penjualan itu tidak hanya bergantung hanya kepada desain saja. Banyak faktor lain yang mempengaruhi, seperti harga, kualitas produk, keadaan ekonomi dan politik, trend pasar, dan lainnya.

Marketing dan Desain Grafis

Marketing dan Desain Grafis

Namun kalimat di atas juga memang benar adanya. Kenapa? Karena mau tidak mau desain adalah ujung tombak dari marketing (strategi), kalau strategi nya bagus, tetapi desain (pengalaman pelanggan/user experience) tidak mendukung, ya sama saja bohong. Itu artinya kita gagal mengkomunikasikan produk (pesan) klien tersebut, dan ujung-ujung nya target penjualan tidak tercapai.

Marketing atau pemasaran memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi semua usaha, karena marketing atau pemasaran mempunyai kedudukan sebagai penghubung antara perusahaan pembuat produk dengan masyarakat sebagai pemakai produk. Terutama bagi perusahaan desain, diperlukan proses dan bentuk marketing yang khusus.

Menurut referensi, marketing memiliki arti sebagai sekumpulan kegiatan pemasaran yang telah memiliki konsep dan tujuan untuk mengenalkan, memasarkan, serta menjual produk atau jasa yang telah diciptakan. Dengan adanya pemasaran/marketing konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.

Berikut gambaran marketing secara umum yang saya tuangkan dalam bentuk mind map.

 

MindMap Marketing

MindMap Marketing

Mengapa seorang desain grafis harus mengetahui fungsi dan dasar dasar marketing? Alasannya adalah bahwa sebuah desain adalah bagian dari marketing, berdasarkan penjelasan diatas peranan desain grafis pada sebuah produk amatlah penting. Tugas seorang desain grafis adalah membuat agar tujuan dari sebuah marketing berhasil, apabila desain yang digunakan untuk pemasaran tidak berpengaruh baik pada produk yang dijual maka proses marketing atau pemasaran terbilang gagal. Karena desain yang baik adalah desain yang mampu menjembatani kebutuhan dan aspirasi customer serta memenuhi target atau tujuan yang diinginkan oleh sebuah brand/klien.

Bila kita sudah mengetahui target dan strategi yang di ambil oleh klien, maka kita juga dapat dengan mudah mengkomunikasikan produk tersebut secara visual kepada calon pelanggan. Kebanyakan desainer memberikan garis pemisah yang jelas antara desain dan marketing, seni dan komersil. Tidak ada salahnya (inilah proses), dulu saya masih sebagai web designer juga seperti itu, yang penting visual nya keren, ide nya pintar, konsepnya aneh, lain daripada yang lain. Tapi pada kenyataan nya target penjualan yang diinginkan klien tidak tercapai. Harus di ingat juga kalau desain grafis itu bukan seni murni, melainkan seni terapan, yang artinya seni yang di pakai untuk mencapai suatu tujuan tertentu, baik komersil atau bukan komersil.

Strategi Pemasaran dan Desain

Strategi Pemasaran dan Desain

Alasan tambahan, lebih mudah bagi kita sebagai desainer bila mengerti tentang cara pikir mereka (klien), strategi pemasaran yang mereka ambil, kenapa mereka mengambil strategi itu, apa hasilnya bila menggunakan strategi itu, dan apakah target yang di tentukan dapat tercapai dengan strategi tersebut. Bila kita sudah mengerti, di jamin ide dan konsep yang kita butuhkan pasti lebih mudah di dapat, di bandingkan bila kita memulai pekerjaan kita dari kertas kosong photoshop/illustrator atau melihat trend visual yang lagi hype (referensi), dan lainnya. Mungkin itu salah satu sebab kenapa kita sering berkata “mentok ide nih gue”, coba kita mulai berpikir sungguh-sungguh “out-of-the-box” yaitu dengan berpikir dari sudut pandang seorang marketer.

 

Sumber:
Marketing Strategy for Designer.
Praktisi desain grafis Richard Fang dan Putri Suzan Nurtania.


22 Comments

  1. rana widhi says:

    terima kasih banyak ya pak, berkat artikel ini wawasan saya jadi lebih terbuka dan mata saya jadi bisa lebih jeli. karena banyak mahasiswa desain yang lupa pentingnya marketing, banyak teman teman saya yang sudah banyak dapat kerjaan di bidang desain tp belum paham bagaimana sistem kerja marketing desain.

    Like

  2. Brama says:

    Setuju pak, bermanfaat sekali artikelnya 🙏🏻🤗

    Like

  3. Deary Indah says:

    Saya sangat setuju. Menurut saya sebagai seorang desainer tidak hanya terbatas mengenai desain yang bagus ataupun dapat menggambar dengan bagus. Tetapi harus ditunjang dengan ilmu-ilmu lain yang memberi lebih atas nilai desain itu sendiri. Dengan ada ilmu E-marketing membuat desainer jg memahami bagaimana menyusun strategi yang tepat agar desain tersebut dapat menjadi efektif dalam penyampaian komunikasinya.

    Terima kasih ^o^
    Deary

    Like

  4. dellasiahaan says:

    Saya sependapat dengan artikel ini. Karna dalam mendesain, tidak hanya desain grafisnya saja yang dibutuhkan tetapi kita juga membutuhkan marketing. Karena pada desain grafis tidak hanya mementing keindahan atau karya yang kreatif saja tetapi kita perlu memperhatikan pesan atau tujuan kita tersampaikan dengan tepat sasaran sehingga target yang kita inginkan tercapai.

    Like

  5. Rezha Fitria says:

    Yup, saya sangat setuju. Sebagai seorang designer juga harus memiliki strategi marketing yang baik untuk mencapai target yang diinginkan. Tidak hanya mengandalkan kreativitas pada karya, seharusnya juga dengan strategi merketing. Terimakasih..

    Rezha Fitria @rezha_fitria

    Like

  6. ririzkisari says:

    terkadang saya juga merasa saat berada di suatu project, saya hanya memikirkan bagaimana agar desain saya bagus dan idenya berbeda dari yang lain dan saat saya berdiskusi tentang harga, saya bingung. haha..
    bagaimana cara menjual ‘diri’ kepada calon customer adalah hal yang sangat penting. bisa menjadi pendengar yang baik dan pemecah solusi yang handal, membuat costumer puas dengan apa yang kita berikan. intinya seorang desainer haruslah menjadi komunikator dan marketer yang handal

    Rizki Sari @ririzkisari

    Like

  7. Diah Ayu Saraswati @diahsaraas.
    Saya setuju dengan isi terkait artikel ini. Hal ini dikarenakan marketing adalah alat pemasaran yang mampu menginformasikan suatu jasa/produk kita kepada konsumen dengan tujuan agar konsumen merasa tertarik. Pekerjaan sebagai designer terkadang memang di salah artikan dengan menganggap “yang penting ide dan konsepnya bagus”.
    Padahal menurut saya, pekerjaan apapun yang bersifat “membuka usaha” harus memahami aspek marketing dari usaha yang hendak iya lakukan.
    Selain aspek marketing, aspek produk, aspek finansial, dan aspek target pasar juga perlu dipahami agar anda memiliki guiden kemana anda dapat membawa arus usaha anda.
    Designer dan marketing harus berkombinasi agar bisa menjadi suatu promotion mix, dimana ilmu desain dituangkan di dalamnya. dan designer tentunya tidak semena-mena menaruh harga atas karyanya, dengan artian san designer bisa menentukan harga,target pasar, budgeting, dan lain sebagainya.

    Like

  8. Satria Nugraha says:

    setuju sekali dengan artikel diatas, seorang Desainer Grafis perlu tahu Marketing, bahkan seorang designer harus melihat dari sisi costumer, agar marketing tepat sasaran dan produk yang diiklankan dapat sesuai dengan target. karna desain adalah ujung tombak dari marketing. tidak jarang iklan yang gagal karna maksud nya tidak dapat tercapai karna desain yang begitu sederhana. karna pada era sekarang yang saya lihat adalah semakin simple desain akan gterlihat lebih mewah dan elegant, tapi dari desain yang sangat simple tersebut banyak point point yang tidak sampai kepada audience. bahkan prodak nya pun audience tidak tahu. dan iklan dengan desain seperti itu yang dibilang gagal. jadi seorang desainer harus benar benar menguasai prodak dan mengetahui apa yang dibutuhkan dan apa yang audience mau. jadi desain itu tepat sasaran.

    Terimakasih, sangat berguna dan bermanfaat

    Satria Nugraha, @satria_franss

    Like

  9. Surya Wijayani says:

    Saya sependapat tentang artikel ini. Klien semakin pintar saat ini, bukan hanya faktor produk, harga, tempat dan promosi saja yg mempengaruhi marketing tp kilen juga melihat faktor lain seperti latar belakang pendidikan sang designer, proses pembuatan dan juga alat yg digunakannya.

    Surya Wijayani
    @aryare_

    Like

  10. Johanes Mardhika says:

    yup benar sekali, graphic designer akan sangat kesulitan untuk memasarkan produknya. saat ini persaingan didunia design sangat ketat. percuma mempunyai produk (desain) yang bagus tapi tidak tau cara yang benar untuk menjualnya, oleh karena itu graphic designer memang harus tahu tentang marketing ^^

    Johanes Mardhika
    @JohanesMardhika

    Like

  11. Klenta Muthia says:

    ya, saya sangat setuju dengan artikel ini. dimana seorang desainer perlu memikirkan bagaimana desain yang telah dibuat bisa menarik orang banyak dan harus bisa dimengerti oleh orang lain itu memerlukan ide-ide dengan strategi yang sesuai dengan apa yang desainer buat. strategi itu dibuat agar suatu produk yang dia hasilkan mampu menarik banyak konsumen agar mau membeli produk tersebut. maka dari itu desainer perlu memiliki aspek marketing yang baik.

    Klenta Muthia
    @klentmuthia

    Like

  12. Prasetio Pernando says:

    saya sangat setuju dengan artikel ini. karena seorang desainer harus mengerti cara berpikir seseorang/client supaya kita para desainer tidak kehilangan customer/client. seahlinya seorang desainer tapi tidak memiliki / mengetahui cara berpikir marketing, kita hanya akan dibodohi oleh para client/customer yang lebih mengerti / mengetahui marketing. kita juga harus mengetahui marketing agar kita bisa memiliki harga jual desain yang tinggi dan memiliki penjualan desain yang tinggi

    Prasetio Pernando
    @Fernando_Ngln

    Like

  13. indra gunawan says:

    ya, saya setuju dengan artikel ini karena memang seharusnya seorang designer itu sebelum membuat desain harus tau tujuan dan taget mereka membuat desain itu kemana dan untuk apa?, karena itu semua sangat membuat dan menjadikan sebuah desain tersebut menjadi lebih bermakna dan berarti.

    indra gunawan
    @indra_omponks

    Like

  14. Saya setuju dengan artikel di atas karena seorang designer jangan hanya mengetahui cara mendesign yang baik saja, tetapi dia juga harus tau apa itu marketing, bagaimana cara pemasaran yang baik, seperti apa produk” yang sedang laku di pasaran saat ini. Kita harus bisa mengambil ilmu sebanyak – banyaknya di dalam kehidupan ini jangan hanya bergantung pada satu ilmu saja, karena di kehidupan ini banyak hal – hal yang tidak dapat di selesaikan apabila kita hanya memiliki satu ilmu saja. Ilmu pun dapat kita cari di mana pun lewat pengalaman kita, teman, relasi, bahkan seorang gambel di jalanan pun kita dapat mengambil ilmu dari mereka. Jadi seorang designer jangan lah hanya menguasai bagaimana teknik mendesign bagus, tetapi juga harus mempelajari bidang ilmu lain. Karena terkadang ilmu berkaitan antara satu sama lainnya.

    Arief Pujiantoro
    @arif_toro

    Like

  15. darka says:

    yupps,.sprt beberapa kutipan kalimat diatas ” Karena mau tidak mau desain adalah ujung tombak dari marketing (strategi), kalau strategi nya bagus, tetapi desain (pengalaman pelanggan/user experience) tidak mendukung, ya sama saja bohong. Itu artinya kita gagal mengkomunikasikan produk (pesan) klien tersebut, dan ujung-ujung nya target penjualan tidak tercapai.
    Marketing atau pemasaran memang mempunyai peranan yang sangat vital,.maka dari itu pentingnya designer harus tahu markeitng,.dimana design dan marketing sesuatu yang tidak bisa dipisahkan

    Terimakasih

    Like

  16. Irma Farhanah says:

    saya sangat setuju sekali mengenai seorang designer harus memahami tentang marketing karena hal ini sangat membabantu menjual hasil dari sidesigner tersebut jadi dia benar benar mengetahui akan pemasaran hasil karya nya tersebut.

    Like

  17. Abdul Rahman says:

    kalau menurut saya memang harus bisa memahami jangan hanya sekedar mendesign saja tetapi paham juga mengenai marketing karna apa ketika seorang membuat design tetapi tidak bisa memasarkan sangat disayangkan jika marketing nya mengandalkan orang lain.

    Like

  18. ya, saya setuju, designer sangat perlu mengenal marketing. karena se keren-kerennya desain akan kalah juga kalau designer nya tidak mengerti marketing, termasuk cara mengkomunkasikannya, dan mempresentasikan ke klien. ada banyak sekali pemikiran dan mindset klien yang sangat jauh berbeda dengan pemikiran kita, dan itu sangat membuat kita cukup sulit menghadapinya, karena mereka selalu berpikir marketing. jika designer tidak belajar dan tidak tau marketing untuk keperluan pekerjaannya, maka pasti akan sulit untuk bisa memuaskan klien dari segi penjualannya. jika designer sudah mengerti dan mempelajari marketing, sudah pasti mereka memiliki strategi tersendiri untuk memuaskan klien dengan desain-desainnya. Dan besar kemungkinannya target penjualan terpenuhi.

    Ajeng Larasati
    @larasajengg

    Like

  19. Seorang designer perlu tau tentang e marketing , Karena designer butuh pembelajaran tentang e marketing supaya bisa mengexplore cara marketing yang baik dan mempromosikan Siri melalui media Sosial atau Dari web

    Like

  20. ya, apalagi sekarang ini profesi design grafis sedang dalam perkembangan yang pesat dan sedang banyak diminati. sang designer itu harus dapat menjadi marketing atas karyanya sendiri. karena akan banyak pesaing-pesaing diluar sana yang sudah dapat menjadi marketing bagi karyanya sendiri. sudah tidak lagi mengandalkan tenaga PR atau public relation. karena designer itu yang mengerti secara mendalam dan mendetail akan karyanya sendiri. terlebih lagi, ilmu marketing adalah ilmu penting yang sangat berkaitan dengan design komunikasi visual. dengan strategi-strategi yang telah mereka selipkan kedalam design mereka, dapat langsung mereka presentasikan kepada klien tanpa melalui perantara.

    Rizky Juliansyah

    Like

  21. Hanya sekedar tambahan sedikit benar sekali seorang desainer tanpa marketing bukanlah apa-apa boleh mempunyai produk dan desain yang sangat bagus dengan harga yang murah, tetapi jika tidak ada yang memasarkan, maka produk anda hanya akan bertumpuk di gudang tanpa ada yang membeli. Bahkan perlu mengalokasikan budget untuk marketing, mulai dari biaya promosi, komisi penjualan sampai ke customer care supaya produk dapat diterima di pasaran.
    Pada era teknologi informasi ini, kita juga dapat dipermudah karena internet telah digunakan oleh semua kalangan. Bahkan segala produk bisa dipasarkan via internet. Kita bisa mencari segala kebutuhan kita via internet, bahkan kita bisa menjual jasa ataupun barang dan menyelesaikan seluruh transaksi secara online. Jadi sangkut paut antara sorang desainer dan marketing itu sangat berkaitan jika desainer bagian memproduksi, memperindah packaging agar layak dijual sebaliknya bagian marketing adalah memasarkan produk itu dengan menggunakan strategi strategi marketing yang ada

    Devky Setiadi Putra

    Like

  22. Win Arta says:

    Saya sangat setuju dengan artikel diatas. Memang kita sebagai seorang desainer terkadang dilema, hehe. Kalau menurut saya seorang desainer sangat perlu mengetahui atau bahkan memahami tentang marketing baik itu secara elektronik ataupun cetak. Saya juga mendapatkan pengetahuan dari mata kuliah saya salah satunya, perencana media iklan, yang membahas salah satunya marketing, diman ada marketing strategy, marketing tactic, marketing plan, dan marketing budget, dll. Dimana saya simpulkan itu semua sangat penting sebagai seorang desainer dalam mendesain sebuah produk/ jasa, karena kita dapat mengetahui atau memahami kebutuhan pasar ataupun target audiensnya.

    Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: