Home » Uncategorized » Membuat Iklan Animasi 3D Bersama Vicky Doang

Membuat Iklan Animasi 3D Bersama Vicky Doang

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Berbicara tentang iklan TV yang mudah diingat diantara puluhan iklan TV yang ada tentu tidak terlepas dari kriteria iklan yang baik menurut teori periklanan & praktisi periklanan. Baik iklan TV menggunakan teknik real shoot atau animasi, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, bergantung dari produk & target audiens yang dituju.

Vicky Doang, pendiri Manimonki Studio, di sebuah seminar membahas iklan animasi pernah mengulas tentang tahapan produksi membuat animasi 3D. Dia membahas tentang project iklan yang dibuat bersama teman-temannya, yang berjudul “Werewolf Puasa 2014”. Dalam membuat iklan werewolf tersebut juga terdapat berbagai tahapan produksi untuk mendapatkan hasil eksekusi terbaik.

 

Vicky Doang

Vicky Doang

 

Tahap Pra Produksi

Tahap pra produksi merupakan fase perencanaan, desain dan penelitian untuk keseluruhan proyek animasi 3D yang meliputi :

  1. Ide/cerita adalah menentukan cerita dalam membuat iklan animasi 3D.
  2. Naskah/screenplay adalah fase penulisan naskah cerita yang dikembangkan dari ide cerita yang telah disetujui, naskah atau skenario adalah karya literatur non-final yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh seluruh kru pembuatan sebuah film tentang bagaimana mengatur produksi sebuah film.
  3. Storyboard adalah tahap menterjemahkan senarai gambar yang biasanya disertai arahan dan dialog yang merepresentasikan pengambilan gambar beserta urutannya yang akan dilakukan dalam sebuah produksi.

 

Tahap Produksi

Pada tahap ini, apa yang telah dibuat di tahap pra produksi akan direalisasikan dalam bentuk 3 dimensi yang meliputi :

  1. Modeling merupakan proses pembuatan sebuah objek yang dapat diputar dan dilihat pada software animasi 3D.
  2. Texturing adalah fase pembuatan dan pemberian tekstur dan warna luaran agar model yang telah dibuat dapat menyamai apa yang dibayangkan oleh animator tersebut secara visual.
  3. Rigging adalah fase pemberian tulang untuk mengontrol masing-masing objek yang akan digerakkan nantinya dalam proses animasi.
  4. Animasi adalah tahap pergerakan setiap objek yang dibuat. Pergerakan objek-objek tersebut disesuaikan dengan naskah dan storyboard yang telah dibuat. Pada tahap ini juga pengambilan gambar dilakukan. Pengambilan gambar tersebut dilakukan dengan mengatur pergerakan kamera pada saat objek tersebut bergerak.
  5. Lighting adalah fase animator memberikan pencahayaan pada setiap animasi yang telah dikerjakan untuk menciptakan suasana dan atmosfir yang terlihat pada animasi tersebut.
  6. Rendering merupakan tahapan menciptakan image dari objek yang telah dibuat dengan mengkalkulasi setiap properti objek tersebut, seperti tekstur, pencahayaan, bayangan, serta pergerakan objek tersebut.

 

Tahap Pasca Produksi

Pada tahap ini, hasil animasi yang telah dikerjakan pada tahap produksi akan dipoles agar terlihat lebih baik & meliputi :

  1. Fase compositing adalah fase memberikan lapisan pada objek yang telah diciptakan agar objek tersebut menjadi lebih baik secara visual.
  2. Fase koreksi warna adalah fase saat seluruh hasil proyek disesuaikan agar seluruh perbandingan warna gambar konsisten dan sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan.
  3. Fase akhir merupakan fase yang menggabungkan antara file audio dan animasi yang telah disiapkan. Setelah file audio dan animasi digabungkan, maka akan didapat sebuah iklan animasi 3D. Iklan tersebut lalu akan dikonversi ke dalam ekstensi yang sesuai dengan yang diinginkan.

 

Sumber: Seminar MAX 2, 2014.

 


1 Comment

  1. Boma indra says:

    Memang semua tahap produksi membutuhkan rough sketch :3
    And Nice Info😀
    @BomaDota

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: