Home » Uncategorized » Music Scoring Bersama Jevin Julian

Music Scoring Bersama Jevin Julian

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Ketika kita menonton sebuah film, tentu kita berharap film tersebut dapat memberikan hiburan atau nilai tambah pada kita. Secara umum, setelah kita menonton film maka akan ada kesan dramatis yang kita rasakan, apakah itu ceritanya menyedihkan atau menyenangkan atau malah membuat kita takut. Kesan dramatis secara tak kita sadari disampaikan melalui cerita, visual atau musik dalam film tersebut.

Music scoring adalah sebuah cara agar scene film menjadi lebih dramatis dengan teknik penempatan nada yang cocok, sehingga dapat memberikan nuansa dalam sebuah scene. Contohnya untuk sebuah scene romantis atau menyentuh dalam sebuah film digunakan minor dan untuk sebuah scene yang bahagia atau bersemangat, digunakan nada mayor.

Musik scoring sendiri dalam pengaplikasiannya tidak hanya untuk film, namun juga bisa untuk iklan televisi (TVC). Musik berperan penting dalam mendukung penyampaian pesan dari konten di dalam iklan tersebut. Dengan musik, pesan sebuah iklan dapat tersampaikan secara emosional kepada konsumen. Bandingkan sebuah iklan yang dilengkapi jingle musik didalamnya dengan sebuah iklan tanpa musik atau sound apapun. Efek yang akan di timbulkan adalah sebuah iklan yang terdapat audio atau musik akan lebih menarik perhatian dan diingat oleh konsumen dibandingkan dengan iklan tanpa audio atau musik didalamnya.

Unsur visual dan audio/musik dalam iklan TV saling mendukung dan bersinergi satu sama lain. Keduanya seakan terikat, karena pada dasarnya iklan itu sendiri tersusun oleh audio dan visual, audio berpengaruh besar untuk menguatkan visual yang telah tersajikan.

Jevin Julian

Jevin Julian

Jevin Julian adalah seorang composser musik, dosen, sekaligus beat boxer. Awal karirnya di dunia musik digital yang dimulai sejak tahun 2010 hingga kini sudah melahirkan berbagai macam jenis musik digital dan project individu maupun colaborasi. Beberapa project yang dia sudah kerjakan adalah Massive Control, featuring dengan beberapa artis musik digital, dll. Pada tahun 2012 dia menandatangani kontrak dengan The Future Conspiracy. Setelah itu Jevin mulai membuat musik score untuk produksi visual, film, iklan, re-arrangement.

Dalam proses pembuatan scoring, jevin dan teman-temanya menggunakan sebuah software studio yaitu Ableton Live 9. Namun sebelum menggunakan Ableton Live 9, Jevin menggunakan software FL Studio untuk menggarap scoring film.

Film "5 CM"

Film “5 CM”

Beberapa film Indonesia yang telah dia scoring bersama The Future Conspiracy adalah 5 CM, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan sekarang yang sedang berjalan film Supernova yang akan dirilis Bulan Desember 2014.

 

Sumber: Seminar MAX 2, 2014.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: