Home » Uncategorized » Upi Guava Bicara Tentang Ide Kreatif

Upi Guava Bicara Tentang Ide Kreatif

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Upie Guava adalah seorang sutradara Indonesia yang dikenal sebagai salah satu sutradara video musik papan atas di Indonesia. Sejak tahun 2002 di awal penyutradaraannya hingga sekarang sudah menghasilkan lebih dari 150 video musik di Indonesia, antara  lain: video musik D’masiv, Rossa, Nidji, D’Bagindas, sm*sh, Marcell Siahaan, slank, Indah Dewi Pertiwi, Ungu, Afgan, Vidi Aldiano, Letto dan lain lain. Dalam pekerjaannya sebagai sutradara dia dituntut untuk selalu membuat hal-hal yang baru dalam pekerjaannya dan  harus berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi dalam pekerjaanya tersebut baik dalam proses shooting maupun editing.

Upi Guava

Upi Guava

 

Dalam seminar Media Art Exhibition 2, Upie Guava menuturkan bahwa dalam membuat sebuah karya, kreativitas sangat diperlukan. Apakah arti kreatif itu sendiri? Menurut Upie Guava, seorang  sutradara  yang sudah menangani banyak projek video musik di Indonesia, kreatif adalah bagaimana kita keluar dari zona nyaman kita. Apakah itu zona nyaman ? Zona nyaman adalah dimana kita melakukan hal-hal  yang sudah biasa di lakukan sehingga kita sudah terbiasa dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita. Untuk menumbuhkan suatu kreatifitas kita harus dapat mencari hal-hal baru sehingga kita dapat menemukan sebuah tantangan dan mencari serta menemukan solusi dari tantangan tersebut.

Secara umum, kreatif itu adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru. Iklan yang dibalut dengan sebuah ide kreatif akan berpotensi mengubah anggapan, menambah nilai jual, dan secara langsung berdampak pada perkembangan citra produk.

Ide kreatif juga sangat diperlukan dalam bidang periklanan, Iklan yang baik adalah iklan yang mendapat perhatian khalayak ramai di tengah banyaknya iklan komersil maupun non komersil yang keluar dalam media cetak maupun media elektronik  dan  iklan tersebut  selalu diingat  oleh masyarakat yang melihatnya. Iklan yang inovatif memiliki daya tarik yang berasal dari ide yang menarik dan tentu saja yang relevan bagi konsumen.

Ada 6 tahap penting dalam mengembangkan ide kreatif :

  1. Pelajari ilmunya.
    Dimulai dengan pembelajaran dan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar ilmu yang ingin dipelajari dari berbagai sumber. Ini berguna untuk mengetahui apa yang benar dan apa yang salah , dan juga sebagai pedoman kita dalam membuat karya.
  2. Berlatih.
    Teruslah berlatih, mengulik, dan mempraktekkan apa yang sudah kalian pelajari. Semakin kita sering berlatih maka kita akan terbiasa dengan hal itu.
  3. Perbanyak referensi.
    Dalam membuat karya kita membutuhkan sebuah ide yang bagus agar berdampak pada output karya kita. Untuk itu perbanyaklah referensi misalnya seperti menonton film, membaca buku, dll.
  4. Relaksasi pikiran.
    Buatlah pikiran kita secerah dan setenang mungkin dan jangan jadikan sebagai beban. Karena jika pikiran kita tenang maka ide akan mudah didapat.
  5. Mematangkan ide.
    Jika ide sudah anda dapatkan, buatlah gambaran langkah-langkah dari projek anda, bisa disalurkan  kedalam sebuah storyboard, naskah. Pastikan pesan yang akan disampaikan juga tersampaikan didalam storyboard. Karena pesan diperlukan untuk membentuk perilaku, pandangan atau tindakan dari khalayaknya.
  6. Eksekusi.
    Tentu saja proses kreatif tidak selesai sampai di situ. Masih ada satu tahapan lagi yang sangat penting dan menentukan hasil akhir dari seluruh fase yang telah kita lewati. Dalam mengeksekusi sebuah ide kedalam karya biasanya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam situasi tersebut juga diperlukan bagaimana kreatifnya kita untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Sumber: Materi seminar Media Art Exhibition 2, 2014.


1 Comment

  1. Shandy Arie Hidayat says:

    Shandy Arie Hidayat
    @shandy_arie35

    Artikel ini sangat menarik bagi saya, sebagai mahasiswa jurusan Multimedia tentu saja ilmu yang ada dalam artikel ini sangat penting untuk mengembangkan potensi mahasiswa Multimedia untuk membuat suatu karya dengan pemikiran yang kreatif. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan untuk berkarya yang bagus tetapi minim dalam menemukan ide yang kreatif tentu saja juga sebaliknya.

    Sebagai mahasiswa yang ada dilingkungan kreatif yang sesuai dengan nama kampusnya : POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF, kreatif adalah salah satu kunci untuk mencapai suatu hal yang memiliki nilai lebih dari hal lainnya. Menciptakan mahasiswa yang kreatif akan menciptakan suatu individu yang memiliki kekuatan lebih didalam dirinya.

    Untuk menciptakan pemikiran yang kreatif kita harus berani keluar dari zona nyaman dan langsung eksekusi tanpa menunda-nunda waktu. Mencari referensi dan juga jam terbang yang banyak akan melatih kita untuk terbiasa berperilaku dan berpikir kreatif.

    Kebetulan saya juga ikut serta dalam kegiatan seminar ini dan penyampaian ilmu dari Upie Guava sangat bermanfaat bagi para audience yang hadir dalam pameran “Media Art Exhibition 2” tersebut. Dia sudah sangat berpengalaman dan juga memiliki banyak karya yang kreatif. Karena dia berani mencoba suatu hal diluar zona nyamannya dan juga giat berlatih maka tak heran dia sekarang menjadi orang yang sukses dibidangnya.

    Saya harap untuk artikel selanjutnya bisa memuat lebih banyak artikel yang lebih menarik lagi karena setiap postingan yang ada di halaman web ini sangat bemanfaat untuk semua orang.😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: