Home » Uncategorized » Bidang-Bidang Pekerjaan Dalam Perusahaan Periklanan

Bidang-Bidang Pekerjaan Dalam Perusahaan Periklanan

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Perusahaan periklanan (seringkali disebut sebagai “Biro Iklan”) adalah sebuah perusahaan yang membantu pengiklan (produsen) dalam menangani perumusan rencana periklanan (dan program promosi), membuat rancangan iklan, menyiapkan materi iklan hingga mengurus pemasangan iklan di media massa dan media periklanan lainnya.

Advertising Communication

Advertising Communication

Perusahaan periklanan membuat perencanaan, desain, materi dan pemasangan iklan berdasarkan perintah, informasi dan persetujuan dari pihak pengiklan (produsen).

Didalam perusahaan periklanan, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang merupakan fungsi dasar dari profesi periklanan, yaitu:

  1. Account Service / Account Management
    Bidang pekerjaan yang menangani urusan pemasaran jasa periklanan (dari perusahaan periklanan tersebut). Tugas utama bidang ini adalah mencari klien baru (perusahaan / pengiklan yang mau menggunakan jasa periklanan) dengan mengajukan penawaran atau ikut dalam tender/pitching pekerjaan periklanan.
  2. Bidang Kreatif
    Bidang pekerjaan yang menangani pembuatan rancangan / desain kreatif, dalam bentuk visual (gambar/foto) serta naskah (teks) iklan. Bidang ini juga bertanggung jawab dalam memberikan panduan / pengarahan pada saat gagasan kreatif yang diciptakannya akan diwujudkan / direalisasikan menjadi materi iklan.Bidang ini disebut juga sebagai “Bina Cipta” dan pekerjaannya dikenal sebagai copy writer (penulis naskah iklan) dan Visualizer (pembuat gambar / visual iklan.
  3. Bidang Media
    Bidang pekerjaan ini bertanggung jawab dalam penentuan media periklanan yang akan dipilih / digunakan untuk menyampaikan pesan iklan, menjadwalkan pemunculan / pemuatan iklan pada media yang dipilih, serta menghitung biaya yang diperlukan untuk menggunakan media tersebut. Bidang ini juga bertanggung jawab untuk mengurus pemasangan iklan pada media periklanan yang telah dipilih / ditentukan.Orang yang menangani pekerjaan di bidang media disebut sebagai Media Planner Perencana Media dan Media Buyer (Pembeli Media).
  4. Bidang Produksi / Eksekusi Iklan
    Bidang pekerjaan yang bertugas untuk merealisasikan gagasan kreatif ke dalam bentuk materi iklan. Bidang ini menangani pembuatan gambar, foto, merekam/membuat iklan radio, melakukan shooting/pembuatan film iklan untuk TV atau bioskop serta membuat iklan Billboard. Bidang produksi mengerjakan materi iklan berdasarkan gagasan/rancangan yang dibuat oleh Bidang Kreatif.
  5. Riset Pemasaran
    Bidang ini bertanggung jawab untuk mencari informasi mengenai kondisi pasar, persaingan, selera konsumen, tanggapan terhadap iklan yang telah ditayangkan, dsb, melalui penelitian terhadap masyarakat / konsumen. Hasil temuan penelitian akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan program promosi/periklanan.
  6. Konsultan Pemasaran
    Bidang ini memberikan jasa konsultasi / nasehat dalam bidang pemasaran, yaitu tentang bagaimana merancang produk, menentukan harga, mendesain kemasan, memilih wilayah distribusi, cara menghadapi persaingan, dsb.

 

Sumber: Duncan, Tom.(2005) Advertising & IMC, 2nd Ed., McGraw-Hill

 


13 Comments

  1. gerard says:

    saya kuliah di hukum, dan ingin bekerja di agensi. Saya tertarik untuk bekerja di bidang produksi shooting video/film, namun saya tidak bisa design grafis. apakah bisa?

    Like

  2. wah..ternyata Bidang kreatif memiliki peran yang lumayan besar sebagai salah satu penentu suatu projek ya pak.
    tanpa adanya gagasan dari Bidang Kreatif , suatu advertise mungkin tidak akan memulai jalannya proyek.

    .kania wu
    @tama_dango

    Like

  3. apakah kami dari mahasiswa DKV bisa bekerja di advertising? kalau bisa, bidang apa yang paling cocok untuk Sds ?

    Like

  4. Dunia advertising memang sangat membantu sebuah produk atau jasa yang saat ini kian ketat dalam persaingan, sebesar apapun jasa advertising di mata client menurut saya tidak menjanjikan untuk menembus persaingan yang terus menyempit, contoh nya di saat Account Service / Account Management telah mendapatkan client dan telah bekerja dengan baik tapi sesudah itu, bidang kreatif malah tidak menjalankan tugas nya dengan baik maka niscaya sebuah perusaan akan tidak seimbang.

    @yusufprasetyo15

    Like

  5. ratna wulans says:

    Menurut saya usaha advertising dapat dimulai dengan berjualan produk advertising yang kecil – kecil seperti stiker, pin, atau mug. Dengan modal yang tidak begitu besar, usaha ini dapat terus berjalan. Dengan cara/teknik pre-order penjual/pengusaha tidak mengeluarkan uang yang besar utk memproduksi karena sebelum dicetak, calon pembeli diberikan sampel desain terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mengurangi kerugian. Dengan berbagai produk yang bisa dibuat, maka adverstising mampu memberikan pilihan bagi marketing untuk masuk ke dalam pasar. Contoh produk advertising adalah sticker, pin, poster, flyer, spanduk, x-banner, roll banner, one way vision, blocknote. Demikian pendapat dari saya. Terima kasih🙂

    Ratna Wulan Sari
    Twitter : @ratnaembemm
    E-mail : nanawulans@gmail.com

    Like

  6. menurut saya, selain untuk menggagas ide-ide dan inovasi baru yang lebih fresh, bidang kreatif dalam periklanan juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk memilih produknya. karena dengan visual dan tampilan yang bagus, konsumen akan lebih interest dengan produk yang dijual, lalu kemudian konsumen mencari informasi tentang manfaat produk tersebut. bidang public relation juga berperan penting dalam pemasaran dan periklanan suatu produk, dimana PR harus menggunakan strategi marketing dan pendekatan kepada masyarakat secara langsung, sehingga masyarakat lebih yakin dengan produk yang di promosikan. bidang media pada tugasnya, harus menggunakan strategi untuk mengiklankan produk, misalnya pada iklan dimedia cetak (majalah), visualisasi iklan harus berada pada halaman awal dan menggunakan 2 halaman kanan kiri, agar lebih terlihat pembaca. sebaiknya, media majalah yang dipilih, memiliki segmentasi pembaca yang sesuai dengan segmentasi target audience produk.

    nama: Ajeng Larasati
    @larasajengg

    Like

  7. abdurroziq says:

    selamat sore bapak sebelumnya saya minta maaf ingin menambahkan sedikit apa yang saya ketahui yaitu :

    Public relations (pr)merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat.pr juga bertanggung jawab company imae (menjagadan meningkatkan image perusahaan di tenggah masyarakat)

    abdur roziq
    @abdurroziq93

    terimakasih

    Like

  8. Menurut saya Dari bacaan di atas memberikan informasi dan pengetahuan untuk saya tentang dunia advertising ..sebuah gambaran tentang betapa pentingnya seseorang yg menekuni profesi di bidang industri kreatif dalam perencanaan sebuah alat promosi dari produsen kepada konsumen yg di kemas ke dalam media massa (cetak/digital) secara menarik …

    Mochammad Rifqi P

    Like

  9. nico says:

    Ternyata dibidang advertising itu ada beberapa bagian divisi yang belum saya ketahui sebelumnya..
    Terimakasih atas infonya, info ini sangat bermanfaat untuk saya dalam mengetahui bidang2 advertising.

    Like

  10. Ada juga peran utama sebuah biro iklan adalah untuk merancang dan melakukan advertising campaign kampanye periklanan bagi klien. Dan dalam bidang biro iklan juga masih banyak berperan seperti menjadi biro kreatif yaitu Biro iklan khusus yang menyediakan jasa pembuatan cerak-dasar (copy-platform), termasuk tema-temanya,ada juga sebagai pengembangan sebuah produk yaitu Biro yang mengambil alih peran departemen kreatif suatu perusahaan dengan mengerjakan semua urutan pengembangan produk dan cara pemasarannya—mulai dari gagasan awal hingga pembuatan prototype, lengkap dengan kemasan, merek, harga, serta pangsa pasar yang akan dibidik.

    Pembagian kerja di biro iklan juga ada Account Director,Account Executive,Media Planner,Media Buyer,Copywriter,Art Director,Visualizer/IllustratorIa ini adalah seniman yang mampu menerjemahkan gagasan copywriter ke dalam visual.
    Cukup sekian yang saya ketahui tentang peran biro iklan

    Devky Setiadi Putra
    @devkysetiadi

    Like

    • Anwar Fahmi says:

      Sangat bermanfaat, salah satu pr agency Jakarta adalah Sintesis Indonesia, yang merupakan Badan PR independen di Jakarta. Kami menyediakan komunikasi pemasaran dan konsultasi untuk membantu klien Menggunakan media massa untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan klien secara efektif. Dengan memilih platform media yang berbeda untuk mencapai beberapa tujuan, kami memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan pada waktu yang tepat.
      http://synthesisindonesia.co.id/about/

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: