Home » Kepemimpinan (Leadership) » Warna Mempengaruhi Keputusan Membeli

Warna Mempengaruhi Keputusan Membeli

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Untuk para pedagang, kegiatan menjual produk adalah salah satu seni dalam meyakinkan orang lain. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi apa dan bagaimana konsumen akan membeli produk. Faktor terbesar adalah pada desain visual, dan yang utama adalah pemilihan warna yang digunakan pada desain produk/jasa tersebut.

Desain Warna

Desain Warna

Ketika kita akan menjual produk, disarankan untuk memperhatikan warna yg digunakan pada desain packaging produk tersebut. Penelitian mengungkapkan bahwa faktor berikut berperan dalam keputusan membeli konsumen :

  1. Faktor aroma produk memegang peran 1%.
  2. Faktor tekstur produk memegang peran 6%.
  3. Faktor desain packaging produk memegang peran 93%.

Sekitar 85% konsumen lebih melihat warna pada desain packaging sebagai alasan mereka membeli produk. Terlepas dari kebutuhan mendesak dari fungsi produk tersebut.

Warna yang sesuai, memegang peranan 80% untuk dapat meningkatkan pengenalan sebuah brand dan itu langsung memberikan efek kepercayaan konsumen pada brand tersebut. Contoh penerapan pemilihan warna adalah sebagai berikut:

Merah Bata

Merah Bata

Hitam

Hitam

Biru Laut

Biru Laut

Warna-warna tersebut diatas sering digunakan pada pemasaran produk Fast Food, Gerai-gerai di Mall dan penjualan dalam jumlah besar (cuci gudang).

Warna bukan satu-satunya faktor penentu keputusan membeli konsumen. Untuk para penyuka belanja online (online shoppers), faktor desain, kalimat promosi dan kenyamanan yang ditawarkan brand sangat menentukan keputusan membeli mereka.

 

Sumber: “The Effects Of Store Environment On Shopping Behaviors: A Critical Review” by Shun Yin Lam


9 Comments

  1. Saya setuju dengan artikel tentang warna mempengaruhi keputusan pembeli, menurut saya salah satu keputusan yang mempengaruhi keputusan pembeli adalah warna, sebenarnya ada faktor lain yang mempengruhi keputusan pembeli, yaitu harga, ukuran, dan kemasan. Warna dari design atau design dari packaging sebuah produk sangatlah penting untuk menarik perhatian konsumen dan dinilai mudah dan akurat oleh konsumen. Zaman sekarang para produser produk berlomba-lomba untuk memdesign packagingnya. Bahkan ada yang membuka perlombaan design packaging bagi masyarakat untuk mendesign kemasan dan menjadi packaging dari produk tersebut. Banyak perusahaan asing yang memakai warna merah, orange, hitam, biru sebagai produk mereka, sebut saja kfc, pizza hut, hokben dll. Warna merah, orange, hitam, biru menarik bagi impulse buyer, atau pembelian yang tidak terencana.

    Nurmala
    @nurmalayoshioka

    Like

  2. Fungsi warna bisa menjadi kesatuan simbol dan ciri khas yang sama.

    Contoh kasusnya adalah antara produk Mie Instan “Mie Sedap” yang memiliki warna kemasan yang sama dengan “Indomie” antara lain kemasan Mie Goreng dengan warna Putih dan kemasan Mie Soto dengan warna Hijau yang mengisyaratkan bahwa produk Mie yang terkenal di pasaran seperti Mie goreng dan Mie Soto memiliki simbol warna tertentu untuk menarik penjualan dan mudah dikenal di masyarakat. Hal ini terjadi dalam produk Coca Cola Zero dengan Pepsi Max yang memproduksi minuman Soda Tanpa gula yang memiliki kemasan berwarna Hitam.

    Selain mempengaruhi keputusan pembeli Warna juga bisa menjadi simbol dan ciri khas dari suatu produk.

    Fahrizal Hanafi.
    @fahrizalhanafi

    Like

  3. rezazairin says:

    Saya setuju, menurut saya kita dapat terlepas dari warna. Karena hampir setiap saat kita melihat warna dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi. Saat ini juga produk sudah sangat banyak seakan perkembangan jaman, hampir semua produk sudah menggunakan kemasan yang saling berlomba satu sama lain untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya. Warna menjadi sangat penting dalam dunia desain, bagi masyarakat yang tidak dalam lingkup desain mungkin mengganggap warna tidak begitu begitu penting. Namun mereka tidak sadar bahwa warna mempengaruhi psikologi mereka secara tidak langsung. Seperti artikel diatas yang bapak tulis, warna bukan hanya faktor yang menentukan keputusan pembeli. Semua unsur desain adalah hal yang penting dalam penentuan dalam membuat kemasan atau produk yang efektif dan banyak menarik konsumen.

    Mohon maaf jika ada kata kata yang tidak berkenan, terima kasih
    Reza zairin saputra

    Like

  4. rezazairin says:

    Saya setuju, menurut saya kita dapat terlepas dari warna. Karena hampir setiap saat kita melihat warna dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi. Saat ini juga produk sudah sangat banyak seakan perkembangan jaman, hampir semua produk sudah menggunakan kemasan yang saling berlomba satu sama lain untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya. Warna menjadi sangat penting dalam dunia desain, bagi masyarakat yang tidak dalam lingkup desain mungkin mengganggap warna tidak begitu begitu penting. Namun mereka tidak sadar bahwa warna mempengaruhi psikologi mereka secara tidak langsung. Seperti artikel diatas yang bapak tulis, warna bukan hanya faktor yang menentukan keputusan pembeli. Semua unsur desain adalah hal yang penting dalam penentuan dalam membuat kemasan atau produk yang efektif dan banyak menarik konsumen.

    Mohon maaf jika ada kata kata yang tidak berkenan, terima kasih
    Reza zairin saputra

    Like

  5. Menurut saya kenapa konsumen hanya melihat dari warna packagingnya aja, kenapa tidak melihat fungsi kegunaan warna sama fungsi produknya?

    Like

  6. yup sangat setuju sekali dengan penulis , menurut saya warna yang tertanam pada produk sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut , tidak bisa dipungkiri misalnya seperti warna merah yang tertanam pada produk makanan , secara psikologis warna merah yang tertanam pada produk makanan dapat lebih menggugah selera , dan secara tidak sadar konsumen dapat terpengaruh oleh produk tersebut , contoh lainnya seperti terdapatnya warna – warna cerah dan beragam pada produk mainan anak , secara tidak sadar warna tersebut pun mempengaruhi anak untuk ingin memiliki produk tersebut .

    Like

  7. Izzah Nurul Adhasari says:

    Saya sangat setuju dengan artikel ini bahwa warna mempengaruhi keputusan membeli. Contoh simplenya saja pada penjualan makanan/minuman. Jika diperhatikan, ada satu kesamaan dari restaurant-restaurant cepat saji seperti McD, KFC, Hokben, Gokana ataupun Pizza hut yang sama-sama menggunakan warna cerah seperti merah pada logo, packaging atau gerai itu sendiri. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa warna merah nyatanya memicu orang-orang yang melihatnya merasa lapar. Oleh karena itu banyak restaurant cepat saji yang memanfaatkan warna-warna tertentu untuk menarik minta pelanggan. Disadari/tidak, terkadang kita lebih mengutamakan tampilan desain, warna, atau packaging sebuah produk yang akan kita beli ketimbang memperhatikan kualitasnya terlebih dahulu.

    Izzah N. Adhasari – @izzadhasari

    Like

  8. Benar pak. sekarang banyak konsumen yang meminta warna sendiri dari desain yang kita jual ke mereka. mungkin itu keinginan mereka atau juga bisa membantu kita agar mengoreksi warna yang tepat ke desain kita tersebut agar lebih bagus atau cerah dimata mereka . terimakasih

    Like

  9. Sedikit menambahkan article diatas ,selain itu juga warna dapat mempengaruhi mood pelanggan ,warna biru terang cocok menarik minat pembeli yang impulsif.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: