Home » Uncategorized » Israel, Gaza dan Informasi Multimedia

Israel, Gaza dan Informasi Multimedia

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Sudah beberapa minggu terakhir ini kita disuguhi oleh berbagai macam berita mengenai Israel dan Gaza. Berbagai saluran informasi yang ada, menyiarkan berita tentang aksi Israel terhadap penduduk sipil di Jalur Gaza. Saluran TV tercatat yang paling intens menyiarkan aksi Israel tersebut. Bahkan salah satu situs berbagi video juga digunakan untuk menyiarkan dokumentasi aksi tersebut. Tidak ketinggalan juga media sosial turut memperbanyak berita tersebut. Bahkan terdapat salah satu akun media sosial milik salah satu penduduk Palestina yang khusus melaporkan secara detil serangan bom pasukan Israel terhadap penduduk sipil Palestina, lengkap dengan gambar secara real time.

Dampak serangan Israel

Dampak serangan Israel

Sebagai masyarakat yang diberi hati nurani, kita juga sangat menghargai beberapa elemen masyarakat Indonesia yang tergugah untuk membantu rakyat Palestina dengan cara mengadakan sebuah konser musik amal. Belum terhitung donasi-donasi masyarakat melalui berbagai badan sosial kemanusiaan yang akan mengirimkan bantuan kepada rakyat Palestina. Bahkan lembaga kemanusiaan internasional pun membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk membantu rakyat Palestina. Selain masyarakat dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, PBB pun sudah banyak membantu melalui jalur diplomatik dan mengirimkan bantuannya kepada rakyat Palestina.

Di sisi lain, kita merasakan ada sesuatu yang penting terkait dengan agresi Israel kepada rakyat Palestina. Mengapa tidak ada negara-negara di dunia ini yang mampu meredam kejahatan Israel ini? Seolah-olah bangsa Israel mempunyai “kekuatan” yang luar biasa. Coba bandingkan dengan tindakan negara Amerika Serikat yang mampu memaksa PBB melakukan embargo ekonomi terhadap beberapa negara yang diidentifikasi tidak bisa diajak “bekerja sama” dengan masyarakat Internasional. Uni Eropa yang mampu memberi sanksi ekonomi kepada negara anggota UE yang “bandel”. Rusia yang mampu mengintervensi negara-negara pecahan Uni Sovyet yang membangkang terhadap “perintah” Kremlin.

Jika kita runut melalui pendekatan agama, Bangsa Israel (Bani Israel) memang adalah bangsa yang istimewa. Mereka dikenal juga dengan nama Bangsa Yahudi. Di lihat dari perspektif agama, mereka memang istimewa. Tuhan telah menetapkan itu. Bahkan seluruh Nabi adalah keturunan Yahudi, kecuali Nabi Muhammad saw. Kita tidak pernah tahu mengapa ini bisa terjadi. Karena keistimewaan itulah, keturunan Yahudi sangat “unggul” di banyak bidang dibandingkan dengan keturunan bangsa lainnya. Tetapi apakah dengan keistimewaan tersebut Israel dapat berbuat semena-mena kepada negara lain? Seharusnya tidak, karena Tuhan selalu menyukai kedamaian manusia.

Marilah kita ambil sisi positif dari peristiwa tersebut. Masyarakat internasional dapat mengetahui informasi tentang kejadian-kejadian di belahan dunia lain secara real time dan bersifat multimedia. Kita mungkin dapat membayangkan pada masa lalu dimana perkembangan teknologi informasi belum sebaik sekarang. Ketika informasi hanya berbentuk kertas yang dikirim via pos dan komunikasi hanya melalui telepon kabel. Sulit mengharapkan respon masyarakat internasional sebesar saat ini. Multimedia membantu meningkatkan perasaan empati dan simpati antar sesama manusia yang jauh lokasinya. Itu pasti.

 

@iMultimedia


2 Comments

  1. sampai saat ini saya tidak pernah tau kenapa israel terus mengerahkan armadanya utk menyerang palestina, padahal jelas itu negara muslim, namun juga tidak negara muslim lain yang bergeming melihat palestina di bombardir seperti itu. ada apakah gerangan? mengapa tidak ada negara besar lainnya yang bergerak setelah melihat kesedihan dan tangis dari warga palestine?

    Like

  2. yang menjadi tanda tanya besar adalah kejadian ini terus berulang, Tindakan israel yang semena mena terhadap palestina seperti tak akan pernah berhenti. bahkan tidak ada yang berani menghentikan.

    kenapa ? < kata tanya itulah yang selalu muncul. apakah yang menjadikan negara itu terus menerus melakukan aksi yang tidak manusiawi itu tetap terjadi ?

    tidak adakah sangsi yang diberikan oleh PBB kepada negara tersebut ??
    merenggut nyawa nyawa manusia bukanlah hal yang sepele.
    bukankah dulu , peristiwa holokaus sering di gembar gemborkan oleh bangsa israel ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: