Home » Uncategorized » Ini Tahapan Proses Kerja Kreatif di Biro Iklan

Ini Tahapan Proses Kerja Kreatif di Biro Iklan

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Let's advertise!

Let’s advertise!

Siapapun yang merasa punya kemampuan imajinasi yang bagus dan cukup kreatif mungkin mempunyai keinginan bekerja di industri kreatif, seperti di biro iklan. Tetapi sebelum itu, ada baiknya saya informasikan tahap – tahap proses kerja kreatif pada biro iklan untuk menambah wawasan kita. Tahap – tahap tersebut sebagai berikut :

  1. AE (Account executive) menerima tugas / advertising brief dari klien yg berisi berbagai macam informasi tentang produk dan pasar.
  2. Mengadakan perjanjian batas waktu pembuatan iklan antara creative director dengan klien.
  3. AE (Account executive) yg bertanggung jawab mulai menyiapkan sebuah brief yang lengkap sebagai panduan atau informasi penting bagi tim kreatif.

    Biasanya brief ini disebut “Blue Print” yg berisi informasi antara lain target market, masalah pokok, yg harus dihadapi, gagasan menjual utama, keterangan penunjang, rumusan strategi kreatif, sasaran atau tujuan iklan dan komunikasi.

  4. Kepala tim kreatif yang menangani produk tersebut mulai menetapkan tugas atau pekerjaan pada masing-masing anggota tim kreatif. Copywriter dan Art Director mulai bekerja. Mereka menyusun kata untuk digunakan sebagai naskah dan juga mulai membuat gambar-gambar (print ad, storyboard, naskah TVC, radio, dll).
  5. Setelah layout kasar telah jadi dan semua siap untuk dipromosikan. Tim kreatif berdiskusi tentang apa saja yg masih kurang. Pada saat itu kepala tim kreatif memberikan saran, menerima, bahkan menolak. Setelah dianggap cukup baik, barulah dberikan kepada tim AE (Account executive).
  6. Jika kinerja kerja mereka telah selesai, maka AE akan membawanya ke klien untuk dipresentasikan. Jika klien menolaknya, seperti yang sering terjadi, tim kreatif akan berfikir kembali sesegera mungkin dengan rekomendasi yang baru sampai akhirnya didapat kesepakatan.

Sekarang apa saja yg telah dibuat pada tahap layout bisa menjadi kenyataan. Art director menyiapkan tampilan iklan, ilustrasi, fotografi, dan semua materi iklan.

 

Sumber: Materi Perkuliahan Jurusan Advertising.


2 Comments

  1. Menurut saya post ini sangat informatif. Hanya ada satu hal yang ingin saya tanyakan. Dalam konteks tahap evaluasi, apa saja cara untuk mengukur efektivitas sebuah iklan?

    Like

    • Faris Hazbi says:

      Iklan yang efektif adalah iklan yang reachnya luas dan pesannya dapat dipahami oleh audiens. Untuk mengukurnya bisa dilakukan research tentang awareness masyarakat dan persepsi terhadap sebuah iklan. Semakin tinggi awarenessnya tentu semakin bagus dan juga bisa dilihat dari sales, meskipun iklan bukan tumpuan utama untuk menaikkan sales namun dengan tingginya angka penjualan maka iklan tersebut dapat dikatakan efektif atau berhasil.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: