Berikut ini adalah petikan salah satu wawancara dari salah satu komunitas desain logo dengan Tom Geismar, perancang logo Xerox, Mobil, Chase, PBS, National Geographic, dan lain-lainnya.
Apakah Anda pikir merancang logo telah memasuki bidang pemasaran?
Apakah kita telah jauh dari kesederhanaan? Apakah kita berpikir terlalu banyak? Apakah kami menerima analisis pemasaran sebagai kata terakhir. Dari sebuah sudut pandang desain logo, entitas yang jelas tujuan dan keinginannya akan membuat pekerjaan mendesain logo jauh lebih mudah.
Berapa besar peran “tidak membuat sketsa di atas kertas”dalam proses desain?
Bagi saya, membuat sketsa di atas kertas masih memainkan peran kunci dalam desain.Saya melihat di awal tahap desain, ini adalah cara untuk mencoba ide dengan banyak variasinya.Membuat sketsa juga memungkinkan saya untuk menunjukkan beberapa bentuk, terutama kurva, yang sulit dan rumit jika digambar dengan komputer.Membuat sketsa memungkinkan saya untuk memberitahu ide atau konsep, sementara menggambar dengan komputer untuk menajamkanobjek.Tentu saja, penggunaan komputer sangat bagus untuk belajar variasi warna, bentuk, dll.
Pendekatan Anda untuk desain telah berubah selama bertahun-tahun, mengapa?
Kami benar-benar melihat desain grafis, dan terutama desain logo, sebagai sebuah proses yang tidak berbeda seperti yang digunakan dalam disiplin ilmu lain terkait seperti arsitektur dan teknik pemecahan masalah. Tugas awalnyaadalah untuk memahami dan menentukan apa masalahnya, dan apa yang harus menjadi tujuan. Dengan latar belakang itu dalam pikiran, kami berusaha untuk datang dengan desain solusinya, menggunakan imajinasi dan unsur artistik untuk menciptakan sesuatu yang mudah diingat dan bermakna. Dalam pengertian itu, pendekatan kami tidak berubah sama sekali. Cara kami merancang logo untuk Armani Exchange dan Library of Congress 2008, pada dasarnya sama seperti cara kami merancang logo untuk Mobil pada tahun 1960-an.
Ketika membuat sebuah logo, apa yang mempengaruhi keputusan Anda untuk menggunakan kata, abjad, gambaratausimbol?
Keputusan tentang cara pendekatan desain logo sangat ditentukan oleh bagaimana kita mendefinisikan data-data yang terlibat, seperti nama, jenis organisasi, bagaimana nama yang akan digunakan, dll. Misalnya, jika Anda memiliki klien dengan nama pendek danunik, mungkin penggunaan kata akan menjadi pendekatan terbaik. Pada tahun 2005 kami mengambil pendekatan ini dengan Hearst Corporation, yang memiliki sejumlah divisi operasi yang diminta menggunakan nama Hearst diikuti oleh kata deskriptif, seperti Hearst majalah, dll. Jadi, kami mengembangkan katayang unik untuk Hearst, dan jenis gaya kontras untuk keterangan generik yang diikuti.
Bisakah Anda berbagi beberapa saran tentang cara menjual ide kepada klien?
Logo sebenarnya adalah hal yang lucu. Pada awalnya, logo adalah desain yang hanya adadiatas kertas. Akhirnya logo digunakan untuk mewujudkan semua kualitas organisasi yang diwakilinya, dan kebanyakan orang tidak dapat memisahkan design logo tersebut dari berbagai pendapat tentang organisasi mereka. Tugas sulit desainer adalahmembantu klien melihat bagaimana logo dapat diperhitungkan oleh masyarakat, bagaimana logo akan bekerja untuk mereka, bukan hanya apakah masyarakatmenyukai desainnya. Kita mendapat pelajaran ini pada awal ketika kami pertama kali menyajikan simbol Chase untuk direktursebuah bank. Direktur bank tersebut mengatakan dia sangat mengikutisaran dan pendapat yang baik dari pihak lain, walau secara pribadi dia tidak suka saran itu. Kami tidak beruntung karenadia rupanya tidak terlalu menyukai desain logo kami. Dia tidak mau melihatnya di nya kartu nama bisnisnya, atau di mana saja di kantornya. Enam bulan kemudian kami mendatangi dia di bank. Dia memakai pin dengan sebuah simbol di kerah kemejanya dan sebuah penjepit dasi dengan sebuah simbol. Dia mengatakan bahwa simbol tersebut bukan cuma desain biasa, tetapi itu adalah representasi dari organisasinya.
Anda telah menyelesaikan pekerjaan desain logo untuk Mobil dan PBS (Public Broadcasting Service), dua perusahaan yang berlawanan dari sisi politik. Apakah Anda hanya mendesain logountuk perusahaan yang berpengaruh di masyarakat? Bagaimana Anda bekerja dengan sebuah perusahaan yang Anda tidak setuju dengan filosofis atau etikanya?
Anda harus bekerja untuk orang-orang yang Anda hormati. Selama bertahun-tahun kami telah menolak untuk bekerja pada berbagai proyek desain yang kamitidak merasa nyaman. Tapi masalah sebenarnya cukup kompleks. Sebagai contoh, mungkin Mobil dan PBS mungkin berlawanan dari sisi politik, tapi selama bertahun-tahun kami bekerja untuk Mobil (sebelum diakuisisi oleh EXXON), itu perusahaan minyak yang sangat besar dan berpengaruh, secara eksplisit mereka menyatakan akan membela desain yang baik serta membuat iklan yang membela kepentingan umum.Pada kenyataannya Mobil adalah salah satu penyumbang utama PBS, bersama dengan berbagai lembaga seni dan budaya. Singkatnya, kami dihormati Mobil dan orang-orang, walaupun kita tidak selalu setuju dengan kebijakan mereka.
Karya desain logo yang lain dari Tom Geismar :
Dari berbagai sumber.
saya suka dengan postingan bapak yang ini sangat menarik sekali bagi para disainer yang suka membuat sebuah logo dan sangat bagus untuk menginspirasikan bagi para mahasiswa suka membuat desain-desain logo..good ..
LikeLike
saya suka tentang penjelasan logo ini. saya pun masih sulit jika harus membuat logo. karena logo tidak hanya memperkenalkan sebuah gambar saja namun logo ini harus memberikan informasi tentang isi, maksud, makna dan tujuan. yang saya pelajari dari jurusan yang saya ambil fokus di desain komunikasi visual. punya banyak tahap-tahap sebelum membuat logo seperti mencari informasinya, menganalisa sampai ke tahap final. yang saya pelajari dari artikel ini adalah bagaimana kita memperkenalkan logo agar masyarakat tahu dan memperhitungkan tentang isi informasi dan tujuan. bukan melainkan karena logo tersebut lucu dan unik. sebab banyak di sekililing yang bisa kita lihat logo-logo sederhana namun tetap bisa diingat oleh masyarakat, itulah tujuannya.
LikeLike
Karena sebuah logo itu sangat penting dimata client. apalagi kalo membuat logo untuk perusahaan pak. pasti para client perusahaan tersebut meminta kita merancang desain logo dengan kriteria yang dia mau , harus rapih dan sangat teliti
LikeLike