Home » Uncategorized » Mengintip Karya Visual Art

Mengintip Karya Visual Art

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Salah satu unsur pendukung performa sebuah pertunjukan musik off air yang banyak dihadiri oleh penonton selain tata panggung yang keren, adalah unsur multimedia sebagai pendukungnya, dalam hal ini adalah visual art di layar belakang. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah pertunjukan musik tanpa pendukung multimedia (visual dalam bentuk loop pack) akan terasa kurang “menggigit” penonton, diluar performa pemusiknya itu sendiri.

Tata Panggung menggunakan Visual Art

Tata Panggung menggunakan Visual Art

 

Untuk merancang loop pack yang menarik atau visual pendukung lagu & tema konser tersebut, diperlukan pengetahuan yang baik terhadap seni visual itu sendiri & teknik pembuatannya. Hal ini mutlak diperlukan sebab dalam sebuah konser musik dengan tema yang sudah ditentukan, perancang loop pack sebagai multimedia pendukung harus bisa menentukan visual apa yang sesuai dengan tema & lagu. Selain itu juga animasi apa yang sesuai & kecepatan pergerakan visual yang selaras. Semakin tinggi jam terbang perancangnya, semakin baik visual multimedia yang dirancangnya. Nah, perancang visual ini sering disebut sebagai Visual Jockey (VJ).

Tata Panggung menggunakan Visual Art

Tata Panggung menggunakan Visual Art

 

Secara explisit pengertian VJ berbeda dengan DJ. Seorang VJ harus bisa merancang visual pendukung sebuah acara. Media yang digunakan umumnya sebuah layar berukuran besar yang terletak di sebuah panggung. Adanya layar ini selain menampilkan visual multimedia yang menarik juga terkadang menampilkan visual performa pemusiknya. Jika Anda pernah menyaksikan sebuah konser musik baik outdoor maupun indoor, kemungkinan Anda pernah melihat visual multimedia berupa loop pack ini.

Tata Panggung menggunakan Visual Art

Tata Panggung menggunakan Visual Art

 

Umumnya perancangan loop pack ini menggunakan sebuah aplikasi komputer tertentu tetapi ada juga VJ-VJ Indonesia yang menggunakan aplikasi Adobe Premiere & Adobe After Effect untuk merancangnya. Tentu harus ditunjang oleh kemampuan art & estetika yang baik.

 

Dari berbagai sumber.


2 Comments

  1. Setelah membaca artikel tentang Mengintip Karya Visual Art,saya baru tahu betapa pentingnya peranan Visual Jockey.
    Dan ternyata dibalik menarik,dan wahHhHnya acara2 konser music,out door maupun tidak yang sering kita tonton,ternyata disana ada orang2 super kreatif dan bin ajaib hhe..Dan ga kebayang deh klo acara konser music ga ada pendukung macam visual yang seperti ini..pasti hambar ga karuan ya..hhuuhu.Dan ga kebayang juga perlatan2nya..hadeh pasti ribet bgt ya hhe..
    Indra Maulana

    Like

  2. Fikri Abdul Azis says:

    Artikel di atas sangat bagus dan dapat di jadikan referensi untuk mahasiswa/i lulusan Desain Komunikasi Visual atau pun Desain Multimedia yang masih bingung untuk mencari bidang pekerjaan yang cocok untuk mereka. Saya sendiri sebagai mahasiswa Desain Multimedia sangat tertarik dengan bidang pekerjaan yang satu ini. Selain karena saya sangat suka visual effect, saya juga merasa tertantang untuk mempelajari alat VJ (Visual jockey) setelah membaca artikel di atas. Ada beberapa istilah yang saya pelajari dari artikel ini untuk menjadi seorang VJ (Visual jockey) sehingga saya dapat menambah wawasan dalam bidang pekerjaan ini

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: