Home » Uncategorized » Riset Dulu Sebelum Merancang Iklan

Riset Dulu Sebelum Merancang Iklan

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Pada umumnya di kalangan dunia periklanan, terdapat 3 tahap riset yang harus dilakukan sebelum merancang sebuah iklan. Tahapan ini wajib dilakukan agar tujuan iklan dapat tercapai.

 

Riset Iklan

Riset Iklan

 

Tahapan riset iklan tersebut adalah :

1. Menetapkan Target Audiens.

Menentukan siapa yang akan kita ajak berkomunikasi dan prospek mereka terhadap produk yang akan kita komunikasikan harus ditentukan. Iklan pada dasarnya adalah komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat sehingga penting untuk menentukan target audiens. Beberapa kriteria yang umum digunakan meliputi audiens berdasarkan demografi, psikografi, geografi, kepentingan dan komunitas.

2. Menganalisa Produk/Jasa.

Semaksimal mungkin kita harus mencoba produk/jasa yang akan kita rancang iklannya. Carilah sebanyak mungkin referensi produk/jasa tersebut. Termasuk kandungan produk/keunggulan jasa tersebut. Hal ini wajib dilakukan agar kita mendapatkan “chemistry” dengan produk/jasa tersebut. Pada akhirnya kita akan mempunyai banyak pengalaman serta memunculkan ide keunggulan dari produk/jasa tersebut dibanding kompetitor.

3. Menentukan Sasaran Iklan.

Jika iklan ini akan menjadi bagian dari sebuah kampanye periklanan atau rencana pemasaran, carilah posisi/peran iklan ini didalamnya. Apakah diposisikan sebagai media iklan utama atau sebagai supporting dari media/event lain yang lebih utama dalam kampanye tersebut. Apakah iklan ini hanya ditujukan sebagai alat untuk menaikkan brand awareness saja atau sebagai media iklan untuk penjualan langsung.

 

Dari berbagai sumber.

 

 


4 Comments

  1. ratu rika alia (@rikaalia) says:

    Dalam melalukan riset sebelum merancang iklan, kita juga perlu memperhatikan strata sosial masyarakat, apakah iklan tersebut diinformasikan untuk masyarakat dengan kelas sosial menengah ke bawah atau kelas sosial menengah ke atas, hal tersebut tujuannya adalah agar pesan yang kita sampaikan melalui iklan dapat dipahami dengan baik oleh target audiens

    Like

  2. meriset sebelum merancang iklan itu amat sangat di butuhkan, dimana kita harus mengetahui apa yang akan kita iklankan, dan kepada siapa mangsa pasar kita. di amati itu wwajib agar target market kita tepat sasaran kepada yang kita tuju, jangan sampai kita menjual produk untuk kalangan A tetapi kita menggunakan atau memasang iklan yg norak, itu malah membuat produk kita jatuh. di indonesia untuk urusan periklana kita harus benar benar teliti, agar tidak terjadi kesenjangan antara RAS,AGAMA,dan BUDAYA.

    Like

  3. Selain mencoba produk/jasa yang akan kita iklankan ada baiknya juga kita mencoba produk/jasa dari kompetitor sehingga perbandingan Strength & Weakness dari brand kita dan kompetitor terlihat jelas. Ketika semua sudah jelas baru kelebihan dari produk/jasa yang akan kita iklankan dapat kita informasikan kepada audiens melalui iklan itu. Selain itu juga kita sebaiknya meriset iklan dari kompetitor, sehingga jika kita dapat menemukan celah dari iklan tersebut, kita bisa menggunakannya pada iklan kita sehingga iklan dari brand yang kita tangani dapat lebih terlihat atau lebih diingat oleh target audience.

    Like

  4. Artikel tersebut mengingatkan bahwa Riset sebelum merancang iklan adalah hal terpenting yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya tujuan iklan tersebut tercapai.

    tertulis dalam artikel tersebut, yang pertama adalah menetapkan terget audience. jelas ini adalah hal yang paling utama untuk di riset. karena jika kita salah menentukannya, pesan yang kita ingin komunikasikan dalam iklan tersebut, tidak akan sampai dalam benak konsumen. terutama dalam penggunaan dan pemilihan bahasa dan kata-kata. dampaknya, iklan kita hanya dilihat, diabaikan, dan pesannya tidak sampai kpada konsumen yang dituju.

    yang kedua adalah menganalisa produk/jasa, benar sekali bahwa kita harus memiliki experience kepada produk/jasa yang akan kita iklankan. karena hal ini akan mempermudah kita untuk sharing secara tidak langung kepada konsumen melalui iklan yang akan kita buat.

    yang terakhir, menentukan sasaran iklan merupakan tahap yang tidak kalah pentingnya. tidak mungkin jika kita membuat iklan, tapi malah tidak tepat sasaran apa yang kita inginkan. hal ini malah akan membuat pengguna jasa kita kecewa jika produknya tidak sampai kepada benak konsumen dengan baik.

    apalagi di Indonesia. yang konsumennya sangat beragam jenisnya, kelasnya, dan sifat nya. salah-salah kita beriklan, malah akan menjadi boomerang yang dapat menghancurkan kita sendiri. terlebih lagi masyarakat Indonesia sekarang banyak yang kritis sekali terhadap iklan. maka dari itu, buatlah iklan yang berkualitas, dengan pesan yang sampai kepada benak konsumen, namun masih memperhatikan hal-hal budaya pada masyarakat kita. hal tersebut dapat terwujud dengan riset-riset yang telah disampaikan pada artikel ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: