Home » Uncategorized » Karakter Konsumen Indonesia Dipengaruhi Media Sosial

Karakter Konsumen Indonesia Dipengaruhi Media Sosial

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Hasrat untuk membeli suatu produk dari sebuah brand ternyata sangat dipengaruhi oleh hal-hal diluar logika kita. Dari sebuah survei yang diadakan oleh lembaga riset internasional Ipsos, 18% dari total konsumen di Amerika membeli produk/barang/jasa disebabkan teman-teman sosial media mereka menyukai (like) dan mengikuti (follow) brand tersebut di sosial media (data survei Juni 2012).

Hasrat Untuk Membeli

Hasrat Untuk Membeli

 

Walaupun demikian, masyarakat di negara China masih memimpin dengan 54%, masyarakat di India membukukan 44%, masyarakat di Turki sekitar 39%, dan masyarakat di negara tercinta Indonesia tercatat 39%. Dengan kata lain, ini menerangkan bahwa 39% masyarakat (konsumen) di Indonesia suka membeli produk/jasa dari sebuah brand yang di like dan di follow oleh teman-teman sosial media mereka tanpa menyadari sepenuhnya kualitas dari produk tersebut. Wow… luar biasa….

 

Sumber: Ipsos (Lembaga Riset Internasional)


7 Comments

  1. saya setuju dengan artikel ini, karna hasrat untuk membeli suatu produk dari sebuah brand ternyata sangat dipengaruhi oleh hal-hal diluar logika kita dan di indonesia berita sangat berkembang melalui media sosial.

    Like

  2. Saya setuju sekali, memang di indonesia sesuatu brand yg lagi nge-trend di media sosial pasti booming. bukan karena brand tersebut memiliki produk yang bagus, namun hanya karena ikut-ikutan. salah satu faktor yang menurut saya membuat orang indonesia gampang ikut-ikutan, yaitu gengsi. Gengsi temennya bisa beli itu, dia ikut-ikutan beli. Bukan karena dia memang butuh.

    Hal itu Membuat BUTA akan brand yang ingin dibelinya tersebut.

    Itu opini saya, berdasarkan apa yang saya lihat dari teman teman saya.

    Like

  3. Abdul Hakim says:

    pendapat saya hampir sama akan tetapi menurut saya brand adalah no 1 entah mereka membelinya melalui online atau langsung
    bukan hanya dari follower dan like saja, foto kualitas barang dan keaslian barang tersebut akan dipertanyakan terlebih dahulu, follow dan like hanya menyangkut jaminan dan kepercayaan dari konsumen maka dari itu adanya istilah testimony dari beberapa pelanggan yang sudah tau kualitas barang dan percayanya

    Like

  4. Fikri Abdul Azis says:

    saya setuju dengan atikel diatas karena sebagian besar masyarakat lebih banyak menggunakan media sosial dibandingkan menonton tv atau pun radio. Terlebih untuk kalangan anak muda mereka sangat sering menggunakan sosial media. Maka sebab itu, sangat besar potensi iklan di media sosial yang melihatnya atau pun mengunjunginya. Belum lagi kalau ada teman dari mereka yang me-recommend produk-produk dari iklan yang di share melalui media sosial. Namun, menurut saya iklan-iklan yang terdapat di media sosial juga melihat target pasar mereka yang di dominasi oleh kaula muda dan masyarakat menengah ke atas. dikarenakan di indonesia masih banyak masyarakat menengah ke bawah atau pun orang tua yang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi sehari-hari

    Like

  5. memang tidak dapat di pungkiri adanya hal tersebut, namun bukan dari jumlah like dan follower saja yang mempengaruhi, tapi juga foto, apa bila banyak yang mengshare foto tentang produk itu, maka produk itu semakin terkenal. #menurutSAYA

    Like

  6. Dari survey ini terbukti bahwa masyarakat indonesia adalah korban branding,dan brand menjadi status pergaulan..semakin mahal brand,maka status sosial seseorang akan naik. Brand sangat penting diera sekarang ini..dan indonesia sudah melek branding..sangat disayangkan banyak masyarakat indonesia yang memaksakan membeli barang” berbrand mahal hanya untuk menaikan status sosialnya..

    Like

  7. saya sependapat. mengingat masyarakat Indonesia itu sangat Konsumtif dan merupakan salah satu negara pengguna jejaring sosial terbesar di Dunia.
    Entah itu dari kalangan mengengah kebawah hingga keatas hampir semua pernah merambah Jejaring sosial seperti Facebook,Twitter,Instagram dan sebagainya.

    Pengguna jejaring sosial di Indonesia juga terkadang secara tidak sengaja mempromosikan sebuah produk/jasa melalui media sosial. Contoh kasus : seorang remaja memposting menu makanan cepat saji di Instagramnya “lagi Hang out bareng temen2 nih di KFC” sambil memposting gambar menu atau bahkan logo.

    secara taklangsung hal tersebut malah mempromosikan brand tersebut.
    dan kebiasan tersebut malah ternyata membuat sebuah kebiasaan atau bahkan lifestyle orang-orang. dan terkadang ada orang yang repot-repot datang ke starbucks hanya membeli sebuah kopi dan mempostingnya di Instagram atau media sosial lainya hanya untuk menunjukan dirinya cukup gaul atau memiliki passion tinggi.

    hal seperti inilah yang dilirik banyak produsen jasa/produk untuk ikut berperan serta. misalnya saja mereka membuat aplikasi smartphone yang mempermudah para pengguna mediasosial dalam mengakses situs atau bahkan memesan produk melalui Internet. (contoh aplikasi pizza hut yang memberikan kemudahan para konsumennya dalam memesan pizza seperti layaknya sedang memasak pizza tersebut)
    http://www.pizzahut.com/apps.html

    jadi kesimpulannya pada saat ini media promosi yang paling jitu dan di gandrungi orang-orang adalah media sosial di Internet.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: