Home » Uncategorized » Indonesia, Negara Media Sosial

Indonesia, Negara Media Sosial

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Penggunaan sosial media di beberapa negara menunjukkan trend positif. dari data lembaga riset internasional Ipsos (data survei selama November 2012), beberapa negara mempunyai masyarakat yang sangat suka sekali menggunakan sosial media, bahkan mungkin luar biasa. Diantara pengguna sosial media di beberapa negara, masyarakat di Indonesia dan di Arab Saudi paling lama menghabiskan waktu di sosial media, rata-rata 5.1 jam/hari, diikuti masyarakat di  Turki (4.9 jam/hari), masyarakat di Argentina (4.7 jam/hari), dan masyarakat di Russia (4.6 jam/hari). Fakta lain, hampir sepertiga pengguna jaringan sosial online di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 6 jam/hari menggunakan website sosial media. Luar biasa sekali…

Sosial Media

Sosial Media

Disisi lain, masyarakat di Perancis dan di Jepang adalah masyarakat yang sedikit menggunakan waktunya di sosial media dan website jaringan sosial media, yaitu hanya 2.3 jam/hari. Mereka terkenal mempunyai etos kerja yang lebih baik dibanding negara-negara yang disebut diatas.

 

Sumber: Ipsos (Lembaga Riset Internasional)


4 Comments

  1. Negara Perancis dan Jepang memang terkenal dengan etos kerjanya, namun hal itu tidak bisa menjadi acuan. Bahwasannya kedua negara tersebut sedikit menggunakan waktunya di sosial media, mungkin ada alasan tersendiri untuk hal itu. Sama halnya dengan negara-negara yang telah disebutkan di atas dengan menggunakan media sosial dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya, yaitu negara Indonesia yang merupakan salah satu negara yang paling lama menghabiskan waktunya di sosial media.
    Semua orang seolah-olah mulai berbondong-bondong menuju tren digital ini, mereka menemukan media baru untuk mengekspreksikan diri, membentuk opini, berbagi informasi atau sekedar mencari kawan. Media baru ini bersifat interaktif, horisontal dan mencerdaskan yang membuat cara berkomunikasi berubah sama sekali. Gak cuma itu aja, masyarakat Indonesiapun memanfaatkan media sosial dalam sarana penguat bisnis, yaitu mapu meningkatkan hubungan antar perusahaan dengan konsumen, mempercepat proses pembuat keputusan, dan memudahkan brand untuk melakukan promosi.
    Social media juga kadang memberikan efek yang kurang baik bagi penggunanya, jika tanpa adanya tujuan, rencana, dan rambu-rambu yang jelas. Sehingga, akan memberikan kerugian bagi penggunanya. Namun, jika mampu dimanfaatkan dan dikelola secara baik, maka dapat memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan.
    Jadi kesimpulannya, jangan hanya melihat penggunaan media sosial di negara Indonesia atau pun negara lainnya dari segi negatifnya aja, melainkan banyak lohhhh masyarakat di luar atau di negara sana yang memanfaatkan media sosial itu sebagai media yang positif.

    Like

  2. Fachrul Fahrozi says:

    kita banyak melihat seseorang mempunyai akun facebook, instagram, tweeter, path. ini terjadi karena masyarakat indonesia menggunakan media sosial sebagai alat untuk menjaga eksistensinya di dunia maya. Hal ini berdampak pada kurangnya peduli terhadap lingkungan disekitarnya karena lebih mementingkan keadaan yang jauh dari pada linkungan sekitar, sampai ada sebutan “autis” untuk yang sibuk dengan gadgetnya karena sedang asik menggunakan media sosial. Jadi alangkah baiknya jika kita menggunakan media sosial tanpa mengurangi perhatian di lingkungan sekitar kita

    Like

  3. Indonesia mungkin benar sebagai Negara ‘Pengguna’ Media Sosial akan tetapi Media Sosial yang digunakan merupakan produk Luar bukan buatan Masyarakat Indonesia sendiri.. Orang Indonesia kebanyakan lebih mengagumkan Produk buatan luar karena Gengsi.. itu sisi Negativenya.. Sisi Posirtifnya menurut saya adalah sebagai media Jualan Online karena dari hasil Survei diatas mengatakan bahwa masyarakat di Indonesia paling lama menghabiskan waktu di sosial media, rata-rata 5.1 jam/hari.. itu merupakan peluang yang bisa digunakan untuk para pebisnis untuk memasarkan produk-produknya,

    Like

  4. Indonesia, Negara Med.Sos
    mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak faktornya.

    Tidak dapat dipungkiri, salah satunya, Indonesia memiliki etos kerja yang rendah. sehingga membuat masyarakatnya keasyikan berselancar di dunia maya sampai membuat lupa diri bahkan terkadang lupa akan pekerjaan yang seharusnya ia kerjakan. karena pada dasarnya banyak orang Indonesia yang mudah jenuh dengan satu pekerjaan yang menurut dia membosankan. belum lagi para pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan pasion nya. mereka bekerja hanya untuk mendapatkan penghasilan. hal ini sangat berpengaruh kepada etos kerja yang rendah di negara ini.

    kedua, masyarakat Indonesia saat ini seperti ingin dilihat “sok sibuk” sebentar-sebentar buka gadget. padahal hanya ingin mengintip akun sosial medianya.

    ketiga, di kalangan remaja Indonesia, sos.med seperti trend yang mewabah. kesannya, jika belum mencoba sos.med baru = nggak gaul.

    keempat, ingin show off di dunia maya. karena pada kehidupan real nya, ia adalah orang yang anti sosial dan tidak pandai bergaul karena malu-malu untuk berbicara secara verbal langsung dengan lawan bicaranya.

    kelima, sos med saat ini seperti pasar. yang di jadikan tempat jualan para pedagang apapun.

    dan banyak lagi hal lainnya mulai dari yang positif sampai negatif. semua ada di sos.med yang membuat Indonesia ini menjadi Negara Media Sosial.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: