Home » Uncategorized » Iklan Luar Ruang Dengan Daya Tarik Komparatif

Iklan Luar Ruang Dengan Daya Tarik Komparatif

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Penyampaian pesan dalam sebuah iklan terkadang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini dimaksudkan agar iklan tersebut dapat dengan mudah diingat oleh masyarakat atau target audiens-nya. Salah satu daya tarik penyampaian pesan tersebut adalah komparatif.

Iklan Komparatif

Iklan komparatif lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merk (brand awareness) dibandingkan dengan iklan non-komparatif. Iklan komparatif juga lebih baik dalam mempromosikan “Recall” titik pesan dan lebih kuat intensitasnya untuk membeli merk yang diiklankan.

BMW Ad

BMW Ad

 

Coba lihat bagaimana brand AUDI vs BMW di sebuah negara maju seperti berikut ini.

 

Audi Ad

Audi Ad

BMW Ad

BMW Ad

Audi Ad

Audi Ad

 

Iklan komparatif juga mempunyai kelemahan, yaitu mempunyai persepsi kurang dapat dipercaya dibandingkan iklan non-komparatif.

 

Dari berbagai sumber.

 

 

 

 


5 Comments

  1. Iklan komparatif sebenarnya memang kurang dapat dipercaya, namun iklan seperti ini lebih mudah meledak dibanding iklan non komperatif. Sebut saja iklan Samsung galaxy 4 Note vs Iphone 6 yang menjadi kontroversi beberapa bulan lalu. Terilihat bahwa Samsung membuat saingan terbesarnya ini kalah telak dengan iklan seri di youtube yang ia keluarkan namun tetap ada saja perbincangan di masyarakat bahwa samsung hanya takut kalah bersaing sehingga mengeluarkan iklan seri tersebut. Dan benar adanya penjualan Samsung naik secara signifikan.

    Namun di Indonesia belum banyak iklan komparatif yang terang terangan menantang merek saingannya, ada beberapa yang seperti iklan rokok atau provider juga pewangi pakaian tapi belum se frontal di luar negeri, mengingat masyarakat Indonesia yamg masih mudah tersulut emosi.

    Andinie Fazrianty
    @Andiniefzry

    Like

  2. iklan komparatif itu menurut saya bagus, karna dengan cara begitu setiap brand akan bersain secara sehat dan gentle, setiap brand produk memamerkan semua keunggulan dari produknya tersebut, bukan saling menjatuhkan, dan karena mereka berani menggunakan iklan komparatif mungkin mereka masing masing mempunyai mangsa pasarnya tersendiri

    Like

  3. menurut saya tidak masalah, iklan tersebut yang dilakukan orang luar memiliki kecerdasan dan lebih banyak ide untuk membuat iklan tersebut namun dengan cara yang lebih baik, insipiratif dan kreatif. berbeda dengan beberapa pemasang iklan dari negara kita, ada beberapa yang terlalu terang-terangan dengan menyudutkan produk lain dengan hal yang seharusnya tidakmusti dilakukan, seperti halnya menjelek-jelekan produk lain walaupun merk disamarkan.

    Like

  4. hardiyudha says:

    Iklan ini sangat komparatif dari masing masing brand ingin menonjolkan kelebihan dari produknya, sebenarnya iklan seperti ini sah sah saja gimana kita menyikapinya dengan cara positif bukan memandang antara brand satu dengan yang lainnya saling bertengkar akan tetapi saling menonjolkan kelebihannya dengan pesaingnya.
    akan tetapi apabila iklan seperti ini hadir di indonesia sikonnya tidak memungkinkan karna masyarakat indonesia lebih mudah tersulut emosi dan kurang pekanya terhadap strategi pemasaran.

    Like

  5. erasadewo says:

    Wah billboardnya “Frontal” banget nih. mungkin iklan komparatif ini bisa dilakukan kalau brandnya mereka yang mempunyai persentase pangsa pasar yang tidak terlampau jauh (selisih dibawah 2,5%). saya rasa ke 2 produsen itu memang sudah sepakat membuat copy seperti itu semata-mata hanya menaikkan aware audience saja. bukan untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

    Coba bayangkan seperti ini, Iklan merced** ben* dibarengi dengan iklan mobil prot*n misalnya, ditempat yang pengguna mobil-mobil mewah seperti eropa. akan berbeda hasilnya jika merced** ben* mengeluarkan kata-kata yang “frontal”. dengan mudah proton akan kalah dengan merced** ben*.

    nah di Indonesia tanah air kita ini yang lucunya. sekarang ada iklan P*S latarnya di pasar, dengan menghina seseorang memakai baju berwarna merah sepertinya itu P*I. ini merupakan iklan komparatif yang tidak memperhatikan pangsa pasar atau dalam partai yaitu citra partai, yang kita ketahui sebelumnya, yang namanya Luth** H yang tejerat kasus korupsi. dan P*i dengan citranya jokowi. membuat presepsi lain dimata masyarakat terhadap P*S. (maaf, saya bukan pendukung P*S ataupun P*I hehehe.)

    Sekian
    Era Sadewo W
    @era_sadewo

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: