Home » Uncategorized » Bukan Sekedar Video Game Biasa

Bukan Sekedar Video Game Biasa

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Beberapa tahun terakhir advergame (in-game advertising), atau game-game yang berperan sebagai media marketing, berkembang sangat pesat termasuk di Indonesia. Ini menjadi bukti betapa game diakui mampu berperan sebagai sebuah media penyampai informasi.

Super Mario Bross

Super Mario Bross

Profesor James Paul Gee, peneliti masalah game bahkan membahas secara lengkap mengenai potensi game sebagai sebuah media belajar yang sangat menjanjikan. Dengan konsep ini, proses belajar akan lebih mengasyikkan bagi siapapun.

Belakangan ini mulai muncul istilah “Gamification” atau pemanfaatan konsep game di luar game itu sendiri. Walau mungkin belum optimal pemanfaatan konsep game sebenarnya telah kita jalani sejak lama.

Game Doraemon

Game Doraemon

Game terkenal akan kemampuannya untuk memotivasi kita melakukan sesuatu secara berkelanjutan dan lebih baik, hal ini yang kemudian melandasi berkembangnya “Gamification” di berbagai bidang.

Proses pendidikan, jenjang karir, kampaye marketing, serta banyak hal lain di sekeliling kita pada dasarnya telah mengimplementasikan sebagian konsep game. Penerapan berbagai konsep game tersebut pada dasarnya bertujuan untuk menghadirkan motivasi dalam diri kita.

Game Simulasi

Game Simulasi

Game memiliki potensi yang luar biasa. Haruskan kita diam dan terlena dan hanya menjadikannya media hiburan semata? Mungkin sudah saatnya kita bisa menghadirkan lebih banyak game Indonesia yang mampu mengoptimalkan berbagai potensi di atas secara nyata.

Bayangkan jika setiap game yang kita hadirkan mampu menyampaikan informasi positif terkait parawisata, budaya, kesehatan, atau berbagai nilai luar biasa yang kita miliki.

Game Tom & Jerry

Game Tom & Jerry

Bayangkan jika kita bisa memanfaatkan berbagai konsep game secara lebih optimal untuk memotivasi hadirnya sistem pendidikan, pemerintahan, dan interaksi sosial yang lebih baik.

Mungkin akan banyak hal luar biasa yang hadir di sekitar kita. Semoga kita tidak lagi perlu menunggu terlalu lama akan hadirnya game Indonesia yang mampu berperan lebih dari sekedar game semata.
Sumber: Eko Nugroho, game designer.


3 Comments

  1. Fachrul Fahrozi says:

    Banyak game yang ada di indonesia saat ini hanya untuk hiburan semata dimana tidak ada unsur pendidikannya, disinilah seharusnya peran pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan di indonesia, dengan menggunakan konsep game kedalam sistem pendidikan di indonesia, sehingga proses belajar tidak menjadi kegiatan yang membosankan. Bayangkan banyak anak sekolah yang membolos karena demi ingin bermain game online di warnet, karena kegiatan bermain game lebih menyenangkan ketimbang bersekolah. Dengan menggunakan konsep game kedalam pendidikan mungkin akan mengurangi hal itu

    Like

  2. 13juli1993 says:

    menurut saya game sanggat penting untuk kehidupan ini, dimana saat kita amat sangat sibuk akan aktifitas kita dan kita butuh hiburan game bisa menjadi solusinya,perkembangan game dari tahun ke tahun semakin bagus bahkan sudah mendekati real.
    contohnya game sepak bola fifa 2014 itu keren, karena semua pemain di game tersebut bukan hanya wajahnya saja yang mirip tetapi wujud dan proposi tubuhnya pun mirip seperti aslinya
    dan gamen game yang ber kualitas baik sangat bagus untuk perkembangan jaman sekarang.

    Like

  3. Video Game memang terkadang berpengaruh langsung kedalam kehidupan sehari-hari. entah itu untuk hal positif atau negatif.

    saat ini para Developer game bersaing ketat dalam mengembangkan game seatraktif mungkin dengan playernya. entah itu dalam story atau bahkan interaksi gerak tubuh seperti Kinect.

    salah satu mungkin game yang menurut saya memiliki dampat negatif bila terlalu kecanduan adalah game tipe “Dating simulation”
    genre game yang sangat populer di jepang ini sudah melahirkan banyak judul di berbagai console.

    banyak orang dijepang terutama remaja jepang sangat menggandrungi game ini. pasalnya didalam game ini menyajikan visual charakter gadis2 lucu Anime yang bisa kamu “ajak kencan”.
    tentu saja bukan diajak kencan seperti didunia nyata pada umumnya.
    didalam game ini diberikan sebuah story dan player akan mendapatkan dan memilih beberapa pilihan yang disediakan yang nantinya akan menentukan alur cerita akan kemana dan pada character mana sang player memilih gadis mana yang akan dijadikan pacar.

    kenapa game ini sangat digandrungi? pasalnya didalam game ini character yang kamu sukai tidak akan selingkuh atau berbuat sesuatu yang membuat mu kesal, tidak seperti pacar didunia nyata.

    itulah sebabnya para pria dijepang lebih memilih gadis 2D ketimbang yang nyata. hal ini ternyata berpengaruh kedalam kehidupan dunia nyata. banyak orang yang menghabiskan waktu demi bermain video game ini dan tidak membaur dengan masyarakat.
    orang seperti ini biasa dijuluki Otaku/ hikkikomori (orang yang mengurung diri dari masyarakat dan hanya menyukai Anime).

    lebih dari 50% remaja dijepang hampir belum pernah berpacaran didunia nyata.

    terkadang delusi di dunia game/animasi memang sangat menyenangkan. tapi terkadang cobaan dan realita di dunia nyata itu yang membuat kita berkembang jadi lebih baik.
    jadi kita harus bisa membedakan mana yang khayalan mana yang kenyataan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: