Home » Uncategorized » Merancang Sebuah Kampanye Media

Merancang Sebuah Kampanye Media

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Merancang sebuah kampanye media mungkin seperti merencanakan sebuah perjalanan jauh. Sebelum kita merancang kampanye media, sebuah perencanaan awal seperti tujuan dari kampanye, berapa anggaran biaya yang diperlukan dan cara agar rencana kampanye dapat berjalan dengan baik dapat membuat perbedaan.

Salah satu cara berkampanye

Salah satu cara berkampanye

Kampanye yang baik (sukses) sangat bergantung pada perencanaan yang baik. Sebelum kita mulai, kita harus menentukan pesan kampanye, memilih target masyarakat yang dituju, memilih media yang tepat, menentukan anggaran biaya yang diperlukan, membuat rencana kerja lalu mengimplementasikan. Ukuran keberhasilan kampanye juga memberikan data yang diperlukan untuk menyempurnakan kampanye berikutnya.

Tidak ada cara yang paling tepat untuk membuat kampanye media berjalan sukses, tetapi dengan petunjuk sederhana berikut, kita dapat membuat perencanaan kampanye media berjalan lebih mudah, cepat dan efisien.

Perencanaan

Sekali kita sudah menentukan tujuan kampanye, apakah untuk menyampaikan informasi atau mengajak target masyarakat, kita berarti sudah siap mengimplementasikan perencanaan kampanye media.

Pemilihan Media

Setiap media mempunyai keuntungan dan kerugian yang berbeda satu dengan lainnya. Pilihan media yang tersedia meliputi media cetak, TV, elektronik, radio, media iklan luar ruang, dan event.

Anggaran Biaya Kampanye

Disebabkan banyak komunitas di masyarakat yang memerlukan edukasi pada topik yang sama, efisiensi anggaran biaya bisa diwujudkan dengan cara berkolaborasi pada media-media yang disukai (dibeli) oleh masyarakat.

Penggunaan Media

Semakin banyak kita mengetahui karakter masyarakat dalam berinteraksi dengan media, semakin baik kita menjangkau mereka.

Media dan Publikasi

Kalangan tertentu di masyarakat terkadang ada yang memiliki status khusus sebagai entitas nirlaba yang – baik atau buruk – dapat dianggap sebagai pembuat berita (artist, LSM, dll). Status khusus ini adalah keuntungan besar ketika mencari publikasi gratis yang terpercaya.

Durasi Perencanaan Media

Perencanaan kampanye media yang dibuat untuk durasi 1 tahun sangat dianjurkan.

Pemasaran Cetak

Materi pemasaran dalam bentuk cetak, surat promosi atau brosur kadang bisa digunakan untuk membantu menyampaikan pesan dengan desain yang baik dan tepat.

Ukuran Keberhasilan Kampanye

Jika kita sudah menentukan pesan yang ingin kita sampaikan, sudah menyediakan anggaran, merencanakan kampanye dan sudah diimplementasikan, bagaimana kita bisa tahu bahwa pesan sudah tersampaikan dengan baik dan dimengerti oleh target masyarakat?

Dari berbagai sumber.


3 Comments

  1. Manesto De Agusto DKV 2008.13.0037 says:

    Menurut saya di jaman sekarang ini sarana yang paling baik untuk menyampaikan suatu kampanye adalah melalui sebuah media karena sangat strategis bagi masyarakat. Penyampaian kampanye melalui media dapat dilakukan dengan sangat beragam dan menarik sehingga seorang desainer dapat merancang sebuah kampanye dengan kreatif. Namun akhir-akhir ini penyampaian desain sebuah kampanye kepada masyarakat lebih terkesan semerawut, tidak tertata dengan baik bahkan tidak memenuhi syarat desain yang baik. Terkadang peletakan desain kampanye di kota-kota besar seperti Jakarta diletakkan dengan cara sembarangan seperti menempel poster-poster desain sebuah kampanye yang ditempel secara tidak teratur bahkan terkesan kumuh, ada juga yang menempelkanya pada tempat-tempat umum seperti di halte bus atau di taman-taman kota yang sebenarnya ada peraturan dalam menempelkan desain kampanye tersebut. Namun terkadang hal ini tidak dipikirkan oleh para desainer & pelaku kampanye tersebut. Kebanyakan para desainer membuat sebuah kampanye desain yang terkesan asal-asalan karena dipengaruhi oleh pelaku kampanye tersebut dalam menyampaikan desain yang tidak menghiraukan syarat-syarat mendesain kampanye yang baik, yang penting bagi mereka “kampenya dapat dibaca oleh masyarakat umum”. Tentu hal ini sangat disayangkan karena ketatnya persaingan kampanye melalui sarana media, tetapi alangkah baiknya bila para desiner dapat bekerja lebih baik lagi dan profesional sehingga desain yang disampai dapat dibaca oleh masyarakat dengan baik dan tidak merusak keindahan tata kota juga.

    Like

  2. Nur Fajar T (@fajarwidii) says:

    Kalo menurut saya kampanye dengan media adalah salah satu cara untuk menyampaikan kepada masyarakat. Tanpa harus bersusah payah mengadakan kampanye di jalan-jalan atau sebuah tempat menjadi tempat kampanye dengan menghadirikan penyanyi dangdut yang se*y.
    kalo menurut saya kampanye yang paling efektif di media yaitu TV dan Twiter. karna semua orang pasti nonton TV. dari setiap kampanya yang ada di TV kebanyakan merekan mengunakan artis” ternama untuk mendomplek partai atau caleg untuk memikat halayak.
    sedangkan di twitter para caleg berlomba-lomba ngumbar janji di Twitter hingan menjadi trending topik di twitter.
    sebetulnya tidak semua caleg yang menulis itu semua, ada beberapa oran yang bekerja untuk menulis berita tentang salah satu caleg supaya dia terkenal di dunia twitter.
    sedangkan kalo lihat koment di atas untuk poster-poster atau bener yang di sebar di jalan itu hanya buang” uang… karna jaman searang manusia sudah bisan melihat poster-poster yang ujung-ujungya cuma jadi sampah.
    sebaiknya buat para caleg atau para petingi partai harus benar-benar jeli melihat kondisi masyarakat lebih memperhatikan rakyat daripada sekedar janji-janji palsu.

    Like

  3. Viky Alvianas says:

    Menurut saya postinganan ini memang benar dan cukup membantu untuk seseorang yg mungkin sedang ingin berkampanye, karna postingan ini memberikan informasi tahapan tahapan tentang kampanye diberbagai media, sangat informatif. Dan yg saya lihat diberbagai kampanye media yg ada sekarang ini banyak yg belum memenuhi syarat standar dari desainnya itu sendiri, apalagi dibidang baliho dan poster-poster kampanye sangat aneh jika dilihat desainnya jadi membuat orang malas melihat dan tidak menarin perhatian dari masyarakat, padahal seperti yg pernah bapak jelaskan hal yg pertama dr penyampaian media yg didahulukan adalah attention yaitu mendapatkan perhatian dari masyarakat barulah masyarakat mengerti akan maksud dari penyampaian media itu sendiri.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: