Home » Uncategorized » Bagaimana Mendapat Ide Untuk Merancang Game?

Bagaimana Mendapat Ide Untuk Merancang Game?

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Ide game merupakan hal yang sangat penting dalam proses penciptaan sebuah game. Ide game bisa dianggap sebagai titik awal proses kreatif penciptaan sebuah game. Tanpa adanya ide game, tidak akan mungkin muncul game-game yang bisa kita mainkan.

Video Game Ideas

Video Game Ideas

Ada yang bilang bahwa ide game memiliki porsi 1% dari keseluruhan proses pengembangan sebuah game. Namun demikian, tanpa adanya ide game, tentu saja 99% bagian yang lain tidak akan mungkin bisa berjalan. Oleh karena itu, pencarian dan penemuan sebuah ide game memegang peranan yang sangat penting.

Mencari Ide Game

Ide game bisa muncul di mana saja, kapan saja, dan bahkan Anda bisa mendapatkan ide game dari hal-hal yang tidak berhubungan dengan game. Beberapa kreator atau game designer ternama berhasil mendapatkan ide game dari hal yang tidak terduga.

Misalnya saja, Shigeru Miyamoto, dia memperoleh ide game untuk menciptakan Legend of Zelda dari pengalaman masa kecilnya yang suka menjelajah berbagai area di sekitar tempat tinggalnya dan memberanikan diri untuk masuk ke dalam gua yang ada di sana. Hideo Kojima, tokoh penting di balik serial Metal Gear Solid, memperoleh ide untuk menciptakan game bergenre stealth setelah memainkan Space Invader. Lokasi eksotik dalam game Uncharted diperoleh setelah co-lead designer Richard Lemarchand memperhatikan berbagai lukisan era Victoria seperti Caspar David Friedrich dan David Roberts.

Inilah beberapa cara untuk mendapatkan ide sebuah game:

  • Mainkanlah sebanyak mungkin game.
    Di sini, tujuan bermain game bukanlah untuk bersenang-senang, melainkan untuk memperhatikan detil berbagai jenis game. Berbagai keunggulan dan kekurangan dari suatu game kita ramu sedemikian rupa sehingga memunculkan sebuah ide game untuk menciptakan sesuatu yang baru, unik, dan mampu menutupi semua kelemahan dari game yang ada.
  • Perbanyak referensi melalui buku, tv, film dan berbagai media hiburan lainnya.
    Berbagai media hiburan dan buku bisa menjadi sumber yang bagus untuk menumbuhkan berbagai ide game yang keren. Kuncinya adalah Anda harus memiliki insting yang bagus dan mampu membayangkan apakah berbagai sumber yang Anda dapat bisa dijadikan sebuah game yang bagus dan menarik.
  • Bangun kebiasaan berdiskusi.
    Kegiatan ini akan mengasah ketajaman Anda menganalisis suatu hal dan membuat Anda memperhatikan sesuatu hal dengan lebih fokus dan detil. Buatlah suasana diskusi yang menyenangkan sehingga para peserta aktif mengikuti kegiatan tersebut. Berbagai ide game yang liar diharapkan bisa muncul dari kegiatan diskusi yang hidup.
  • Buka mata dan hati Anda.
    Di dunia ini begitu banyak hal yang bisa menjadi ide sebuah game. Anda akan melihat begitu banyaknya ide-ide ini jika Anda senantiasa terbuka terhadap berbagai informasi yang masuk. Jangan melawan dan jangan menganggap sepele arus informasi yang masuk. Pertajam rasa ingin tahu Anda.
  • Selalu mencatat ide game yang muncul.
    Kecuali Anda memiliki daya ingat yang luar biasa, maka Anda harus mencatat setiap ide game yang muncul. Apapun yang terbit dalam pikiran dan benak Anda, catatlah. Anda tidak akan tahu dari sumber mana sebuah ide game yang fantastis akan muncul. Oleh karena itu, jangan lupa mencatat berbagai ide game yang muncul.

Bagaimana Menjual Ide Game

Menjual ide game bukanlah hal yang mudah dilakukan. Di dunia ini begitu banyak orang yang juga memiliki ide game. Kompetitor yang ada sungguh luar biasa. Walaupun ide game Anda lebih menonjol dibanding orang lain, itupun masih belum cukup untuk menjadikan ide game tersebut dibuat menjadi sebuah game.

Anda tidak bisa langsung mengetuk pintu perusahaan game untuk menawarkan ide game Anda. Sesungguhnya orang-orang yang ada di dalam bisnis game memiliki ide game yang melimpah. Hanya karena terkendala oleh waktu dan biaya, mereka tidak bisa mewujudkan semua ide game tersebut. Untuk memproduksi sebuah game dibutuhkan waktu satu tahun atau lebih dengan biaya jutaan dolar. Penggarapan game bernilai komersial tinggi juga membutuhkan sepasukan besar orang-orang ahli di bidang game yang bekerja hampir tanpa berhenti. Jadi bisa dipahami mengapa tidak semua ide game yang berasal dari internal perusahaan game tidak bisa semuanya diwujudkan menjadi game yang bisa dijual, apalagi jika ide game tersebut berasal dari orang luar.

Keputusan untuk membuat sebuah game, selain berdasarkan ide game yang ada, juga ditentukan oleh faktor lain. Misalnya saja karena ada tren / permintaan dari masyarakat, membuat game yang mirip dengan game yang menjadi popular, membuat sekuel, membuat game berdasarkan film yang menempati box office, atau karena ada permintaan khusus dari produser yang sangat berkuasa.

Namun demikian, peluang masih tetap ada. Jika ingin ide game Anda dibuat menjadi game maka buatlah ide game tersebut menjadi sebuah rancangan game (game design) yang menjelaskan secara detil bagaimana game tersebut dijalankan seperti gameplay, user interface, tone, bagaimana pergerakan karakter, dan bagaimana tokoh dalam game berinteraksi. Jika tulisan atau hasil karya Anda memang bagus, maka ada kemungkinan pihak perusahaan game memberikan Anda pekerjaan.

Cara lain agar ide game Anda bisa diterima adalah dengan membangun reputasi dan karir Anda secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan mengambil gelar yang berkaitan dengan game dan memahami dengan baik proses pembuatan sebuah game. Cobalah masuki industri game sebagai karir. Jika hasil karya Anda memang mengesankan, maka perlahan namun pasti reputasi Anda akan meningkat. Dengan demikian berbagai ide game Anda akan lebih mudah untuk didengar dan dijalankan.

Hal lain yang bisa dilakukan agar ide game Anda dibuat menjadi game adalah dengan memfokuskan pada game kasual yang sedang menjadi tren saat ini. Game kasual merupakan jenis game yang singkat dan sederhana, yang biasanya dibuat dalam Adobe Flash/Flex, Android, atau iOS. Anda bisa memainkan game kasual ini di berbagai situs sepeti Shockwave, Big Fish, ataupun melalui handphone. Game kasual relatif lebih mudah untuk dibuat. Anda bisa melakukannya sendiri ataupun bekerja sama dengan teman Anda. Anda tidak memerlukan jutaan dolar untuk membuat game kasual dan Anda pun tidak memerlukan publisher. Just do it.

Sumber: bestvideogame-s(dot)com/video-game-ideas

Video Game Ideas – How to Get and Sell


8 Comments

  1. cocot says:

    Menciptakan game Jgn buru buru nanti jadinya jelek malah di benci yg download.. santai aja, 2 Atau 3 tahun sambil test test gamenya Dan Jgn Terlalu susah Dan Terlalu Gampang..klo ada yg Salah benahin lg Klo game buatan kalian sudah merasa bagus lgsg ederkan..

    Like

  2. Dendhy Rukmana / DKV 2012130067 says:

    Saya setuju dengan aritikel tersebut maka tak jarang seorang desainer game harus jeli dalam melihat spesifikasi dan sering bermain game dengan tujuan menciptakan game yang jauh lebih unggul dari apa yang dimainkan agar game ciptaaannya laku di pasaran luas.

    Like

  3. saya setuju dengan artikel ini , karena saya memang seorang gamers dulunya, untuk mendapatkan ide merancang game , kita harus memainkan game game sebanyak mungkin dan kita harus melihat sisi pemasaran game tersebut. apakah game ini memang layak mendapatkan pemasaran contoh pemasaran dunia , yang seluruh dunia memainkan game tersebut , saya juga pernah memainkan salah satu game buatan indonesia asli , yang dimana dalam game tersebut menceritakan / perjalanan bangsa indonesia meraih kemerdekaan. saya lupa judul game tsb karena sudah lama sekali. tetapi saya salut dengan design dan ide gamers indonesia. mereka bukan hanya memainkan game-game luar negeri , tapi mereka pun bisa menciptakan game dalam negeri.

    Like

  4. ameliatias says:

    Teknologi Augmanted Reality sebenernya ini udh lama muncul dan dengan adanya AR Ini main game jd lebih seru karna bisa terlihat nyata.

    Contoh kasus:
    Di Indonesia teknologi AR dikembangkan oleh perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, Indosat pernah meluncurkan game Indosat MonstAR. Game yang mengajak pemain memelihara hewan peliharaan secara digital atau Virtual Pet ini merupakan game pertama kali di Indonesia yang mengadopsi teknologi AR. Salah satu alasan pengembang game menggunakan AR adalah untuk meningkatkan pengalaman pemain memainkan game mereka yang lebih seru dan nyata.

    Like

  5. Dari artikel : Bagaimana Mendapat Ide Untuk Merancang Game?
    Menurut saya tambahan sedikit dalam mendapatkan sebuah ide game adalah berkhayal atau berimajinasi sesuatu yang belum ada tapi terdapat di sekitar kita perhatikan hal-hal kecil atau tempat disekeliling kita yang sebebnarnya layak untuk dijadikan sebuah games.Games kasualtermasuk seperti game parampa ?

    Like

  6. septiyanh says:

    Saya membaca artikel ini sangat menarik dan rasanya ingin membuat game namum pengetahuan yg terbatas dan bimbingan yg kurang memadai menjadikan saya sulit untuk merealisasikan ide dari game tersebut.

    Like

  7. Reny Riya Wati says:

    Ketika pembahasan mengenai pembuatan game, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara pembuatan game itu sendiri. Pembuatan game secara logika sama dengan membuat program biasa. bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat game sperti C/C++ , JAVA, Python, Php, dll.

    Membuat sebuah game memerlukan proses yang panjang dan sangat kompleks. terdapat beberapa tahap dalam proses pembuatan game. yaitu:
    tahap merancang, membuat flowchart, menulis source code, menguji program, debugging, mengompile, dan akhirnya lalu mendistribusikan kepada masyarakat umum.

    konteks sederhana dari pembuatan game adalah:
    1. merancang/designing.
    2. mewujudkan rancangan.
    3. memprogram/mengcompile.

    Perancangan game

    merancang suatu game memerlukan pemikiran yang total, karena disinilah peran sang designer untuk mengembangkan bagaimana game yang akan dibuatnya menjadi menarik dan bagus. untuk merancang suatu game yang sangat “canggih” dibutuhkan waktu yang lama dikarenakan seorang game designer membutuhkan waktu yang bisa jadi bertahun-tahun hanya untuk mengumpulkan ide dari suatu game yang akan dibuat nantinya. dalam mendesain/merancang game, seorang designer (atau satu team designer) mengumpulkan ide-ide terlebih dahulu selama beberapa waktu. Ide yang dimaksud adalah :
    1. seperti apa game itu nantinya,
    2. bisa dimainkan oleh berapa orang,
    3. genrenya apa,
    4. memakai sistem skor atau tidak,
    5. karakterkarakternya (termasuk sketsa/gambarnya plus biodata juga),
    6. aturan-aturan permainan (HP/MP/FP/LP/lainnya),
    7. cerita dalam game (ini bisa saja menjadi novel jika diterbitkan sendiri😀 ),
    8. berapa level karakter,
    9. perilaku karakter pada tiaptiap level,
    10. equipment/peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dsb.),
    11. lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dsb.),
    12. kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dsb.),
    13. tipe akhir permainan (closedended atau openended),
    14. engine yang akan digunakan,
    15. sistem pencahayaan (HDRI atau tidak),
    16. hukum ekonomi ( misalnya perbedaan kurs mata uang dalam game, contohnya ada di RF Online),

    Mewujudkan rancangan

    tahap mewujudkan rancangan adalah kelanjutan dari perancangan suatu game. pada tahap inilah semua kru bekerja. Seniman visual atau disebut juga artist (dalam hal ini bisa 2D atau 3D) memvisualisasikan karakterkarakter, lingkungan, item khusus dan bermacam material/tekstur, atau juga poster. mereka juga bertugas membuatkan animasinya (2D, 3D, bahkan animasi tekstur). perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh seorang artist seperti Blender, 3D Studio Max, Maya, Milkshape, Cinema4D, dkk. untuk membuat model dan animasi 3D. Untuk 2D, mereka biasanya memakai Photoshop, CorelDRAW, TextureMaker, dkk. dalam membuat karakter 2D dan material/tekstur.

    Pengisian suara pada game adalah kebutuhan tersendiri dari suatu game. Suara pada game bisa dalam bentuk SFX, dialog, atau musik. terdapat musik latar belakang (biasanya disebut backsound music/BGM), musik khusus (seperti di Guitar Heroes atau Ayodance), sound effects/SFX/efek suara, dan percakapan karakter di dalam game (perlu casting/seleksi pemilihan). dan masih banyak jenis suara-suara yang dapat diselingkan pada game.

    Programing

    Programing adalah bagian tersendiri yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah tahap lainnya. ketika seniman/artist visual membuat model karakter, programer mempunyai tugas menulis source code untuk physicnya dan dapat juga ditambahkan pada akhir proses, seperti membuatkan cheat. jika desainnya mengharuskan memakai engine sendiri, maka programer harus membangun engine dari nol. bisa engine secara keseluruhan engine untuk fisika (physic), engine untuk suara 3D, engine untuk AI, dsb. ada banyak source code yang harus ditulis oleh programer selain engine. Seperti mengode GUInya, event, sistem pencahayaan, mode multiplayer, jaringan/sistem online, mempersatukan artwork dari semua bagian lain (visual+audio+konsep+dll.), dan lain-lain. programer adalah bagian yang sangat sulit.

    Programer harus bisa berkomunikasi lancar dengan bagian lain, harus menguasai betul bidangnya. jika yang dibuat adalah game 3D bergenre Action atau FPS, maka yang harus dikuasai adalah fisika newtonian, matematika (aljabar dkk.), psikologi (ini untuk bikin AI), dan tentu bahasa pemrograman. bahasa pemrograman yang termahsyur untuk pembuatan game skala besar adalah C++. semua itu tidak harus dikuasai oleh satu orang programer. dalam tim pengembang game, ada lebih dari satu programer. seseorang bertugas memprogram efek air, seseorang bagian fisika, seseorang bagian engine, seseorang bagian AI, dan seseorang sebagai lead programmer yang memimpin keseluruhan. pembagian kerja seperti ini adalah hal yang biasa dalam dunia pembuatan game dewasa ini. jadi dalam satu tim, divisi programer diisi oleh banyak orang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: