Home » Uncategorized » Multimedia Dan Manfaatnya

Multimedia Dan Manfaatnya

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Beberapa diantara kita mungkin sering mendengar kata “multimedia”. Tetapi mungkin ada yang belum memahami arti kata tersebut.
Multimedia dan Desain

Multimedia dan Desain

Ada beberapa pengertian tentang multimedia. Berikut ini beberapa diantaranya:
  • Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
  • Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996).
  • Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002).
  • Multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
  • Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.


Sejarah Multimedia

Workshop menggunakan Komputer Multimedia

Workshop menggunakan Komputer Multimedia

Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi.

Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu:

  • Multimedia linier
  • Multimedia non-linier (interaktif)

Berikut ini ada beberapa bidang pengembangan Multimedia, yaitu:

  • Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy.
  • Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object.
  • Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance.

Dalam Proses pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya adalah:

  • Story board capturing
  • Storyboard Making
  • Graphics Production

Dari hari ke hari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan akan multimedia. Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat aplikasi berbasis multimedia ini. Dan juga beraneka ragam kebutuhan akan informasi. Aspek yang merupakan pendorong perkembangan multimedia diantaranya adalah hoby, telekomunikasi, consummer electronic, TV, movie, broadcasting industry, publishing house, dll.

Multimedia dapat digunakan dalam:
  • Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
  • Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
  • Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.

Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:

  • Mengubah tempat kerja.
    Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
  • Mengubah cara belanja.
    Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
  • Mengubah cara bisnis.
    Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
  • Mengubah cara memperoleh informasi.
    Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik(dot)com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
  • Mengubah cara belajar.
    Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
  • Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat:

  1. Kombinasi Media
  2. Independence
  3. Computer-supported Integration

Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat 3 hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu:

  1. Media yang paling tepat untuk suatu task.
  2. Lingkungan yang tepat untuk media tersebut.
  3. Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut.

Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi:

  • Presentasi , company profile
  • Pemasaran (Telemarketing)
  • Periklanan
  • Demo produk
  • Katalog, dll.

Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi:

  • Tutorial
  • Simulasi dan pelatihan
  • E-learning, dll.
Multimedia di masa depan

Multimedia di masa depan

Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.
Dari berbagai sumber.

5 Comments

  1. rahmawijayanti 2011130029 @keboterbang23 says:

    yaa ,Multimedia sangaat membantu kita dalam kehidupan sehari .. bukan hanya di tempat belanja multimedia sekarang kini bisa di rasakan oleh ibu rumah tangga untuk mempermudah perkerjaan rumah dengan lebih ringan , akurat, aman , dan efisien waktuu.. yang saya tau oven , tv , microwave , dan berbagai alat elektronik lain memiliki multimedia di dalamnya .. saya sangat setuju dengan artikel di atas .. bahwa Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang ..

    Like

  2. Rois says:

    menurut pendapat saya artikel ini informatif karena memang multimedia jaman sekarang sangat berpangaruh pada kegiatan sehari hari kita dalam penyampaian informasi di era globalisasi ini

    Like

  3. saya sependapat sama artikel di atas, karna di jaman yg semodern saat ini banyak kebutuhan yg di inginkan bisa di dapatkan dengan mudah,contohnya teleshopping : dengan mudah nya kita mendapatkan barang hanya dengan memesan melalui internet dan barang datang dengan sendirinya.

    Like

  4. Menurut pendapat saya artikel ini sangat informatif, karena memang multimedia sekarang ini sangat dapat berpengaruh untuk efektifitas dalam penyampaian informasi

    Like

  5. dalam artikel ini sy setuju dengan pengembangan multimedia menjadi
    – multimeda Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy.
    – Multimedia Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object.
    – Multimedia Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: