Home » Uncategorized » Sedikit ulasan tentang “Perencanaan Media Digital”

Sedikit ulasan tentang “Perencanaan Media Digital”

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Ketika merencanakan sebuah kampanye dalam bentuk digital, penting untuk mengetahui kekuatan setiap format digital. Bagaimana masyarakat merespon dan bagaimana semua format bekerja bersama. Hal-hal yang harus dipikirkan diantaranya adalah :

  1. Aturan media digital dalam kampanye digital.
  2. Membuat halaman bagi fans di media sosial.
  3. Bagaimana membuat fungsi website yang efisien.
  4. Bagaimana memberikan dampak melalui video online.
  5. Memberdayakan penggunaan perangkat mobile.
  6. Meningkatkan dampak iklan online.
Strategi Kampanye Digital

Strategi Kampanye Digital


Aturan Media Digital Dalam Kampanye Digital

Bukti I:
Media digital menjangkau sedikit tapi mempunyai dampak yang besar.

Opini penulis:
Media digital sebaiknya diposisikan sebagai bagian dari portofolio media yang memberikan dampak besar dari pada diposisikan untuk menjangkau masyarakat. Dampak yang besar terjadi sebagai efek dari ketepatan target dan kreativitas keterikatan.

Petunjuk:
Ada batasan jangkauan dalam kampanye melalui media digital. Oleh sebab itu penting untuk fokus pada pengembangan kreativitas untuk masyarakat yang menjadi target.

Bukti II:
Secara umum media digital menjangkau masyarakat yang sama dengan media TV. Banyak kampanye di media digital juga muncul di media TV. Kampanye di media digital untuk menambah frekuensi.

Opini penulis:
Media digital bukan elemen yang bisa berdiri sendiri.

Petunjuk:
Untuk iklan yang mayoritas menggunakan media TV, media digital diposisikan dengan informasi bahwa iklan yang sama sudah beredar di media TV.

Fans di Media Sosial

Fans di Media Sosial


Membuat Halaman Bagi Fans di Media Sosial

Bukti:
Fans yang berjumlah banyak belum tentu membawa dampak positif bagi brand.

Opini penulis:
Ukuran jumlah fans tidak penting. Berapapun jumlah fans akan membawa dampak bagi brand.

Petunjuk:
Memiliki jumlah fans sedikit bukan berarti efektifitas halaman fans tidak bagus. Berpikirlah efektifitas halaman fans sebagai efek multiplier : dampak 1 orang fans dikalikan jumlah fans.

Strategi Optimasi Website

Strategi Optimasi Website

Bagaimana Membuat Fungsi Website Yang Efisien

Bukti:
Website dan microsite dapat memberikan dampak yang besar pada brand.

Opini penulis:
Walaupun website dan blog tidak dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas dari pada iklan cetak, desain website dan fiturnya dapat menambah kemungkinan pengunjung online terlibat dalam permainan menarik atau program kampanye lain dan ini meningkatkan persepsi brand di mata masyarakat.

Petunjuk:
Integrasikan semua media online. Walau menggunakan FB fan pages, keberadaan website, blog dan microsite tetap diperlukan untuk mengatur bagaimana target masyarakat dapat terlibat dalam kampanye brand.

Ulasan tentang video online, perangkat mobile dan iklan online akan saya bahas dilain kesempatan.

Dari berbagai sumber.


1 Comment

  1. Media kampanye tidak hanya media digital saja tapi ada media cetak, online dan bisa melalui direct marketing

    nah, untuk media digital bisa melalui TV
    untuk media online bisa berupa facebook, namun selain facebook ada juga berupa twitter yang bisa membuat follower makin bertambah karna adanya fans. namun fungsi fans disini bukan untuk menguntungkan namun hanya untuk meretweet.

    untuk direct marketing bisa melalui whatsapp, line dll.
    namun keterbatasan direct marketing yaitu tidak bisanya untuk menshare video/animasi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,391 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: