Home » Uncategorized » Desain Video Game Untuk Simulasi Kesehatan

Desain Video Game Untuk Simulasi Kesehatan

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Banyak masyarakat Indonesia yang mungkin mengenal permainan video game hanya ditujukan untuk hiburan semata. Ketika lelah mendera setelah beraktifitas, mungkin bermain game menjadi pilihan favorit untuk menghilangkan lelah atau stres. Bahkan bermain video game menjadi salah satu pengisi waktu luang bagi sebagian besar masyarakat.

Apakah video game hanya berguna untuk kepentingan hiburan saja? Tentu tidak. Beberapa video game bahkan ditujukan untuk kepentingan simulasi bagi masyarakat dengan profesi tertentu, seperti masyarakat yang berkecimpung dalam dunia kesehatan.

Video game untuk kepentingan kesehatan dapat bermanfaat untuk :

  1. Pelatihan dan simulasi paramedis.
  2. Kerjasama tim.
  3. Meningkatkan kewaspadaan.
  4. Perubahan perilaku.
  5. Mengurangi rasa sakit.
Video Game untuk Paramedis

Video Game untuk Paramedis

Video game untuk melatih tim paramedis menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

Video Game untuk Pelatihan Prosedur

Video Game untuk Pelatihan Prosedur

Prosedur medis harus dipahami oleh setiap masyarakat atau paramedis agar terhindar dari kesalahan yang berakibat fatal.

Video Game untuk Simulasi Darurat

Video Game untuk Simulasi Darurat

Keadaan darurat bisa dihadapi oleh setiap orang. Untuk menghindari kegugupan akibat tidak terbiasa menghadapinya, video game untuk simulasi keadaan darurat sangat penting untuk dimainkan.

Video Game untuk Mendeteksi Perilaku

Video Game untuk Mendeteksi Perilaku

Video game bahkan bisa di desain untuk mengetahui perilaku pemainnya dan selanjutnya untuk digunakan sebagai “Pengawas” dari pihak yang berwenang. Contoh, Komandan tentara dapat melihat perilaku anak buahnya yang meminum minuman beralkohol hanya dari permainan simulasi video game.

Merasa Nyeri? Mainkan Game

Merasa Nyeri? Mainkan Game

Jika Anda merasakan nyeri atau sakit secara fisik, sebuah riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa bermain video game dapat mengurangi perasaan nyeri lebih aman dari pada menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Dari berbagai sumber.


5 Comments

  1. Dendhy Rukmana / DKV 2012130067 says:

    Kebanyakan sekarang beredar game yang mengandung unsur kekerasan. maka tak ayal banyak kalangan remaja maupun anak kecil meniru gaya kekerasan yang ada di dalam game tersebut. sekarang banyak remaja yang tawuran mungkin juga pengaruh dari game tersebut namun jika diciptakan game simulator seperti tentang kesehatan mungkin bisa menjadi alternatif game yang mendidik anak supaya bisa lebih mengerti rasa disiplin dan menjaga pola kesehatannya.

    Like

  2. Menurut saya, game edukasi seperti ini bagus untuk ke depannya. Ada baiknya lagi diperbagus grafik 3Dnya agar lebih menarik untuk dimainkan. Dan mungkin kalau game medis seperti ini jg diselipkan di dlm kuliah/pembelajaran kedokteran supaya pelajar sudah mengetahui lapangan kerja yg akan dijalani nantinya, dan tidak hanya teori saja yg dipelajari.
    Sebenarnya game2 edukasi lainnya ada juga seperti; Euro Truck Simulator, Microsoft Flight Simulator dan Train Simulator. Yang dimana game2 tersebut menempatkan diri kita seperti pengemudi sesungguhnya.

    Like

  3. Baik sekali, menurut saya ini telah membuktikan bahwa game tidak sepenuhnya negatif, karena game adalah salah satu media yang cukup cepat mempengaruhi otak pemain, jika game yang dimainkan adalah simulasi kesehatan, simulasi pembentukan kota, simulasi parkir dll game akan membantu dalam pegembangan konsentrasi pemain🙂 contoh kaskusnya game simulasi parkir, dengan grafis yang sangat sederhana anak kecil pun yang seharusnya belum mengerti apapa tentang kendaraan seperti mobil, bus, truck bisa memainkan dan bisa belajar bagaimana cara parkir yang benar. dan pasti akan banyak developer game yang punya visi misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa🙂

    Like

  4. adi irawan MM-5b / @adylhadylha says:

    Selain untuk bidang kesehatan, ada game yang juga bisa membantu perkembangan psikomotorik dan kecerdasan anak loh… Game bergenre edukasi dan strategi sangat bermanfaat untuk melatih logika berfikir anak. Bahkan beberapa penelitian membuktian, anak-anak yang terbiasa memainkan game bergenre tersebut lebih kecil kemungkinan menemuin kesulitan dalam hidupnya.. Karena ketika bermain ,anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan game tersebut. Game ini akan menimbulkan sifat, pantang menyerah, dan kemampuan berfikir keras… Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa dan memecahkan masalah yang di hadapi mereka. Dengan sering dihadapkan dengan game-game seperti ini, anak akan terbiasa dan akan mudah memecahkan masalah dengan logikanyaa..🙂

    Like

  5. septiyanh says:

    Menurut saya game simulasi harus lebih dikembangkan lagi karna gae sekarangg banyak yg mengusung tema kekerasan tanpa ada edukasi yg disampaikan dan game yg sukses yaitu train simulator dan semoga simulasi game kesahatan ini bisa lebih baik lagi dan dikenal.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: