Home » Uncategorized » Mengintip Perilaku Konsumen Untuk Strategi Branding

Mengintip Perilaku Konsumen Untuk Strategi Branding

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Dalam proses pengambilan keputusan pembelian, konsumen sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek strategi marketing yang dilakukan oleh marketer. Strategi marketing yang dilakukan adalah :

  1. Strategi Produk
  2. Strategi Harga
  3. Strategi Distribusi
  4. Strategi Promosi (Komunikasi Pemasaran)
Perilaku-Konsumen

Perilaku-Konsumen

Dalam melakukan strategi produk ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Product Portfolio
  2. Packaging & Labeling
  3. Branding Strategy
  4. Lifestyle

Produk tidak hanya menawarkan real value,tapi produk juga menawarkan  benefit untuk situasi atau pemecahan masalah konsumen. Misalnya :

  1. Konsumen tidak membeli pest control,tapi konsumen membeli bug- free enviroment.
  2. Konsumen tidak membeli mobil Lexus, tapi konsumen membeli kemewahan,status, kenyamanan & social appeals.
  3. oKonsumen datang ke cafe bukan hanya dikarenakan lapar, tapi konsumen datang untuk berinteraksi sosial.

Strategi branding sangat diperlukan untuk memasarkan produk. Secara praktis, brand -> immediately come to consumer’s mind to solving the problems. Misalnya :

  1. Where can I find information quickly?
  2. Where can I get a quick meal & make my kids happy?
  3. Where can I get the best dealon car insurance?
  4. Where can I buy everything I need, all at decent price?
  5. How do I find a value-priced hotel in Jakarta?

Untuk seorang konsumen, branding membuat proses pengambilan keputusan pembelian menjadi lebih efisien dan lebih mudah dibandingkan apabila tidak ada branding.

Dari berbagai sumber.


6 Comments

  1. nurdiana puji utami says:

    Strategi branding memang sangat penting dalam meningkatkan penjualan suatu produk.
    Apalagi konsumen di Indonesia yang mempunyai sifat gengsi dan menyukai produk-produk BRANDED.
    Dan untuk orang awam, dalam memilih suatu produk, pasti mereka akan memilih produk yang brand nya sudah mempunyai nama baik dibandingkan yang tidak memiliki nama.

    Like

  2. Patan Hari Nugroho 2011140027 says:

    Berarti kunci kesuksesan sebuah brand adalah yang bisa mendefinisikan brandnya dengan baik, keaslian dan akuntabilitas ?

    Liked by 1 person

  3. natika says:

    Menurut saya artikel ini bagus. Artikel ini menjelaskan bahwa aspek-aspek strategi marketing sangat mempengaruhi proses pengambilan keputusan oleh konsumen pada saat akan membeli suatu produk.

    Hal ini disebabkan oleh karena perilaku konsumen yang umumnya mengambil keputusan pembelian atas dasar efisiensi dan kemudahan dalam memperoleh suatu produk.

    Untuk mengambil keputusan pembelian menjadi lebih efisien dan lebih mudah, konsumen selalu mengandalkan antara lain branding.
    Oleh karenanya strategi branding sangat diperlukan sebagai salah satu strategi pemasaran produk selain strategi produk portfolio, packaging dan labeling, dan life style.

    Contoh :
    Konsumen membeli perangkat tablet Apple , bukan karena kebutuhan sehari-hari tetapi untuk penampilan social saja.

    Like

  4. Dendhy Rukmana 2012130067 says:

    Artikel tersebut sudah baik meskipun saya baru mempelajari mata kuliah Branding….

    Ya seharusnya perusahaan lebih jeli kepada selera konsumen yang bagaimana. Kadang kala perusahaan harus bersaing dengan ketat dengan perusahaan lain dalam memasarkan produk tersebut agar produk yang dipasarkan laris di pasaran dan menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri mengingat pangsa pasar saat ini sangatlah penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Konsumen lebih mementingkan masalah prestice dan lebih memilih berperilaku konsumtif. Sekian

    Like

  5. ciara natasha 2012130041 says:

    Saya rasa jika di dunia ini tidak bisa melihat kapan kita bisa mendapatkan peluang dengan cara mencari tahu prilaku konsumen yang seperti apa maka akan banyak produk di dunia tidak akan laku dan berkembang.. bahlkan bisa memicu tidak adanya produk baru yang bermunculan. dengan kata lain siklus hidup brending tidak akan hidup.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: