Home » Uncategorized » Apa Itu Kampanye Iklan (Advertising Champaign)?

Apa Itu Kampanye Iklan (Advertising Champaign)?

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Kampanye Iklan atau Advertising Champaign merupakan satu kesatuan kampanye iklan yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Hasil yang diinginkan bermacam-macam seperti keberhasilan Brand Awareness (pengenalan merk kepada Target Market), peningkatan penjualan produk, pengenalan produk baru, menguatkan citra merk di kalangan Target Market, meningkatkan jumlah Target Market, dsb.

Salah satu bentuk kampanye iklan

Salah satu bentuk kampanye iklan

Tahap Pertama dalam sebuah kampanye iklan adalah:

  1. Mengenali merk, produk, dan keunggulannya.Di sini adalah tahap riset. Mengenali keunggulan produk dan penempatan citra merk di Target Market.
  2. Menentukan berapa lama jangka waktu yang diperlukan untuk berkampanye.
    Ada berapa event atau kegiatan promosi yang akan dijalankan dalam beberapa media dengan jangka waktu pendek atau panjang. Misal: 1 bulan, 6 bulan, atau sampai 1 tahun.
  3. Menempatkan media-media atau event-event apa saja dalam jangka waktu kampanye.
    Semisal : menempatkan gebrakan iklan TV pada bulan pertama, kemudian pada bulan berikutnya menggunakan iklan media cetak, di tabloid, majalah, dan koran. Bulan berikutnya adalah event olahraga, dst.
  4. Memperkirakan budget yang digunakan untuk kampanye iklan.
    Tim Kreatif / Tim Desain harus berhati-hati dalam merencanakan suatu kampanye iklan. Yang harus diperhatikan adalah keinginan dari produsen/klien akan penekanan budget untuk beriklan. Karena tidak banyak Produsen/klien yang mau mengeluarkan biaya sangat besar untuk suatu kampanye iklan (apalagi hasilnya tidak maksimal). Berpikir realistis dan mencari iklan yang efektif tanpa banyak biaya akan lebih dipilih untuk direalisasikan.
  5. Merancang iklan dan membuat jadwal kegiatan.
    Setelah perencanaan media atau event telah direncanakan, mulai merancang media-media apa saja yang akan digunakan.
  6. Produksi segala media iklan dan promosi.
  7. Pelaksanaan kampanye iklan.

Salah satu iklan cetak

Salah satu iklan cetak

Beberapa media iklan yang lebih sering dipilih sekarang sebagai media yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan kuis, doorprize,  undian berhadiah, atau sejenis. Walaupun hal ini berkesan sedikit memaksa orang-orang yang mungkin bukan Target Konsumen inti, mengingat lebih menekankan lebih pada aspek penjualannya saja.

Beberapa  produsen membuat acara yang sangat berbeda dari jenis produk seperti : Fun Futsal Cup, digunakan untuk peningkatan penjualan rokok Dji Sam Soe, Liga Djarum,  dan sejenis. Kebanyakan digunakan untuk iklan rokok.

Salah satu iklan cetak

Salah satu iklan cetak

Di dalam periklanan kita juga mengenal Media BTL (Below The Line), yaitu media cetak/printing dan Media ATL (Above The Line), yaitu menggunakan media fasilitas umum atau diterapkan pada objek-objek yang ada di sekitar kita. Media ini juga sering dianggap lebih efektif untuk jangka panjang.

Dari berbagai sumber.


2 Comments

  1. alvin says:

    ada baiknya kita jga harus melihat dan melirik situasi yg terjadi atau hal-hal yg sedang hngat d perbincangkan.Jadi setiap kmpanye iklan yg di publish tetap fresh ,up to date dan masih tetap hangat untuk d publish.Dan selalu menjadi berbeda dari yg sebelumnya

    Like

  2. Saya akan memberi sedikit tambahan tentang Advertising Campaign yang saya tahu. bedasarkan tahap- tahap yang Bpk tulis diatas,kalau menurut saya sebaiknya setelah menempatkan media- media kita menargetkan siapa target audiensnya. Mungkin bisa menggunakan rumus pertanyaan 5W + 1H, seperti dibawah ini,

    1. What : Apa tujuanya ?
    2. Who : Siapa khalayak sasaran ?
    3. Where : Dimana iklan akan diletakan ?
    4. When : Kapan iklan akan diletakan ?
    5. Why : Kenapa harus demikian ?
    1. How : Bagaimana bentuk iklannya?

    Sedikit tambahan, hehe. Kalau menurut saya Advertising yang objektif itu apabila :
    1. Menciptakan brand awareness, image corporate
    2. Meningkatkan penjualan
    3. Market share
    4. Memperluas wilayah pemasaran

    Juga dalam merencanakan media, ada baiknya memperhatikan :
    Jangkauan, frekuensi, dan bobot

    Terima kasih
    maaf apabila terdapat kesalahan kata/ penulisan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: