Home » Uncategorized » Advertising Harus Mengubah Cara Pandang Orang

Advertising Harus Mengubah Cara Pandang Orang

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Pekerjaan yang sangat menantang bagi seorang strategic media planner dalam mengubah perilaku konsumen adalah emotion dan caution. Hal ini diungkapkan oleh seorang praktisi di dunia advertising. Sebenarnya advertising tidak terlepas dari obyektif mengubah cara pandang orang terhadap sesuatu.

Membeli Persepsi?

Membeli Persepsi?

Jika sebuah brand (merk) berhasil mengubah persepsi dan tingkah laku khalayak, hal tersebut akan berdampak positif bagi brand tersebut. Misalnya, ketika sebuah brand bisa mengingatkan orang untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, maka konsumen akan selalu mengingat brand tersebut -ketika akan mencuci tangan sebelum makan- tanpa perlu menyebutkan brand-nya.

Sumber: Paramita Mohamad, Strategic Media Planner.


7 Comments

  1. Reza Firdaus says:

    Advertising yang dapat mengubah cara pandang orang merupakan suatu karya yang luar biasa, dimana konsep, pengetahuan dan eksekusi yang dapat menjadi satu kesatuan dibuat secara matang. Para pelaku industri kreatif di indonesia sebenernya banyak sekali namun karena kurangnya dukungan dari pemerintah yang membuat industri kreatif di indonesia kurang berkembang. Di samping itu penempatan dan perawatan media iklan yang berada di tempat umum kurang diperhatikan juga. Saat ini telah banyak advertising yang dapat mengubah cara pandang orang, namun tidak dengan advertising di indonesia. Itu mungkin karena para strategic media planner yang selalu dituntut untuk mengikuti keinginan klien sepenuhnya tanpa mengindahkan eksplorasi kreatif dari strategic media planner itu sendiri. Kesimpulannya menurut saya adalah sudut pandang yang obyektif agar dapat mengubah cara pandang orang terhadap sesuatu juga harus dapat dukungan dari semua pihak.

    Ayo maju industri kreatif indonesia!!

    Like

  2. Saya Sebagai mahasiswa sebetulnya merasa dilemma saat menonton beberapa iklan yang beredar di televisi lokal. contoh jargon “berani kotor itu baik” apakah semua orang akan mempersepsikan hal yang sama ?

    saya membayangkan ketika seorang anak yang secara sengaja ataupun tidak, melihat iklan tersebut akan menjadikan jargon itu andalannya ketika ibunya memarahinya saat bajunya kotor. padahal belum tentu berkotor2 itu baik. bagaiman kalau kesehatannya yang terserang penyakit ketika di berkotor-kotoran ? maka muncul jawaban ; Ada iklan lain tentang produk kesehatan

    maka saya merasa seperti ada keterkaitan atau maksud-maksud tertentu antara pembuatan iklan produk satu dengan yang lainnya.

    mohon tanggapannya..

    Like

  3. bjhandian says:

    Saya ingin bertanya Pak, iklan (adv.) sebuah profile yang menampilkan kondisi fisik suatu tempat yang bersih, nyaman, dan tertata indah, sehingga membuat persepsi kita saat melihat iklan tersebut akan menilai bagus dan merasa cocok dengan tempat itu, contoh : sebuah profile Kampus/Universitas, apakah itu bisa dibilang dengan iklan yang sukses karena telah merubah cara pandang kita?

    Like

    • web7crawler says:

      Iklan yang sukses umumnya berdasarkan kriteria feedback seperti apa yang diharapkan dari masyarakat. Jika feedback tersebut sesuai dengan tujuan iklan, maka iklan tersebut bisa dibilang sukses. Intinta dalam iklan adalah pesan yang disampaikan harus dimengerti oleh target audiens.

      Like

  4. Rizhandani says:

    Redbull Stratos:
    Video tersebut dapat memberi persepsi khalayak bahwa Redbull tidak hanya mendukung pengembangan bidang otomotif namun juga pengembangan bidang antariksa.
    Sekilas, video yang dibuat oleh Redbull ini tidak membahas atau memperlihatkan produk Redbull itu sendiri. Awalnya, video ini bukanlah
    termasuk iklan produk, bukan karena video ini tidak memperlihatkan produk Redbull, namun video ini terlihat seperti sebuah dokumentasi sebuah misi yang sangat ekstrim, guna untuk mencetak rekor dunia.
    Untuk target audience yang dituju adalah orang-orang dewasa (17+).
    Banyak kesimpulan yang dapat ditarik audience; Bagi sebagian audience, mungkin ada yang berpikir bahwa ini adalah salah satu cara Redbull untuk mempromosikan nama RedBull dengan mencetak sebuah rekor; Sebagian audience akan berpikir ini hanyalah beberapa usaha lain Redbull untuk
    memajukan penemuan ilmiah dalam bidang aerospace; Dan sebagian audience akan berpikir ini hanyalah dokumentasi atas aksi felix yang
    disponsori oleh Redbull.

    Coca Cola:
    Video ini memperihatkan bahwa Coca-Cola tidak hanya dapat dikonsumsi oleh orang-orang dewasa, namun juga dapat dikonsumsi oleh para remaja.
    Dengan research, survey, dan voting yang berinteraksi langsung dengan remaja, Coca-cola jelas menargetkan produknya untuk para remaja, terutama remaja yang belum pernah menikmati minuman soda.
    Di iklan Coca-cola ini, menceritakan dan menjabarkan hasil survey, research dan voting terhadap para remaja dari sebuah negara belum pernah mencoba atau merasakan minuman soda.
    Salah satu strategi Coca-cola diperlihatkan di iklan ini, setelah melakukan voting terhadap nama para remaja yang belum pernah meminum soda, Coca-cola menaruh nama mereka di label produknya.
    Dengan tagline “Share a Coke” dan headline “Open Happiness”, Coca-cola sepertinya berharap adanya peningkatan konsumsi produknya terhadap para remaja, terutama kepada para remaja yang belum pernah mencoba Coca-cola.

    Like

  5. Indah Puspitasari says:

    sebernernya coment saya satu ini sedikit melenceng pak, dari brand..
    cuma, saya mau bertanya aj keterlibatan advertising yang merubah sudut pandang konsumen…

    Mungkin kita semua tau advertising berhasil merubah arti busway dalam setiap sign sistem di perusahaan Transjakarta…
    Pembodohan public sebenarnya, karena busway dalam kamus bahasa inggris berarti jalur bus, tapi pihak advertising dan pemerintah sendri merubah cara pikir kita yang akhirnya, semua masyarakat jakarta berpikir bahwa busway adalah nama angkutan umum jakarta… miris memikirkannya.. bisa dibayangkan orang” asing diluar sana saat membaca atau mendengar tentang kata” busway menurut orang Indonesia , mungkin mereka hanya bisa tertawa..

    entah siapa yang harus disalahkan pihak advertising atau pemerintah dalam penulisan sign system tersebut..

    Like

    • web7crawler says:

      Halo Indah…
      Betul yang kamu katakan bahwa ada yang tidak tepat dalam definisi “Busway” oleh penerintah daerah. Busway memang bukan memiliki arti angkutan umum, tetapi inilah yang terjadi. Mari berharap semakin banyak pejabat negara kita yang sadar akan definisi kata bahasa asing.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: