Home » Uncategorized » Tahapan dalam Strategi Digital (Digital Campaign)

Tahapan dalam Strategi Digital (Digital Campaign)

Twitter

  • Waspada terhadap buku yg dibuat utk dikonsumsi anak-anak. Ilustrasi sampul memang relevan tapi isi buku mungkin tak… twitter.com/i/web/status/8… This tweet is for my blog visitors only 10 hours ago
  • Pemilik IPK tinggi umumnya karyawan yg baik. Pemilik IPK rendah umumnya membuat usaha jika tak diterima kerja di kantor. :) This tweet is for my blog visitors only 12 hours ago
  • Konsep yg digunakan pada iklan ini menargetkan 2 kelompok audiens, ahli pengobatan & masyarakat (end user). :)… twitter.com/i/web/status/8… This tweet is for my blog visitors only 12 hours ago

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Ada 4 tahap penting dalam membangun dan menjalankan strategi (kampanye) digital, seperti yang terlihat dalam gambar berikut.

Tahap Strategi Digital

Tahap Strategi Digital

Masing-masing tahap ini menuju ke tahap berikutnya untuk menyampaikan kampanye digital yang koheren. Jika dikombinasikan, mereka memberikan strategi digital yang berkelanjutan dilihat dari sisi penonton dan persepsi merek dapat berevolusi.

Planning (Perencanaan)
Perencanaan strategi digital melibatkan analisis berikut:

  • Tujuan awal.
  • Latar belakang merek, posisinya saat ini dan persepsi audien (dibagi menjadi beberapa kelompok).
  • Lokasi audien dan nilai setiap kelompok audien terhadap tujuan awal.

Tahap perencanaan ini harus dianalisa dan dilakukan dengan fokus.

Creation (Penciptaan)
Tahap penciptaan ini fokus di sekitar kampanye dan tahap ini melibatkan:

  • Perencanaan elemen kampanye yang berdasarkan analisis sebelumnya.
  • Menciptakan indikator kinerja utama tiap lini kampanye.
  • Desain dan membangun elemen kampanye tiap lini.
  • Perencanaan waktu dan rute kampanye, membangun komunikasi yang baik serta membangun harapan.

Selesai tahap penciptaan untuk masing-masing lini kampanye dan bersiap untuk pelaksanaannya pada setiap lini tersebut.

Actualisation (Aktualisasi)
Aktualisasi berfokus pada pelaksanaan kampanye, termasuk :

  • Membangun timeline.
  • Merangkul target audien secara berkelanjutan.
  • Mengecek kemajuan contoh kampanye melalui dan mengoptimalkan pesan kampanye.
  • Merekam tiap informasi dari tiap langkah kampanye untuk dievaluasi.

Tahap aktualisasi berfungsi sebagai medium bagi strategi secara keseluruhan dan harus dilakukan reaksi cepat untuk merevisi strategi.

Evaluation (Evaluasi)
Evaluasi strategi digital sangat penting untuk mempelajari sebuah kampanye digital. Evaluasi meningkatkan efektivitas kampanye selanjutnya dan strategi menjadi kunci dalam perencanaan kampanye digital.

Sumber: Richard Conyard – Digital Strategiest, CIO RedAnt.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 148,908 hits

On The Spot

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,280 other followers