Home » Uncategorized » Tahapan Proyek Perancangan Situs Web

Tahapan Proyek Perancangan Situs Web

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Terdapat 3 macam proses pengembangan situs web, yaitu :

1. Web Rapid Application Development (Web RAD)
2. Waterfall Model (Model Rancangan Web Air Terjun)
3. Modified Waterfall Model (Variasi Rancangan Web variasi Model Air Terjun)
1. Web Rapid Application
Adalah proses perancangan situs web dimana desainer tidak memerlukan banyak diskusi dengan pihak klien sehubungan dengan desain situs  web yang ditampilkan. Metode ini dapat mempercepat proses perancangan situs web, tapi mengakibatkan banyak kekurangan yang terjadi. Metode ini tidak disarankan untuk perancangan situs web berskala besar.
2. Waterfall Model
Adalah proses perancangan situs web secara terstruktur dan berurutan dimulai dari penentuan masalah, analisa kebutuhan, perancangan implementasi, integrasi, uji coba sistem, penempatan situs web dan pemeliharaan. Metode ini cocok untuk perancangan situs web berskala besar.
Penentuan Masalah :
Pada tahap ini dilakukan diskusi antara pihak pengembang dan klien mengenai apa tujuan pembuatan situs web bagi klien dan apa saja keuntungan yang diperoleh klien dari perancangan situs web tersebut.
Analisa Kebutuhan :
Pada tahap ini dilakukan analisa kebutuhan dan spesifikasi lengkap tentang isi, jenis skrip yang digunakan, menentukan web statis atau dinamis, penggunaan multimedia dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pada tahap ini harus menerangkan sejelas-jelasnya terhadap situs web yang akan dibangun.
Perancangan :
Pada tahap ini kelompok web desainer dan kelompok web programmer berkolaborasi dalam menentukan rancangan situs web sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Kelompok web desainer membuat rancangan tampilan visual sedangkan web programer menentukan rancangan program yang dibutuhkan dalam pembuatan fasilitas-fasilitas yang ada pada situs web.
Implementasi :
Pada tahap ini dilakukan proses implementasi terhadap seluruh situs web sesuai dengan tugas masing-masing kelompok. Pada tahap ini dilakukan proses uji coba masing-masing unit, sehingga dapat diketahui bagian mana yang masih harus diperbaiki.
Integrasi :
Pada tahap ini dilakukan penggabungan dari semua komponen penyusun situs web, sehingga menjadi situs web yang solid dan sesuai dengan spesifikasi yang ada.
Uji Coba System :
Pada tahap ini dilakukan proses uji coba terhadap system yang dibangun termasuk di dalamnya sistem navigasi, fasilitas situs web seperti buku tamu, counter, login pengguna dan fasilitas lainnya diuji kinerjanya, sehingga dapat diketahui bagian-bagian mana yang belum berfungsi dengan baik.

Penempatan dan Pemeliharaan Situs Web :
Pada tahap ini situs web siap untuk dipublikasikan di internet. Pada proses ini selain pemeliharaan hosting yang baik juga perlu diperhitungkan pemeliharaan situs web tersebut. Seperti isinya perlu diganti atau diperbaiki yang pada dasarnya adalah menjadi tugas web administrator.


3. Modified Waterfall Model (Variasi Rancangan Web variasi Model Air Terjun)
Pada dasarnya metode ini adalah pengyempurnaan dari metode air terjun (waterfall mode). Hal ini disebabkan karena adanya kelemahan yang sangat mendasar dari waterfall model. Yaitu pada tahap penentuan masalah dan analisa kebutuhan menjadi tulang punggung keberhasilan proyek pembuatan situs web.
Persiapan Proyek
• Tujuan Pembuatan Situs Web
• Menentukan Siapa Pengunjung Situs Web
• Analisa Kebutuhan dan Spesifikasi Situs Web
1. Tujuan Pembuatan Situs Web
• Mengapa klien memerlukan situs web ?
• Mengaoa situs web yang dibangun memerlukan teknologi canggih ?
• Mengapa situs memerlukan komponen mulitmedia?

2. Menentukan Siapa Pengunjung Situs Web
• Jangan terlalu fokus pada jangkauan situs web.
• Range usia.
• Latar belakang target pengunjung utama.
• Akses situs web.
3. Analisa Kebutuhan dan Spesifikasi Situs Web
• Menentukan apakah situs web yang dibangun bersifat dinamis atau statis.
• Situs web statis adalah situs yang dalam menampilkan informasinya tidak memisahkan antara isi dan presentasi atau secara singkat isinya tetap.
• Situs dinamis adalah situs web yang dalam menampilkan informasinya memisahkan antara isi dan presentasi, dan isinya bersifat dinamis atau dapat diubah setiap saat tanpa mengubah seluruh dokumen HTML.
Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 134,210 hits

On The Spot

Get ready for final exam session. Just image tracing and motion tween only. #smk #smkbisa #smkbi #video #animasi #illustrator #flash #animation #2D Christiano Ronaldo is surely not aging, while Lionel Messi looks so old. :) #cr7 #messi #realmadrid #barca #photoshop #football

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: