Home » Uncategorized » 5 Prinsip “New Media”

5 Prinsip “New Media”

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Kita mungkin pernah mendengar istilah “New Media” dari berbagai referensi. Dalam benak pikiran kita mungkin istilah tersebut tidak asing-asing amat. Tetapi sebagian masyarakat menganggap istilah tersebut belum pernah mereka dengar atau ketahui sebelumnya.

Apakah “New Media” yang dimaksud disini sama dengan pengertian “Multimedia”? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini saya berikan informasi sekilas tentang 5 prinsip New Media, sehingga kita bisa mengetahui apakah “mahluk” New Media ini.

Prinsip New Media I : Terdiri dari angka (Numerical representation).
Karena semua obyek media dirancang dengan menggunakan kode digital saat mereka dirancang menggunakan komputer, maka mereka sebenarnya dibentuk dan dimunculkan dari angka-angka. Dengan demikian obyek media digital dapat dimanipulasi melalui algoritma secara matematis.

Prinsip New Media II : Berbentuk modul (Modularity).
Pixel, gambar, teks, audio/suara, frame, kode adalah elemen independen yang saling terintegrasi membentuk sebuah media baru (new media). Elemen-elemen ini dapat secara mandiri dimodifikasi dan digunakan berulang-ulang pada media dan aplikasi lain.

Prinsip New Media III : Bersifat otomatis (Automation).
Sifat otomatis mudah terlihat pada program-program komputer dimana pengguna komputer dapat membuat dan memodifikasi obyek media menggunakan template atau melalui algoritma. Ini dapat terjadi karena fungsi otomatis telah diterapkan dalam software.  Dengan kata lain campur tangan manusia dapat digantikan dalam proses kreatif.

Prinsip New Media IV : Bentuk yang mempunyai variasi (Variability).
Sebuah media baru (new media) bukanlah sesuatu yang bentuknya tetap tetapi sesuatu yang dapat muncul secara berbeda. Dengan kata lain media baru dapat muncul menyesuaikan dengan lingkungan dimana obyek media baru tersebut berada. Misalnya, format video bisa dibuat berbeda tergantung dimana akan ditampilkan.

Prinsip New Media V : Kode digital yang dapat berubah (Transcoding).
Sebuah obyek media baru dapat menyesuaikan diri/beradaptasi pada medium yang berbeda. Misalnya, gambar bisa diperbesar secara otomatis bergantung dari resolusi layar monitor pada alat/device yang berbeda.

Sumber referensi: Lev Manovich


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: