Home » Uncategorized » Karakteristik Bahasa Iklan (Characteristic of Commercial Writing)

Karakteristik Bahasa Iklan (Characteristic of Commercial Writing)

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Menurut Kasali (1995: 83:86) iklan yang bagus paling tidak memenuhi kriteria
rumus yang disebut AIDCA. Rumus itu merupakan singkatan dari dari elemen ‐ elemen:

1. Attention (perhatian)

Iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan
membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara
khusus.

2. Interest (nimat)

Iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan
lebih jauh.

3. Desire (kebutuhan)

Mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk
tersebut.

4. Conviction (keinginan)

Iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli.

5.  Action (tindakan)

Berusaha  membujuk  calom  pembeli  agar  sesegera  mungkin  melakukan  suatu tindakan pembelian.

Selain itu, Hakim (2006) menawarkan rumus iklan baik yang disebut dengan SUPER ʺAʺ, yaitu:

1. Simple (S)

Sederhana dalam hal ini dipahami sebagai ʺdapat dimengerti sekali lihatʺ.

2. Unexpected (U)

Unexpected artinya tidak terduga. Iklan seperti ini akan selalu diingat dan menjadi the top of mind, paling tidak dalam segmentnya.

3. Persuasive (P)

Iklan yang berpersuasif mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan
diri dengan brand dan tertarik untuk mencobanya.

4. Entertaining (E)

Dalam era yang sudah over comunication dan juga over iklan ini, pembuat  iklan harus kreatif. Jangan sampai pesan yang kita sampaikan dalam iklan menjadi tidak tersampaikan karena konsumen merasa kesal melihat iklan yang ditayangkan.

5. Relevant (R)

Iklan boleh melantur,tetapi dengan syarat harus relevan.  Iklan yang baik harus
dapat dipertanggungjawabkan, harus tetap dapat dirasionalisasi, harus ada
hubungan dengan brand dari produk yang kita iklankan. Iklan harus relevan dgn brand, baik brand positioning, maupun brand personality.

5. Acceptable (A)

Unsur acceptable atau penerimaan sangat berkaitan dengan budaya yang berlaku
di masyarakat. Iklan yang baik, adalah iklan yang dapat diterima oleh
masyarakat, sesuai dengan nilai budaya setempat.

Sumber:

– Agustrijanto, 2002. Copywriting. Bandung Rosda.
– Hakim, Budiman, 2006. Lanturan tapi Relevan. Yogyakarta: Galang.
– Rapp, Stan & Tom Collins. 1995. Terobosan Baru dalam Strategi Promosi, Periklanan, dan Promosi, Maxi  Marketing. (terj. Hifni Alifahmi). Jakarta: Erlangga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: