Home » Uncategorized » E-marketing dalam perspektif mahasiswa…

E-marketing dalam perspektif mahasiswa…

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Definisi Secara Umum

Secara definisi, pemasaran/marketing adalah sebuah proses yang melibatkan setiap aspek bisnis, mulai dari mendesain produk, menentukan harga dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Sedangkan e-marketing merujuk kepada penggunaan teknologi seperti internet, website, email, sms termasuk berbagai pilihan dan alat untuk pemasaran dan mencapai tujuan pemasaran.

Ada beberapa alat/tools pada e-marketing, yaitu :
– Business websites;
– Search Engine;
– Email;
– Online newletters/e-zines;
– Online catalogues;
– Online press releases;
– Online surveys;
– Online customer service;
– Banner advertising;
– Affilate marketing.
– Mobile telephone marketing;
– Online Community (Facebook, Youtube, dll)
– Web Log (Blog)

Konsep E-marketing

Tujuan pemasaran dalam e-marketing adalah untuk :
– Mendapatkan produk yang tepat
– Dipromosikan secara tepat
– Dijual di tempat yang tepat
– Didistribusikan di tempat yang tepat
– Menguntungkan

Contoh e-marketing diantaranya :
– Survey online untuk menentukan pasar
– Website untuk menampilkan dan menjual produk
– Internet untuk mempromosikan bisnis
– Software untuk mengumpulkan data pelanggan

E-marketing bukan sebuah alternatif untuk anda yang sudah mempunyai Rencana Pemasaran. Dalam kenyataannya Anda mungkin sudah memiliki Rencana Pemasaran yang mengidentifikasi tujuan pemasaran , menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut dan panduan kegiatan pemasaran Anda.

Anda dapat mengembangkan teknik e-marketing untuk meningkatkan rencana pemasaran yang ada untuk membuat kegiatan pemasaran Anda lebih efektif, lebih efisien dan bahkan Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat masuk ke dalam pasar baru baik lokal dan luar negeri.

Bagaimana e-marketing dapat meningkatkan rencana pemasaran yang sudah ada? Ada beberapa cara, yaitu :
1. Dengan penggunaan katalog produk berbasis internet Anda dapat mengurangi biaya pencetakan.
2. Dengan memanfaatkan sistem informasi pemasaran Anda dapat menganalisa informasi penjualan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik.
3. Pelanggan di seluruh dunia dapat melihat produk Anda melalui website.

Biaya e-marketing tergantung pada strategi mana yang anda pilih untuk dilaksanakan. Bisnis  dapat dimulai dengan menggunakan teknik e-marketing sederhana  seperti email, newsletter, data manajemen berbasis komputer dan internet. Anda hanya butuh komputer dan koneksi ke internet. Bisnis dapat juga menghabiskan uang banyak. Misalnya profesional e-marketing yang membutuhkan software khusus untuk kemudahan.

Beberapa topik dalam e-marketing, yaitu :
– Affiliate Program
– Search Engine Optimization
– Email Campaigns
– Banner Exchange
– Business Website
– Mobile Phone Marketing

Lecturer material, InterStudi School of Design, 2012.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: