Home » Uncategorized » Sekilas strategi iklan digital dari persepsi seorang praktisi media digital…

Sekilas strategi iklan digital dari persepsi seorang praktisi media digital…

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam merencanakan suatu iklan/promosi, mutlak diperlukan strategi yang tepat. Pada era teknologi informasi saat ini, strategi merancang iklan tentu sedikit berbeda jika dibandingkan dengan era tahun 80-an dimana pada masa itu, penggunaan teknologi belum banyak dan masih tergolong mahal. Tentu paradigma tentang suatu iklan pada saat ini berbeda, lebih kompleks pada sisi perancangan dan eksekusinya.

Iklan dalam media digital tidak semata-mata masalah teknologi, tetapi sudah sewajarnya membahas masalah tujuan (goals) yang ingin dicapai. Dengan kata lain penentuan tujuan dari iklan sangat penting. Salah satu praktisi digital advertising mengungkapkan bahwa menentukan tujuan harus spesifik (khas), dapat diukur, dapat dilaksanakan, realistis dan mempunyai jangka waktu.

Usaha yang perlu dilakukan dalam menentukan suatu tujuan dari iklan adalah mencoba mendapatkan data-data terkait dan relevan sebanyak-banyaknya. Hal ini tentu sangat bermanfaat sebagai bahan untuk analisa kekuatan dan kelemahan dari iklan-iklan serupa. Dan jika beruntung melakukan analisa yang tepat maka kita bisa merancang strategi yang tepat pula. Setelah memformulasikan strategi maka langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan strategi iklan tersebut dan memperhatikan perkembangannya (monitoring). Dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan maka akan diperoleh hasil (report) yang nyata (faktual). Pola ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan dampak dari iklan yang optimal.

Masih menurut praktisi tersebut, strategi salah satu website informasi/berita terkenal melakukan pemecahan sebuah berita menjadi 3 atau lebih artikel yang saling terkait. Tentu hal ini dilakukan website tersebut dengan tetap mengindahkan aturan 5W (who, why, what, where, when) dalam dunia jurnalistik.

Hal yang patut untuk dicermati menurut praktisi digital advertising tersebut adalah topik 6 dasar iklan kreatif. Disebutkan bahwa 6 dasar tersebut adalah interactive, customizable, contextual, entertaining, playable dan useful. Salah satu contoh brand yang melaksanakan 6 dasar ini adalah Mercedes dengan mobil citycar-nya, yaitu Smart.

Masih pada topik yang sama, yaitu digital advertising, praktisi tersebut memaparkan tentang kategori media yang digunakan untuk menampilkan iklan. Kategori tersebut adalah paid media, owned media dan earned media. Secara sekilas dipaparkan bahwa beriklan di paid media membutuhkan modal finansial yang cukup besar tetapi mempunyai dampak yang sangat efektif. Sedangkan owned media, sangat tidak dianjurkan kecuali brand yang diiklankan sudah dikenal masyarakat. Terakhir, earned media adalah media-media yang sudah populer sebagai media sosial dan banyak dipergunakan masyarakat. Media terakhir ini juga sangat efektif untuk mengiklankan sesuatu.

Sebagai kata penutup, praktisi digital advertising tersebut menekankan kembali pentingnya merumuskan tujuan dari iklan yang akan dibuat.

Seminar “Social Media and Digital Marketing Strategy”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: