Home » Uncategorized » Strategi media digital menurut seorang investor bidang kreatif…

Strategi media digital menurut seorang investor bidang kreatif…

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Tidak banyak diketahui banyak orang bahwa peluang untuk meraih masa depan yang lebih baik itu sebenarnya bisa diperoleh dari pengalaman-pengalaman kecil yang sudah kita alami. Anggapan bahwa untuk meraih masa depan yang lebih baik itu hanya bisa diperoleh melalui kerja keras dan modal yang cukup belum tentu bisa berhasil. Yang sebenarnya lebih diperlukan adalah kerja pintar (work smart) dan keinginan untuk berbagi pengalaman kepada orang lain. Selain tentu saja mensyukuri semua yang telah diperolehnya selama ini.

Sosok seorang pekerja kreatif yang dulunya pernah melakukan pekerjaan kasar seperti halnya office boy ini benar-benar sangat inspiratif, setidaknya dalam persepsi penulis. Sebut saja namanya Pak Andi. Beliau pada masa lalu lebih dikenal sebagai salah satu pekerja kreatif yang berbakat. Keahliannya dalam memanipulasi gambar telah mengangkat namanya di kalangan pekeja kreatif dalam bidang yang sama. Tidak ada keraguan sedikitpun atas hasil karya kreatifnya, bahkan sampai saat ini.

Terkait dengan posisinya saat ini, dimana Pak Andi lebih dikenal sebagai salah satu investor muda bidang kreatif, dia banyak memberikan dan membagi wawasan serta cara berpikir kreatif untuk melihat peluang-peluang dimasa depan berkaca dari kecenderungan-kecenderungan yang terjadi.

Simaklah tentang pendapatnyamengenai GDP (Gross Domestic Product) Indonesia yang pada tahun 2011 mencapai  $3469 yang ini berarti mulai tumbuhnya masyarakat kelas menengah di Indonesia. Hal ini juga meningkatkan populasi pengguna Internet Indonesia yang mencapai 61 juta orang dari 400 juta lebih penduduk Indonesia. Internet tentu masih merupakan teknologi baru yang sedang berkembang karena menurutnya jika teknologi sudah diadopsi oleh lebih sekitar 25% dari masyarakat maka itu sudah bukan lagi teknologi terkini.

Sosok Pak Andi juga menyoroti tentang pentingnya memahami kebiasaan konsumen (consumer behavior) jika ingin menjadi seorang pekerja kreatif yang baik. Sebagai contoh jika ingin merancang desain produk yang bagus, perlu memikirkan adanya stimulus (perangsang) berupa desain kemasan yang baik. Itulah sebabnya maka kemasan sebuah produk disebut sebagai silent salesman.

Permasalahan merek (brand) juga patut dicermati. Dikenal istilah “Zero Moment of Truth” dimana momen awal untuk memikat konsumen adalah dari merek. Brand is very important thing. Salah satu jalan untuk membuat masyarakat mengenal sebuah brand adalah melalui media sosial. Tentu hal ini harus disertai pemahaman atas perilaku soaial masyarakat dalam menggunakan media sosial agar memudahkan kita menyusun suatu cerita (story) dan sudut (angle) yang sesuai untuk mendapatkan efek yang bagus di media sosial.

Dalam hal strategi digital, Pak Andi juga menyoroti sebuah buku menarik karangan Groundswell yang berbicara masalah 4 prinsip dasar dalam strategi digital, yaitu People, Objective, Strategy and Technology. Masing-masing prinsip dibahas secara singkat oleh Pak Andi dan mudah dipahami. Pemahaman tentang media sosial yang diberikan juga sangat baik saat menyinggung tentang tingkatan pengguna media sosial, yaitu mulai dari who creates, who give critics, who is joined. Begitu juga saat menjelaskan profesi seorang buzzer di media sosial.

Terkait dengan sebutan sebagai salah satu investor bidang kreatif, pada akhir dialog, Pak Andi menegaskan bahwa Digital Company is not about technology, it is about frame.

Seminar “Social Media and Digital Marketing Strategy”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: