Home » Uncategorized » Strategi Media by Terence A Shimp…

Strategi Media by Terence A Shimp…

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Strategi Media

Strategi media sebenarnya dikembangkan dari strategi periklanan yang lebih umum. Terdapat empat kegiatan strategi media:

1. Memilih audiens sasaran.
2. Menspesifikasi tujuan media.
3. Memilih kategori media dan sarana.
4. Membeli media.

Memilih audiens sasaran

Faktor utama dalam mensegmentasi audiens sasaran:
1. Geografis
2. Demografis
3. Pemakaian produk
4. Gaya hidup/psikografis
Audiens sasaran didefinisikan dalam batas spesifik yang mempunyai implikasi jelas untuk pesan dan strategi media.
Menentukan Tujuan Media
Dasar perencanaan media:
1. Jangkauan
     • Persentase audiens sasaran yang diekspos sekurang-kurangnya satu kali  dengan pesan pemasang iklan selama jangka waktu tertentu.
     • Beberapa faktor yang menentukan jangkauan kampanye pemasangan iklan:
        a. Banyaknya media yang digunakan.
        b. Jumlah dan keragaman sarana media yang digunakan.
        c. Pembedaan bagian-bagian hari saat iklan ditayangkan.
2. Frekuensi
     • Jumlah waktu rata-rata, dalam periode empat minggu di mana para anggota audiens sasaran diekspos kepada sarana media yang termasuk dalam jadwal media tertentu.
3. Bobot
     • Gross Rating Points (GRPs) merupakan indikator jumlah bobot kotor yang dapat disampaikan jadwal periklanan tertentu.
     • Secara aritmatika, GRPs merupakan hasil dari jangkauan dikalikan dengan frekuensi. GRPs = Jangkauan (J) x Frekuensi (F)
4. Kontinuitas
• Bagaimana iklan dialokasikan selama ditayangkannya suatu kampanye periklanan.
a. Jadwal yang kontinu
Jumlah uang yang sama diinvestasikan sepanjang kampanye.
b. Pulsing
Digunakan beberapa iklan selama setiap periode kampanye, tetapi jumlahnya sangat bervariasi dari periode ke periode.
c. Flighting
Pemasang iklan mengeluarkan biaya yang bervariasi selama kampanye dan tidak mengalokasikan biaya pada beberapa bulan.
Sumber: Periklanan dan Promosi, Terence A Shimp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: