Home » Uncategorized » Sekilas tentang “Advertising Game” (iklan dalam bentuk game)…

Sekilas tentang “Advertising Game” (iklan dalam bentuk game)…

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Adv Games

Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”   – John von Neumann dan Oskar Morgenstern (1953)

Promosi adalah semua yang dilakukan untuk membantu penjualan suatu produk atau jasa di tiap tempat jaringan penjualan, mulai dari bahan-bahan presentasi yang di gunakan seorang tenaga penjual ketika melalui penawaran hingga siaran niaga, televisi, atau iklan di surat kabar yang mencoba memikat pelanggan agar memperoleh kesan yang menyenangkan terhadap apa yang di iklankan, “ – Fread dan Mangun (1999)

Advertising games (adv-games) adalah jenis game yang secara eksplisit maupun secara menyeluruh memasukkan muatan promosi sebagai marketing tools ke dalam sebuah game. Pada adv-game, brand menyatu dengan cerita, misi maupun aktifitas lain dalam game. Penerapan adv-games ini dapat terlihat pada beberapa unsur games seperti karakter dengan brand tertentu, gameplay menampilkan ciri khas produk tertentu, banner iklan pada suatu segmen game, ataupun unsur lainnya.

Pada dasarnya, adv-games telah ada sejak dulu, namun terus berubah dan berkembang dari masa ke masa. Adv-games bukan hanya berupa video games saja, akan tetapi bentuk permainan tradisional semacam monopoli, ular tangga, maupun catur, dapat menjadi suatu adv-games dengan catatan adanya brand awareness yang terdapat di dalamnya. Adv-games berkembang ke media digital mengikuti perkembangan teknologi, bahkan kini media smartphone pun telah disisipi beberapa aplikasi adv-games.

Manfaat Adv Games

Bagi suatu perusahaan, adv-games dapat memberikan banyak manfaat, baik itu bagi produk maupun brand awareness perusahaan itu sendiri. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut,

  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lama.
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
  • Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.

Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Kategori

Adv-games dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu :

In-Advertising Games, ini adalah jenis game yang menyisipkan unsur-unsur produk maupun brand perusahaan ke dalam game yang dibangun. Dengan kata lain, game jenis ini tidak seluruhnya menampilkan content produk yang bersangkutan.

Pure Advertising Games, untuk jenis game kedua ini adalah, seluruh gameplay, judul, maupun unsur yang terdapat dalam game tersebut seluruhnya murni merupakan brand awareness dari produk yang bersangkutan. Misalnya game PepsiMan yang secara jelas mengangkat brand Pepsi meski dalam gameplay-nya tidak selalu harus berkesesuaian.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan adv-games akan terus berkembang, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Trend hiburan dunia mulai beralih dari trend televisi menuju trend internet.
  2. Kurang efektifnya pemasaran online secara umum, seperti email advertising, pop-up add, pay per click, dan sebagainya.
  3. Adv-games merupakan konsep periklanan baru teknologi internet untuk melaksanakan kampanye pemasaran viral.
  4. Kekuatan game tidak sekedar memberikan informasi atau pemahaman, namun memberikan kesan mendalam, interaktifitas, pengalaman terhadap suatu produk sehingga menimbulkan brand awareness yang besar.
  5. Adv-games tidak dianggap sebagai penyusupan sehingga muatan promosi dianggap sebagai bagian dari permainan (games).
  6. Melibatkan gamer sebagai bagian dari tindakan pemasaran bukan hanya pengamat.

Di Indonesia sendiri, tingkat kebutuhan akan advertising tercatat cukup besar, berdasarkan data Survei Nielsen mengenai belanja iklan didapatkan data dengan kebutuhan iklan terbesar adalah sektor pemerintahan dan organisasi politik sebesar Rp. 2,182 triliun, bidang telekomunikasi dan jasa Rp. 1,770 triliun, bidang korporat Rp. 1,432 triliun, bidang otomotif Rp. 1,162 triliun, dan bidang properti Rp. 1,055 triliun. Dengan kata lain, adv-games dapat menjadi suatu bisnis yang potensial di masa depan.

Dari berbagai sumber.


1 Comment

  1. Mengenai advertising game, bila kita lihat dan telusuri dari belakang, bahwa sebenarnya konsep seperti ini sudah sangat lama ada, bahkan jauh sebelum era smartphone.

    Bila kita membicarakan advertising game, “pepsiman” mungkin merupakan salah satu advertising game yang paling fenomenal, diluncurkan pada tahun 1999 di konsol Play Station, pepsiman adalah game yang fenomenal pada zamannya. Siapa yang tidak kenal dengan game yang satu ini, semua gamer, khususnya generasi 90 ke bawah pasti kenal dengan game yang sangat melegenda ini, di video game ini, bahkan promosi pepsi sangat jelas sepanjang permainan, dari karakter, jalan cerita, latar belakang, merk “pepsi” sangat lah terekspos dalam game ini.Dalam hal ini banyak hal yang bisa terjadi, antara pihak developer game, publisher, dan juga pada pihak brand itu sendiri.

    Pembuat Game atau developer bisa meng-endorse atau menjalin kerjasama dengan merk – merk tertentu untuk mensponsori mereka dengan timbal baliknya merupakan brand itu muncul dalam game tersebut, atau mungkin juga dengan kemungkinan yang lain seperti kebalikannya, pihak “brand” tertentu yang meng-endorse developer game / publisher game untuk membuatkan mereka suatu video game sebagai langkah promosi brand mereka, dibalik itu masih banyak kemungkinan yang mungkin terjadi, yang menguntungkan kedua belah pihak.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: