Home » Uncategorized » Sekilas informasi menempuh Tugas Akhir (TA) di bidang kreatif……

Sekilas informasi menempuh Tugas Akhir (TA) di bidang kreatif……

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Sebagaimana kita ketahui bahwa syarat kelulusan sebagai sarjana Strata 1 (S1) di semua perguruan tinggi di Indonesia adalah harus melalui jalur skripsi dan non-skripsi. Jalur skripsi ditempuh lebih untuk memberikan wawasan dan pola pikir secara integral serta menjadi jalur mudah untuk melanjutkan ke tingkat Strata 2 (S2). Sementara jalur non-skripsi ditempuh bila mahasiswa hanya ingin mengambil mata kuliah-mata kuliah saja untuk lulus. Seperti kita ketahui bahwa gelar sarjana S1 dapat diperoleh setelah menempuh min. 146 SKS sesuai ketentuan pemerintah.

Pada beberapa perguruan tinggi, jalur non-skripsi lebih diutamakan dari pada jalur skripsi. Perguruan tinggi bidang kreatif umumnya menyediakan jalur non-skripsi sebagai jalur yang disarankan. Salah satu perguruan tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Desain InterStudi (STDI). Walaupun demikian mahasiswa tetap diberikan kesempatan mengambil jalur skripsi.

Jalur non-skripsi di STDI lebih dikenal dengan nama “Tugas Akhir”/Final Assigment. Jalur ini menggunakan metodologi penelitian yang sama dengan jalur skripsi. Perbedaan utamanya adalah pada Tugas Akhir (TA), penilaian ditekankan pada suatu desain karya kreatif yang disebut media utama beserta media pendukungnya. Tujuannya adalah memberikan wawasan yang terintegrasi kepada mahasiswa mengenai proses berkreasi yang baik dan sekaligus melihat peluang ekonomi dari karya kreatif di industri.

Tugas Akhir selalu mempunyai bentuk berupa media karya kreatif dan media pendukungnya beserta pengantar karya. Pengantar karya adalah sebutan bagi sebuah karya tulis yang berisi tahapan-tahapan berkreasi untuk menghasilkan karya kreatif. Pengetahuan tentang konsep kreatif, model klien dan psikologi konsumen diperlukan untuk menghasilkan sebuah karya kreatif tepat guna.

————————————————————————————————
Artkel berikutnya akan membahas tahapan-tahapan membuat Tugas Akhir.

Sumber: pribadi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: