Home » Uncategorized » Sedikit trik untuk menentukan arah dalam merancang sebuah website

Sedikit trik untuk menentukan arah dalam merancang sebuah website

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Seringkali kita pusing ketika mempunyai keinginan memiliki sebuah situs, namun bingung apa yang harus ditampilkan dan bagaimana nantinya. Nah,  dari pengalaman pribadi yang terbatas, berikut adalah info singkat tentang tahap yang harus dilalui, yaitu:

1. “Untuk Apa” website ini dibuat.
2. Target dan tipe pengakses (enduser).
3. Manfaat.
4. Daftar kebutuhan untuk mencapai target (features).
5. Dari 0% ke 100%.

1. Kita harus paham “untuk apa” situs ini dibuat.

Gali ide kamu dan catat, Mulailah untuk menuangkan ide-ide tersebut ke dalam kertas kosong tentang keinginan kamu. Buatlah seperti perencanaan kecil-kecilan yang nantinya akan memjadi konsep dasar dan pengambilan keputusan akan arah yang jelas. Hal ini memang membosankan, tapi bagaimanapun harus dilalui. Nah, hasil dari proses ini adalah :
– Konsep dasar
– Tema
– Daftar materi dan fitur yang diharapkan lengkap dengan keterangan.

2. Target pengakses (enduser) harus jelas.

– Lagi-lagi mulailah untuk bertanya-tanya tantang siapa saja yang akan mengakses web kamu nantinya. Buatlah daftar tipe pengakses berdasarkan tujuan, usia pengakses, status pendidikan. Kamu bisa menambahkan sendiri kriteria “calon” pengakses web kamu.

Dengan terjawabnya pertanyaan diatas maka diharapkan dapat dengan mudah menentukan gaya, desain template dan pewarnaannya berikut dengan susunan menu dengan tidak mengurangi atau menambah dari konsep dasar yang sudah kamu rencanakan tadi.

3. Manfaat.

Manfaat adalah tujuan utama dari segala aktifitas hidup, baik memberi manfaat ataupun mendapatkan manfaat. Nah, sebelum kamu memberikan manfaat kepada pengakses, pastikan kamu paham dulu tentang apa yang akan kamu dapatkan dengan membuat sebuah situs web, apakah dengan tujuan membuat situs web kamu dapat pahala, profit, kebutuhan pribadi ataukah untuk tujuan-tujuan yang lain.

Setelah membuat daftar materi diatas tadi, untuk masing2 fitur dan materinya pastikan semua mempunyai deskripsi manfaat, baik untuk kamu sendiri maupun untuk pengakses. Untuk yang ini prioritaskan manfaat untuk pengakses. Sekali lagi, jangan lupa untuk mencatat rencana manfaat yang didapat pengakses.

4. Daftar kebutuhan untuk mencapai target.

Dari ulasan singkat diatas sudah dapat ditentukan seperti apa nantinya situs web tersebut. Nah, mulailah untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan. misal: content web, diagram, alur database, software2 pendukung, sistem yang dibangun, SDM (Sumberdaya Manusia), berikut dengan elemen pendukungnya.

5. Dari 0% ke 100%.

Buatlah catatan yang bersifat perencanaan , persiapkan hitungan untuk waktu dan biaya. langkah sederhana seperti ini:
1. Pisahkan catatan teknis dan non teknis.
2. To Do List : Daftar pekerjaan, jadi kira-kira apa saja yang harus dikerjakan dan berapa jam harus selesai setiap pekerjaannya.
3. Jadwal kerja : pastikan hari demi hari direncanakan dengan baik tentang apa yang harus dikerjakan.
4. Faktor X : perkiraan tentang bencana ataupun yang menghambat perencanaan diatas yang mungkin terjadi disekitar hidupmu, misal kemungkinan minggu ini akan putus cinta. Untuk menyikapi faktor X: buatlah daftar prioritas antisipasinya pula dan waktu penyelesaiannya.

Memang banyak cara-cara lain yang lebih efisien dan mengena pada sasaran, dan sampai saat ini pun penulis masih belajar untuk membuat cara yang lebih baik.

Semoga bisa memberi manfaat dan memberi inspirasi.

Dari berbagai sumber dan pengalaman penulis.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: