Home » Uncategorized » Merancang aplikasi (musik) di iPad dan konsep promosinya

Merancang aplikasi (musik) di iPad dan konsep promosinya

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


indra

Indra Lesmana, musisi jazz kenamaan Tanah Air, merilis sebuah aplikasi musik untuk para pengguna iPad. Aplikasi yang bernama Indra Lesmana Music Apps ini dikembangkan oleh developer PT. Diantara Kode Digital atau yang lebih dikenal dengan brand Better-B. Aplikasi ini dirilis dalam dua versi yaitu Indra Lesmana Lite yang diberikan secara gratis atau cuma-cuma dan Indra Lesmana HD yang dibandrol seharga Rp. 39,000.-

Indra Lesmana Music Apps ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik disertai dengan visual dan sentuhan. Berisikan empat menu utama yaitu “Music”, “Video”, “Inspire The Moment” dan juga “Sheet Music”. Di pilihan “Music” loe akan disajikan 5 buah lagu The Sign, Reborn (8 bit Chronicle), Angels On My Side (featuring Eva Celia), Two Steps At A Time dan juga 11:11. Loe juga diberikan pilihan untuk membaca lirik lagunya jika ada dan juga visualizer yang akan menampilkan visualisasi dengan menggunakan foto yang ada didalam media penyimpanan iPad.

indralesmanadepan

Selain itu, tiap lagu diberikan tombol ‘Tweet this song’ agar dapat pamer di media sosial. Yang menarik adalah untuk dapat mendengar lagu Reborn kita diharuskan bermain game “Play Along” yang ada dalam menu “Inspire The Moment” dan mendapatkan score setidaknya 60%. Dalam menu “Inspire The Moment” ada juga game “Sing Along” dengan kita diberikan pilihan untuk menggunakan vokal pria atau wanita.

Dalam menu “Video” terdapat tujuh buah pilihan video klip yang beberapa diantaranya diambil dari penampilan Indra Lesmana di event reguler di Red White Jazz Lounge. Empat buah video yaitu Ups N Down, Moon Over Asia, Two Steps At A Time dan Drama hanya bisa dapat diputar jika membeli versi aplikasi yang High Definition. Sedangkan tiga video lainnya yaitu The Sign, Angels on My Side dan Reborn (8bit Chronicle) ini dibiarkan tidak aktif sementara waktu untuk membuat penasaran pengguna agar kembali lagi di kemudian hari. Cara yang efektif untuk retain para pengguna aplikasi musik Indra Lesmana ini.

Tak ketinggalan menu “Sheet Music” yang merupakan legacy Indra Lesmana sebagai seorang komposer. Menu ini berisi empat buah sheet music yaitu Aku Ingin, Sedalam Cintamu, Bulan Diatas Asia dan Back Into Sumthin yang hanya bisa diakses jika kamu membeli versi aplikasi yang High Definition pula.

Merilis aplikasi musik semacam ini pernah juga dilakukan oleh band Ungu yang pada saat awal-awal peluncurannya dibandrol seharga $2.99 dan sekarang telah digratiskan. Aplikasi musik milik Indra Lesmana ini sayangnya tidak ada tombol membeli ke iTunes, padahal album milik Indra Lesmana tersedia juga di iTunes.

Merilis musik melalui aplikasi semakin umum dilakukan oleh para musisi apalagi musisi Indonesia. Musik rekaman pun tak lagi dijual satu arah dan kini dapat berinteraksi meskipun bukan lewat panggung nyata. Dan tentunya lewat aplikasi yang didesain story boardnya secara serius dapat meningkatkan loyalitas fans music untuk terus kembali dan mencintai musisi favoritnya.

Terkait dengan berita tersebut, tercatat ada beberapa mahasiswa Jurusan Desain Multimedia yang berniat menjadikan konsep rancangan aplikasi ini beserta konsep promosinya sebagai tema Tugas Akhir (TA). Sebuah ide kreatif yang patut dicoba.

Sumber : tekno.kompas.com
hot.detik.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: