Home » Uncategorized » Sekilas Komunikasi Bisnis (dengan aplikasi multimedia)

Sekilas Komunikasi Bisnis (dengan aplikasi multimedia)

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Membentuk Komunikasi Bisnis Perusahaan

images2

Yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk, jasa, atau juga sebuah organisasi. Informasi yang relefan dalam bisnis atau yang berurusan dengan masalah hukum dan yang sejenis. Komunikasi bisnis ini juga merupakan sarana rantai pasokan antara konsumen dan produsen.

Selama ini komunikasi bisnis hanya dikenal sebagai “Komunikasi.” Padahal komunikasi bisnis ini mencakup berbagai topik termasuk Pemasaran, Branding, hubungan pelanggan, perilaku konsumen, Advertising, Public relations, komunikasi Perusahaan, keterlibatan Komunitas, Riset dan Pengukuran, manajemen Reputasi, komunikasi interpersonal, keterlibatan karyawan, komunikasi online, serta manajemen Event.

Komunikasi Bisnis merupakan topik yang umum termasuk dalam kurikulum Master of Business Administration (MBA) yang banyak diajatkan universitas. Dalam dunia bisnis, istilah komunikasi itu sendiri mencakup berbagai saluran komunikasi termasuk Internet, Print (Publications), Radio, televisi, media Ambient, Outdoor, dan metode dari mulut ke mulut.

Komunikasi Bisnis juga dapat merujuk kepada komunikasi internal. Seorang direktur komunikasi biasanya akan mengelola komunikasi internal dan kemudian mengirimkan pesan ke karyawan. Sangat penting bahwa komunikasi internal ini bisa dikelola dengan baik karena seringkali terjadi komunikasi ini kurang berhasil sehingga bisa membuat sebuah pesan yang justru dapat memupuk ketidakpercayaan atau permusuhan dari karyawan.

Ada beberapa metode komunikasi bisnis yang selama ini dikenal, yaitu:

1. Komunikasi Berbasis Web
2. eMail
3. Laporan
4. Presentasi
5. Teleconference
6. Forum Diskusi
7. Diskusi Tatap Muka

Media Promosi Bisnis/Usaha

Salah satu media komunikasi bisnis di internet adalah melalui iklan online yang akan ditampilkan pada situs tertentu. Ada beberapa situs yang menyediakan sarana periklanan online ini, salahsatunya yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia adalah fasilitas adwords dari google. Melalui fitur ini, iklan kita akan ditampilkan di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi. Selain itu, iklan Anda juga akan ditampilkan pada situs-situs jaringan google seperti pada situs/blog adsense.

Sementara itu situs lokal di Indonesia yang juga menyediakan sarana periklanan adalah balizon. Disana Anda bisa memasang iklan baris, iklan paragraph, showroom bisnis, maupun menjual produk melalui fasilitas toko online bersama.

Teknologi dalam komunikasi bisnis

Teknologi merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak hasilnya.

Salah satu alasan mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimuli visual dan stimuli oral.

Dan alat bantu multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.

Anderson (1966) menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar. Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.

Dari berbagai sumber.


1 Comment

  1. Pada dasarnya menurut saya Komunikasi Bisnis itu mengajarkan kita tentang pelajaran tentang Komunikasi terhadap orang yang berada di sekitar kita dengan baik dan mengajarkan bagaimana kita mempunyai bisnis dan menerapkan dan melakukan hal tersebut dengan baik di dalam komunikasi Bisnis kita mempelajari tentang bagaimana dasar dasar manajemen dasar dasar pemasaran dan pengantar ilmu ekonomi dan yang terutama yaitu mata kuliah Komunikasi Bisnis dan masih banyak lagi kita di ajarkan mata kuliah tersebut untuk mengetahui atau memperdalam ilmu tersebut yang sebelumnya belum pernah kita pelajari dan selain itu kkta juga di ajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik itu ada di mata kuliah Pengantar Ilmu ekonomi dan komunikasi massa dan komunikasi antar pribadi dan komunikasi lintas budaya disini dalam setiap mata kuliah dijelaskan dasar dasar komunikasi dengan baik terhadap sesama maupun sampai inti cara bagaimana melakukan komunikasi ketika kita sedang menjumpai lalu selain kita harus menguasai ilmu dari bidang komunikasi dan bisnis nya, kita juga harus mengerti bagaimana cara menggunakan audio dan visual dengan baik dan ada mata kuliah aplikasi dasar komputer dan Multimedia kita diajarkan pada aplikasi dasar komputer itu untuk menguasai teknis menggunakan Microsoft word dan Miscrosoft Excel dan yang emang paling sulit itu Microsoft excel karena harus benar benar ingat menghafal Rumus pada setiap soal yang berbeda dan kalo di Multimedia kita di ajarkan kurang lebihnya bagaimana kita ingin mengedit suatu video yang kita inginkan yang tadi nya berbeda beda menjadi satu dan di ajarkan bagaimana untuk menambahkan effect atau pun song pada video yang ingin kita buat. dan itulah beberapa yang saya jelaskan dalam komunikasi Bisnis dan intinya opini pada artikel itu ialah , jika kita ingin membuka suatu bisnis kita perlu menganalisa tempat yang akan kita melakukan suatu usaha dan perlu nya ada Segmentation dan Targeting dan Positioning dalam hal mempromosi kita sangat perlu menguasai media media sosial dan internet untuk melakukan promosi usaha jualan kita dengan membuat video tentang usaha kita lalu kita edit semenarik mungkin dan memberikan theme song sesuai video yang kita buat setelah itu kita upload ke Youtube dan setelah mendapatkan Link nya kita melakukan Promosi atau menge Share video usaha kita ke teman teman yang ada di kontak kita seperti Bbm, Whatsaap, Twitter, Facebook, Path, Instagram, Line, dan video tersebut dibuat semenarik mungkin agar dapat menimbulkan rasa ingin tahu atau rasa ingin mencoba dari Calon Pembeli. Sekian Terima Kasih Mohon Maaf jika ada salah salah kata yang tidak di sengaja Mohon dibuka pintu Maaf.

    Albertus Glagah
    Mahasiswa Jurusan Komunikasi Bisnis

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,365 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: