Home » Uncategorized » Tahapan merancang sebuah game

Tahapan merancang sebuah game

Twitter

Recent Followers

This blog has 60 nice blog followers. Thanks for your attention.


Latar Belakang Industri Game

Perkembangan industri game di dunia sudah sangat marak dan menjanjikan, beberapa negara telah menjadikan industri kreatif terutama games menjadi bagian yang penting bagi pertumbuhan ekonomi mereka. Di indonesia sendiri perkembangan industri kreatif terutama games sudah mulai marak dan pesat. Dengan pertumbuhan game di Indonesia yang sudah semakin berkembang membuat para programer maupun pencipta game – game dari luar negeri untuk memasarkan produk – produk mereka di Indonesia.

Industri game di Indonesia sudah ada sejak lama. Sejak tahnn 1991, sudah muncul game – game lokal, tetapi belum jelas siapa yang membuatnya. Seiring waktu yang berjalan, mulai satu persatu orang memulai membuat game sendiri dengan aplikasi yang sangat terbatas, namun tidak di publish ke luar, melainkan di mainkan oleh kalangan sendiri. Makin ketahun demi tahun mulailah muncul orang – orang yang memberanikan diri untuk membentuk sebuah team dan membangun studio game di indonesia.

Salah satu studio game yang cukup senior di Indonesia adalah
1. Matahari Studio
Matahari Studio merupakan Studio Outsourcing. Disini Matahari sering kali mendapat project outsourcing dari EA GAMES, dimana mereka terlibat dalam beberapa project Need For Speed, baik itu NFS Underground, Most Wanted maupun Carbon.
2. Max Studio
Max Studio berlokasi di jalan panjang Jakarta. Max Studio baru bergelut di industri game baru sekitar 5 tahunan lebih, tetapi sudah menghasilkan lumayan banyak game dan salah satu gamenya yang berjudul Burning Amor yang pernah menduduki jajaran atas top ten game mobile application di Taiwan dan beberapa negara lainnya. Bahkan dengan game ini pula, Max Studio berhasil menjuarai EDGE coding competition se-ASIA tahun 2009. Sekarang pun mereka sedang mendevelop game 3D dengan XNA. XNA nantinya bisa digunakan untuk aplikasi XBOX 360.
3. Altermyth
Altermyth ini merupakan nama lain dari Mythic Perperctive berkantor di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Altermyth merupakan pembuat game Inspirit Arena dan mereka memiliki divisi khusus yakni LILO. Altermyth juga bertugas mengembangkan LILO online.
4. Menara Games
Menara games merupakan salah satu game studio di Bandung. Meski terkesan baru dan muda, tetapi menara games memiliki game yang berhasil meraih jajaran atas di website gamehouse.

Kuesioner

Untuk mengetahui pendapat umum mengenai spesifikasi game yang akan dibuat maka penulis mengumpulkan data. Metode yang kami pilih untuk mengumpulkan data adalah dengan metode kuesioner yang kami sebarkan pada target utama yang akan memainkan game yang sudah ditentukan. Hasil kuesioner tersebut penulis analisis untuk
mengetahui masukan / pendapat dari responden.

Tujuan Kuesioner

Adapun tujuan dari pelaksaan kuesioner ini adalah untuk membantu dalam pengumpulan data, sehingga dapat diketahui :
1. Elemen – elemen apa dalam game yang disukai oleh responden.
2. Hal apa saja yang mereka ingin dapatkan setelah bermain game
sehingga dapat berkesan setelah memainkan game.
Kuesioner ditanyakan kepada 100 responden.

Bersambung…

Dari berbagai sumber.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alexa Traffic Ranks (April 2014)

Blog Stats

  • 135,394 hits

On The Spot

A shark attack, a 2D animation made by a specialneed student. :) #specialneed #autism #animation #2D #shark The underwater cars, designed by a specialneed student. :) #graphic #design #photoshop #underwater

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email. Thank you.

Join 1,266 other followers

%d bloggers like this: